6 Inspirasi Desain Tangga

6 Inspirasi Desain Tangga – Jika kamu berencana membangun rumah bertingkat, pastinya kamu juga membutuhkan adanya tangga. Saat ini begitu banyak macam bentuk tangga, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan konsep rumahmu. Namun, kamu juga harus mamperhatikan pondasi tangga yang baik untuk rumahmu. Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa inspirasi desain tangga. Simak yuk!

  1. Tangga Kotemporer Yang Minimalis

architecturaldigest.com

Desain tangga yang paling sering dapat ditemukan di rumah atau apartemen mewah. Ciri khas dari desain tangga ini adalah pagar tangganya (blauster) menggunakan material kaca. Sedangkan material yang digunakan pada desain pegangan atau railing tangga dan anak tangganya adalah material kayu oak agar tidak licin. Terkadang, ditambahkan ambience lampu pada bagian anak tangganya.

Tangga rumah mewah ini biasanya ditempatkan menempel pada dinding, seperti pada rumah berkonsep minimalis yang tidak menjadikan tangga sebagai focal point ruangan. Lebar tangga pun tidak dibuat terlalu luas, tetapi juga tidak terlalu sempit, disesuaikan dengan proporsi bangunan rumah. Jika rumahmu tidak terlalu luas, maka kamu bisa memilih bentuk tangga berbelok dengan model L. Kecuali kalau kamu memiliki ruang yang berlebih, kamu bisa memilih bentuk tangga lurus.

  1. Tangga Modern Dengan Elemen Industrial

freshome.com

Jika kamu ingin memberikan sentuhan industrial ke dalam desain rumahmu, maka kamu bisa mencoba menerapkannya pada desain tangga. Konsep tangga ini menggunakan material besi pada bagian pagar tangganya sampai menutupi bagian ibu tangga. Unsur industrial yang kuat dari tangga rumah mewah ini ditampilkan dari jeruji besi yang disusun secara horizontal pada pagar tangga tersebut.

Kombinasi yang dilakukan pada desain tangga rumah mewah ini adalah penggunaan unsur kayu pada anak tangganya. Selain dapat memberikan perpaduan estetik yang apik, unsur kayu pada anak tangganya pun dapat memperkokoh pondasi tangga. Kamu juga dapat menggunakan serat kayu juga sebagai pengganti kayu asli.

  1. Floating Stairs yang Futuristik

Para desainer interior mengatakan bahwa desain tangga rumah mewah berkonsep floating stairs merupakan desain tangga yang dapat membawa desain rumah minimalis ke level yang lebih tinggi. Kesan melayang yang ditampilkan pada desain tangga rumah mewah ini disebabkan oleh peniadaan bagian induk tangga pada struktur desainnya. Sehingga anak tangga berdiri sendiri tanpa ada bagian yang menahannya.

design-milk.com

Tangga rumah seperti ini biasanya di temukan pada rumah dengan konsep hunian high-tech yang lekat dengan tampilan futuristik yang mengadopsi minimalis ekstrim. Adanya penerangan lampu dari bawah lantai yang menyorot ke arah anak-anak tangga yang melayang, semakin menegaskan konsep futuristiknya.

Dalam merancang tangga rumah mewah berkonsep floating stairs dibutuhkan kecermatan yang spesifik. Perhitungan beban harus sangat akurat dan material anak tangga juga harus mampu menahan beban maksimal. Karena jika ada kesalahan dalam menentukan konstruksinya, desain tangga rumah mewah dengan konsep floating stairs dapat mudah ambruk, bahkan bisa meruntuhkan lantai atas yang dihubungkan tangga ini.

  1. Tangga Melingkar Yang Transparan

housely.com

Bosan dengan bentuk tangga lurus atau tangga model L? Tangga rumah mewah dengan konsep spiral bisa memberikan efek estetik yang berbeda pada ruangan rumahmu. Seperti pada tangga rumah mewah yang berbentuk spiral dengan blauster (pagar tangga) dan anak tangganya yang bermaterial kaca. Material stainless steel) digunakan sebagai material railing (pegangan tangga) dan tiang penyanggahnya. Ekspresi transparan dari tangga rumah mewah ini dapat menampilkan pesona modern dan elegan pada rumahmu.

Kalau kamu ingin menerapkan desain tangga rumah mewah seperti ini ke dalam rumah, pastikan material kaca yang kamu gunakan adalah material yang kuat dan memiliki ketebalan yang cukup. Untuk keamanan, hindari tekstur  kaca yang licin dan jangan mendesain lengkungannya terlalu curam.

  1. Tangga Model Klasik Tapi Kekinian

Meskipun masih banyak tangga rumah mewah yang berkonsep klasik dengan bermacam aksen yang terukir pada hollow (tiang pagar tangga) tersebut, desain tangga bergaya klasik  ini sebenarnya sudah terlihat usang dan membosankan. Pada kenyataanya, sekarang ini orang-orang sudah meninggalkan model tangga klasik dan lebih memilih menggunakan model tangga minimalis yang modern.

marblebuzz.com

Tapi kamu pasti nggak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti tangga rumahmu hanya karena ada anggapan bahwa tangga klasik itu kolot, bukan? Kamu masih bisa kok  memodifikasi tangga klasik tersebut agar terlihat lebih modern. Konsep tangga rumah yang bergaya ‘klasik modern’ dapat diterapkan pada desain rumah-rumah mewah yang unsur klasiknya masih dominan, tetapi juga ingin menonjolkan sisi modernnya.

Untuk struktur tangga rumah dengan konsep klasik namun kekinian biasanya masih tetap mempertahankan gaya klasiknya lewat elemen kayu yang hadir pada lantai tangganya. Tetapi, pada desain ini hollow-nya dibuat lebih simpel dan sederhana. Aksen yang muncul biasanya hanya berupa pilar- pilar kayu yang disusun sejajar atau kayu dengan motif ukiran yang lebih sederhana.

  1. Tangga Heliks Bergaya Retro

Konsep yang dimainkan dari tangga rumah model heliks biasanya adalah kombinasi material dan warna. Tidak ada anjuran khusus, kamu bisa saja memadukan material kayu untuk anak tangga dengan pagar tangga berbahan besi. Tabrak warna pun bisa kamu coba.

eestairs.com

Walaupun begitu, konsep tangga berbentuk heliks yang sedang populer adalah tangga rumah mewah yang bergaya retro. Railing-nya tersusun atas material solid berwarna pekat. Dan aksen kuat muncul dari bagian anak tangganya, biasanya menggunakan kayu bermotif atau keramik pola yang berkilap.

Pada desain tangga rumah ini pagar tangga dibalut material kayu berwarna hitam. Gemerlap datang dari material anak tangganya yang berupa tegel marbel berwarna hitam keunguan. Kerlip hiasan yang menggantung dari langit-langit pun membuat tangga rumah mewah ini seperti sedang turun dari atas langit. Menggunakan lantai marbel pastinya mahal, namun kamu bisa memilih opsi keramik dari batuan karbonat sebagai penggantinya.

WhatsApp chat