Apa Itu Lis Plafon?

Apa Itu Lis Plafon? – Pada sebuah kontsruksi bangunan plafon berfungsi untuk menutupi kerangka atap dan kabel yang berserakan di langit-langit rumah. Sehingga dengan adanya plafon, bangunan akan terlihat rapi dan bersih. Serta untuk menambah keindahan, anda bisa menambahkan lis plafon. Pernah dengar lis plafon? Jika belum, kami akan menjelaskan berikut dengan beberapa inspirasi desain.

Pengertian Lis Plafon

Lis plafon ini adalah sebuah penghubung antara permukaan plafon dan dinding yang saling menempel. Tanpa kehadiran lis plafon, area plafon tidak hanya terlihat biasa saja tapi juga akan mudah retak dan runtuh.

Lis plafon sendiri ada yang dibuat dari plafon gypsum, plafon PVC, dan kayu. Lis plafon dari gypsum pada umumnya mudah diukir ke dalam bentuk yang rumit, sangat cocok untuk bangunan bergaya klasik dan Victorian. Lis plafon dari PVC cocok untuk bangunan bergaya modern dan minimalis. Sedangkan lis plafon dari kayu cocok untuk bangunan bergaya tradisional.

Jenis Lis Plafon

Nah, bagi anda yang berencana untuk membangun rumah atau merenovasi suatu ruangan, coba simak dan tiru beberapa jenis lis plafon ini!

  1. Lis plafon dengan model siku-siku untuk interior klasik

Interior bergaya klasik sangat cocok menggunakan lis plafon dari gypsum supaya bisa mendapatkan ukiran yang cantik. Karena ruangan berukuran kecil ini tidak mungkin menggunakan lis plafon memanjang dengan ukiran besar, sebagai gantinya anda bisa menggunakan lis plafon sederhana dengan tambahan siku-siku penopang di beberapa titik. Ukurannya cukup besar sehingga ukiran yang ada dapat terlihat dengan jelas.

  1. Lis plafon minimalis untuk interior minimalis

Untuk ruangan yang menerapkan gaya interior minimalis, maka lis plafon yang digunakan juga harus tampil minimalis. Lis plafon yang kami maksud adalah tidak memiliki banyak lekukan dan juga berwarna monokrom. Biasanya jenis lis plafon yang digunakan adalah yang bentuknya segitiga atau ada pola garis-garis memanjang. Warnanya, sesuaikan dengan plafon dan dinding ya.

  1. Lis plafon kayu untuk interior vintage

Ruangan dengan interior vintage juga identik dengan material kayu dan suasananya hangat. Material kayu ini juga bisa dihadirkan lewat kehadiran lis plafon. Sebaiknya biarkan lis plafon kayu ini tampil dengan warna natural.

Warnanya yang kontras dengan warna dinding dan warna plafon akan membuat tampilan interior dengan desain vintage lebih tegas. Anda pun akan lebih mudah membedakan area dinding dan langit-langit. Tapi jika anda memiliki ruangan yang langit-langitnya rendah, sebaiknya gunakan warna yang sama untuk lis plafon dan plafonnya.

  1. Lis plafon dengan sentuhan mewah

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, lis plafon gypsum sangat cocok untuk bangunan bergaya rumah klasik karena mudah dibentuk dan diukir. Lis plafon yang kadang diabaikan ini faktanya mampu melengkapi tampilan mewah dari bagian dalam bangunan tersebut.

Lihat saja contohnya berikut ini. Meski lis plafon yang penuh ukiran ini ada di bagian atas dan jarang dipedulikan oleh orang yang berlalu-lalang, secara tidak langsung kehadirannya telah menyempurnakan kemewahan ruang itu sendiri. Bayangkan kalau lis plafon yang digunakan hanya memiliki pola garis-garis, pasti tampilannya akan berubah drastis.

  1. Lis plafon kayu sebagian

Untuk beberapa gaya ruangan, terkadang tidak semua sisi perlu dipasangkan lis plafon. Misalnya saja untuk ruangan bergaya natural-modern seperti ini. Anda bisa menggunakan lis plafon dari kayu berukuran besar tanpa ukiran dan pola apapun pada satu sisi saja sehingga ruangan yang modern ini tetap terlihat ada sentuhan natural.

 

WhatsApp chat