BAGAIMANA PENCAHAYAAN YANG IDEAL UNTUK RUMAH

Arsitek Indo Kontraktor–  Sedang berencana membangun rumah?, Jangan lupa perhatikan pencahayaanya ya, Pencahayaan rumah sebaiknya dibuat ideal, Bagaimana pencahayaan yang ideal untuk rumah?. Untuk mengetahuinya yuk simak pembahsan berikut ini.

Pencahayaan Ruang Keluarga

Ruang Keluarga adalah area yang mendukung berbagai kegiatan seperti percakapan, membaca, atau bahkan menonton televisi.

Berdasar riset LRC, sebaiknya gunakan lampu yang dapat dipindah dan tempatkan pada area yang dibutuhkan seperti saat membaca.

Ganti lampu secara terpisah pada ruang tamu dengan pancaran cahaya dari televisi, atau menggunakan dimmer untuk mengurangi cahaya ambient jika tidak ada tugas aktivitas simultan, seperti membaca.

pencahayaan ruangan

  1. Pencahayaan Dapur

 pada ruangan ini pencahayaan harus benar-benar maksimal. Dapur membutuhkan pencahayaan yang cukup terang untuk mendukung tugas-tugas memasak dan lainnya.

Pencahayaan pada atap atau ceiling adalah pilihan terbaik.

pencahayaan ruangan

 

Pencahayaan Ruang Makan

Pada ruang makan, jika memungkinkan dapat diposisikan berada dekat dengan jendela agar memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pencahayaan alami.

Yang paling penting adalah, ruang makan harus memiliki pencahayaan langsung yang terarah pada meja di mana semua makanan dan apa yang ada di atas meja dapat terlihat dengan baik.

pencahayaan ruangan

Pencahayaan Kamar Mandi

pada area kamar mandi sangat penting ditempatkan dan dimaksimalkan di sekitar cermin. Pencahayaan ini memiliki fungsi untuk tugas-tugas seperti mencukur dan atau makeup.

pencahayaan ruangan

Pencahayaan Kamar Tidur

Pemilihan model pencahayaan pada ruangan ini harus benar-benar diperhatikan. Penggunaan beberapa model pencahayaan dari lampu atap atau lampu meja adalah pilihan terbaik.

Aktivitas membaca yang biasa dilakukan di kamar tidur juga harus sepenuhnya mendapatkan dukungan dengan keberadaan lampu meja pada side table di samping tempat tidur.

Perlu diingat, suasana temaram atau bahkan gelap sepenuhnya adalah pilihan terbaik guna mendapatkan suasana rilek untuk relaksasi maksimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

pencahayaan ruangan

Pencahayaan Eksterior atau Luar Ruangan

pada luar ruangan pencahayaan digunakan untuk keselamatan, keamanan, dan juga dekorasi. Selain itu pencahayaan eksterior juga dapat digunakan sebagai relaksasi, rekreasi, atau bahkan bekerja pada malam hari.

Pencahayaan pada samping dan belakang rumah juga dapat memberikan rasa aman. Mencegah pencuri atau penyusup ke dalam rumah.

Nah, Itulah bagaimana pencahayaan yan ideal untuk rumah, Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat