Cara Alami Menghilangkan Lumut Pada Kolam Ikan

Cara Alami Menghilangkan Lumut Pada Kolam Ikan

 

 

 

Arsitek Malang – Pada bahasan sebelumnya kita telah membahas tentang Membuat Kolam Ikan Sederhana Pada Rumah. Dan pasti bagi Anda ada beberapa yang bingung bagaimana cara merawat atau menghilangkan lumut pada kolam ikan. Mari kita simak ulasan yang kami berikan.

 

 

 

1. Kurangi Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat memicu pertumbuhan spora menjadi lumut. Usahakan membuat kolam ikan di tempat-tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung.

2. Pasang Filter Kolam

Peran filter kolam ikan akan membuat kondisi air lebih bersih dan dinamik berkualitas. Filter kolam memang didesain untuk kepentingan sirkulasi air kolam ikan agar tetap stabil. Bentuk dari alat ini bermacam-macam mulai dari ukuran besar hingga kecil, dari yang menggunakan daya listrik atau tidak.

3. Kurangi Populasi Ikan

Populasi ikan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan volume kolam akan mempercepat air menjadi keruh. Hal ini disebabkan oleh kotoran ikan yang dihasilkan sehingga cepat mendatangkan lumut untuk tumbuh dan berkembang biak.

4. Memelihara Ikan Pemakan Lumut

Cara alami menghilangkan lumut selanjutnya adalah memelihara spesies ikan yang gemar mengonsumsi lumut dan ganggang hijau. Diantaranya adalah ikan mas, nila, koi, sapu-sapu, dan jenis ikan pemakan lumut lainnya. Jangan terlalu banyak menghadirkan jenis ikan tersebut agar ikan utama tidak merasa terintimidasi.

5. Rajin Membuang Lumpur

Sisa pakan dan kotoran ikan yang jarang dibersihkan akan mengendap di dasar kolam dan berubah menjadi lumpur. Agar lumut tidak jadi datang, kamu harus segera membersihkan kolam secara berkala dengan menggosok-gosok permukaan dasar kolam hingga bersih.

6. Gunakan Kapur Dolomit

Kapur dolomit atau kapur pertanian memiliki fungsi untuk meningkatkan derajat keasaman air. Lumut akan sulit berkembang biak di dalam air yang bersih dan basa.

7. Menanam Tumbuhan Air

Contoh tumbuhan air yang dapat menghilangkan lumut adalah eceng gondok, teratai, dan sebagainya. Tumbuhan ini bisa menjadi pesaing lumut untuk mengambil nutrisi di dalam air.

8. Menambahkan Bakteri Pengurai

Selanjutnya, cara menghilangkan lumut pada kolam ikan adalah menambahkan beberapa bakteri pengurai seperti, bakteri nitrobachter. Bakteri ini sangat bermanfaat bagi habitat kolam ikan untuk membantu menguraikan lumut. Cara pemakaiannya, cukup tuangkan bakteri tersebut ke dalam kolan sesuai takaran yang sudah ditentukan. Bakteri ini juga bisa bikin air kolam ikan tetap jernih, lho.

Nah diatas adalah ulasan mengenai cara alami menghilangkan lumut pada kolam ikan. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *