Bagaimana Cara Memanfaatkan Ruang Sempit di Bawah Tangga

Memanfaatkan Ruang Sempit di Bawah Tangga

Arsitek Malang – Setiap orang pasti memiliki kriteria tipe rumah idaman. Salah satu bagian rumah yang seringkali terabaikan adalah bagian bawah tangga. Space sempit yang seringkali hanya digunakan untuk gudang ini sejatinya dapat diubah menjadi berbagai ruangan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Untuk itu, berikut tips memanfaatkan ruang sempit pada bagian bawah tangga yang dapat Anda terapkan.

 

a. Ruang Bermain Anak

Tidak semua rumah memiliki ruang bermain untuk anak, padahal ruang bermain sangatlah penting. Memiliki ruang bermain pribadi akan membuat anak lebih nyaman saat melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain, belajar, berekspresi dan bereksplorasi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan otak sang anak. Untuk menyulap ruang sempit pada bagian bawah tangga menjadi tempat yang menyenangkan, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan tema kartun kesukaan anak Anda. Tambahkan juga buku-buku dan permainan edukatif yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

b. Ruang Kerja


Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah mengubah ruang sempit di bawah tangga menjadi ruang kerja yang nyaman. Pada sisi dinding, letakan beberapa rak untuk menyimpan buku dan file pekerjaan Anda. Kemudian pilihlah meja kerja yang memiliki banyak tempat penyimpanan (laci), sehingga Anda dapat menyimpan berbagai peralatan dan perlengkapan kebutuhan kerja Anda. Yang terakhir, pastikan ruang kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup, sebab pencahayaan yang kurang tepat saat bekerja dapat mengakibatkan kerusakan pada mata Anda.

c. Toilet


Kepribadian sang pemilik rumah seringkali diidentikkan dengan kondisi toilet pada rumah tersebut. Jika toilet bersih, maka dipastikan sang pemilik rumah merupakan orang yang senantiasa menjaga kebersihan. Namun, jika toilet terlihat kotor dan jorok, maka dapat dipastikan pula bahwa sang pemilik rumah merupakan orang yang tidak merawat kebersihan (kotor dan jorok). Ketersediaan ruang kecil di bawah tangga dapat Anda manfaatkan menjadi sebuah toilet kering yang nantinya dapat digunakan oleh tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Karena dibangun di atas lahan yang sempit dan terbatas, pastikan Anda memilih desain yang sesuai untuk kamar mandi tersebut, contohnya desain minimalis.

d. Laundry Room


Kegiatan mencuci pakaian merupakan salah satu kegiatan wajib yang mau tidak mau harus dikerjakan setiap harinya. Untuk itu, keberadaan laundry room pada suatu rumah sangatlah bersifat esensial. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan untuk membuat laundry room, Anda dapat menggunakan space kosong di bawah tangga sebagai laundry room. Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun laundry room pada ruang kosong di bawah tangga adalah memastikan posisi saluran pembuangan sudah tertata dengan baik, sehingga tidak akan menimbulkan genangan air di dalam rumah Anda.

e. Perpustakaan Mini

Manfaatkan ruang bawah tangga sebagai perpustakaan mini atau tempat penyimpanan buku. Dengan ini buku Anda dapat tertata lebih rapi, memudahkan Anda untuk membaca buku serta berdampak pada dekorasi ruangan yang semakin elegan.

f. Tempat Duduk

Cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk ruang bawah tangga adalah dengan menempatkan bangku mungil empuk sebagai tempat duduk tambahan. Bangku mungil ini juga bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Namun jika Anda mencari suasana baru, Anda bisa menempatkan ruang lesehan di bawah tangga. Ruang lesehan ini berkumpul bersama keluarga atau teman akan terkesan lebih santai dan tidak kaku. Tambahkan juga kolam kecil untuk menciptakan suasana yang lebih menenangkan.

g. Lemari Pakaian

Jika Anda kekurangan ruang untuk penyimpanan pakaian, Anda dapat memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai lemari tersembunyi. Untuk membuat area tersebut lebih privasi, letakan lemari tersebut cukup tersembunyi dan menempel dengan dinding bawah tangga. Selain itu lemari bawah tangga akan lebih praktis karena memudahkan Anda unutk mengambil pakaian kapan saja.

Baca juga : Tips Menjaga Kebersihan dan Kesegaran Udara Di Rumah

Nah diatas adalah ulasan mengenai Memanfaatkan Ruang Sempit di Bawah Tangga. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *