Cara Membasmi Tungau Di Kasur Dengan Mudah

Cara Membasmi Tungau Di Kasur Dengan Mudah – Tungau merupakan hewan kecil yang bentuknya menyerupai kutu, biasanya bersarang di kasur atau sofa. Jika tidak dibasmi tungau ini akan membuat kulit gatal-gatal. Tidak mau bukan? Maka dari itu jika ada tungau di rumah anda harus dibasmi! Tapi bagaimana caranya? Simak penjelasan kami dibawah ini.

Cuci Perlengkapan Rumah dengan Air Panas

Cara menghilangkan tungau yang paling pertama adalah dengan mencuci semua perlengkapan rumah yang mungkin menjadi sarang tungau dengan air panas. Mulai dari bantal, guling, sprei, selimut, karpet, hingga slipc over sofa bisa kamu cuci bersih di dalam air panas agar tungau mati. Kamu juga bisa menambahkan deterjen anti bakteri.

Agar tungau tidak kembali bersarang lagi, pastikan kamu mencuci perlengkapan tersebut secara rutin. Jika mungkin, lakukan pencucian dalam jangka waktu sebulan sekali. Jangan lupa untuk menjemur sampai benar-benar kering agar tidak lembap dan apek. Perlu anda tahu, tungau suka hidup di tempat yang lembab.

Jemur Perlengkapan Rumah di Bawah Sinar Matahari Langsung

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tungau menyukai tempat yang lembab. Untuk membasminya, anda bisa melakukan hal sederhana seperti menjemur barang di bawah sinar matahari. Jemur kasur, bantal, guling, selimut, dan karpet di bawah sinar matahari langsung. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak akan dijadikan tempat tungau bersarang.

Basmi Tungau dengan Kulit Durian

Aroma durian yang sangat pekat terkadang dapat membuat manusia merasa pusing. Siapa sangka aroma dari buah ini tidak disukai tungau? Konon katanya, aroma durian bisa membuat tungau tidak nyaman bahkan sekarat!

Sehabis makan durian, jangan buang kulitnya ya! Caranya, cukup dengan meletakkan kulit durian di kamar atau ruangan lain yang berpotensi bisa menjadi sarang tungau. Tempatkan di dekat titik yang paling mungkin menjadi sarang bagi tungau, misalnya saja di sudut tempat tidur atau bawah tempat tidur.

Gunakan Jus Bawang

Percaya atau tidak, bawang merah dan bawang putih bisa menjadi cara menghilangkan tungau di kasur secara alami, lho! Caranya pun cukup, menghaluskan kedua jenis bawang tersebut menggunakan blender. Setelah itu, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian, oleskan jus bawang ini di tempat yang kamu curigai sebagai sarang tungau, seperti sudut tempat tidur, celah yang ada di tempat tidur kamu, permukaan karpet, atau celah-celah sofa. Dalam beberapa jam tungau akan keluar dan berjatuhan satu persatu.

Menyemprot Larutan Garam

Anda hanya cukup melarutkan garam di dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ini ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Hanya dalam beberapa jam, tungau akan keluar dan mati seperti ketika kamu menggunakan jus bawang untuk membasmi tungau.

Menggunakan Cuka

Cuka merupakan bumbu dapur lainnya yang bisa anda gunakan untuk membasmi tungau secara alami. Bahkan cara menggunakan cuka untuk membasmi tungau lebih mudah ketimbang bahan lain. Cukup semprotkan cuka ke tempat tungau bersarang. Maka tungau dan telurnya pun akan cepat mati. Oiya, anda tidak perlu mencampur cuka dengan air ya untuk membasmi tungau, hanyaa tinggal memindahkannya langsung ke botol semprot.

Bunga Lavender Kering dan Minyak Lavender

Baik minyak pohon teh atau minyak lavender memiliki bau yang menyengat dan sangat tidak disukai oleh tungau. Namun, aroma dari kedua minyak ini cukup bersahabat dengan indra penciuman manusia, makanya banyak sekali aromaterapi dengan aroma lavender. Semprotkan salah satu jenis minyak ini ke tempat-tempat yang menjadi sarang tungau. Selain itu, bunga lavender yang dikeringkan sebagai sarana untuk mencegah tungau datang kembali. Caranya adalah bungkus bunga lavender kering di dalam kain, lalu letakkan kain tersebut di tempat tidur.

Memakai Bunga Pandan

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membasmi tungau adalah bunga pandan atau biasa disebut juga pudak. Bagian tanaman yang satu ini tergolong ampuh dalam mengatasi tungau. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menaruh bunga pandan di sekitar tempat yang sekiranya menjadi tempat tungau bersembunyi.

Bau menyengat dari bunga pandan akan membuat tungau tidak nyaman dan hilang dalam waktu singkat. Selain untuk mengatasi gangguan tungau, bunga pandan bisa juga dipakai untuk mengatasi serangga seperti kutu busuk dan kecoa.

WhatsApp chat