Cara Membeli Sofa KulitCARA MEMBELI SOFA KULIT

Sofa Kulit – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas apa saja ciri dari sofa kulit (Baca juga : Ciri Ciri Sofa Kulit Asli). Sofa dengan bahan kulit asli lebih mudah dibersihkan saat terkena noda makanan, minuman, maupun kotoran lainnya. lebih tahan lama (awet) dan memiliki kesan elegan dan mewah. Berminat ingin membeli sofa kulit? Yuk intip tips dan trik memilih sofa kulit berikut ini.

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Sofa Kulit Untuk Rumah Minimalis

Memilih sofa kulit untuk ruangan yang sempit bikin bingung ? coba perhatikan beberapa hal yang kami berikan dibawah ini agar tidak salah beli sofa kulit untuk rumah mungil anda.

  • Pilih Ukuran Yang Sesuai Dengan Ruangan

Tips paling penting untuk membeli sofa kulit pada rumah minimalis adalah menyesuaikan luasan ruangan dengan model dan ukuran sofa yang akan di beli. Anda dapat membeli sofa yang berukuran midle atau menengah untuk ruangan minimalis. Selain itu yang harus diperhatikan adalah model sofa/ sebaiknya anda menggunakan model yang sderhana atu minimalis serta mengunakan motif yang tidak mencolok. Motif yang besar besar dan mencolok justru akan membuat ruangan terkesan penuh.

Tips penting lainya yang tidak bisa dilewatkan, ukurlah ruangan rumah anda terlebih dahulu sebelum membeli sofa. Sehingga ketika anda memutuskan untuk membeli sofa sudah mengetahui ukuran sofa berapa yang paling pas dan cocok untuk ruangan anda. Untuk memberikan kesan luas, anda dapat menggunakan warna sofa kulit yang kontras dengan cat ruangan.

  • Pilih Dudukan Sofa Yang Nyaman

Memeriksa dudukan sofa sangat penting dilakukan sebelum membeli sofa kulit. Memilih sofa kulit sebaiknya dengan memperhatikan dudukan sofa. Jika anda mendatangi showroom sofa kulit, jangan lupa di duduki dan rasakan. Kenyaman dudukan sofa sangat penting diperhatikan. Mengingat fungsi sofa sendiri untuk duduk dan beristirahat. Jika pegasnya terasa tidak nyaman atau bahkan berbunyi ketika di duduki sebaiknya jangan dipilih. Dudukilah sofa yang anda pilih untuk beberapa saat kemudian rasakan, dan simpulkan. Nyaman atau tidak sofa tersebut.

  • Pilih Sofa Yang Memiliki Rangka Kuat

Sofa kulit yangbagus memiliki rangka yang kokoh dan kuat. Sehingga mampu menopang berat dan beban yang ada pada atas sofa.  Pilihlah soa dengan rangka yang menyatu serta di [aplikasikan dengan cara di bor atau di paku. Jangan memilih sofa yang hanya di lem saja ketika merangkainya. Lem dan staples hanya untuk bagian dekorasi bukan untuk menguatkan rangka sofa. Memilih rangka sofa dengan benar akan memperpanjang usia pakai sofa adna di rumah.

  • Cek Dulu Kedalaman Dan Ketinggian Sofa

Kedalam sofa dan ketinggian sofa akan berpengaruh pada kenyamaan selama duduk. Oleh karena itu pastikan bahwa ketika anda mencoba menduduki sofa, kaki anda tidak menggantung di sofa tersebut. Kaki tetap menapak kelantai. Selain itu pastikan bahwa sofa tidak ambles atau tidak masuk kedalam ketika anda duduk. Pastikan bahwa sofa mampu menahan dan menampung badan anda dan membuat nyaman saat di duduki.

  • Pilih Isian Sofa Dan Kulit Upholstery Yang Terbaik

Bagian ini juga sangat penting untuk di simak. Memilih isi bagian dalam sofa dan jenis kulit yang digunakan akan menentukan kualitas sofa. Pilihlah jenis sofa yang menggunakan busa yang tidak mudah kempes. Lebih baik membeli sofa agak lebih mahal dengan kualitas busa sofa yang bagus dibandingkan menggunakan busa yang tidak begitu bagus kualitasnya.

Selain itu periksa pula jenis bahan kulit yang digunakan. Apakah menggunakan bahan kulit binatang asli atau menggunakan bahan kulit sintetis. Mengetahui detail jenis bahan kulit pelapis sofa akan bermanfaat dalam merawat dan menjaga kondisi sofa. Sofa kulit asli harus diperlakukan berbeda dengan sofa kulit imitasi atau sintetis. Bahan kulit sintetis juga banyak sekali jenisnya. Biasanya yang terkenal awet dan tahan lama adalah jenis bahan kulit sintetis polyuretane atau PU leather. Di pasaran sofa kulit imitasi yang paling terkenal adalah sofa bahan oscar.

Sudah Beli Sofa Kulit? Jangan Lupa Merawatnya

Setelah beli sofa jangan sampai membiarkan sofa begitu saja. Sofa kulit juga harus dirawat. Tujuanya tidak lain untuk agar sofa kulit tetap awet bahkan dalam jangka waktu yang lama. Merawat sofa kulit juga bukan hal yang sulit. Berikut ini kami berikan tips mudah merawat sofa kulit.

Sudah tahu jenis sofa kulit yang anda beli ? sofa kulit asli atau sofa kulit sintetis? Kedua jenis bahan ini memiliki karakteristik yang berbeda jadi cara merawatnya juga harus berbeda.

  1. Cara Merawat Sofa Kulit Asli

Agar sofa kulit asli tetap awet lakukan perawatan dan cara membersihkan sofa kulit asli dengan baik. Berikut ini hal yang harus anda lakukan untuk merawat dan membersihkan sofa kulit asli:

    • Jauhkan sofa dari paparan sinar matahari secara langsung. Matahari membuat bahan kulit asli jadi lebih mudah kaku dan keras
    • Bersihkan sofa kulit dari debu secara teratur. Gunakan kemoceng atau penyedot debu yang berbelalai lembut guna menyerap debu dan kotoran.
    • Jika sofa terkena noda sebaiknya dibersihkan dengan menggunakan bahan alami
  • Jangan menggunakan bahan kimia berbahaya atau detergen yang keras. Jika tidak memiliki detergen khusus pembersih sofa gunakan sabun bayi cair untuk membersihkan noda
  • Lakukan perawatan dengan kondisioner khusus untuk sofa kulit secara teratur minimal seminggu sekali atau setiap setelah kering sehabis membersihkan sofa kulit dengan sabun atau sampo bayi
  1. Cara Merawat Sofa Kulit Sintetis / Imitasi

pada dasarnya merawat sofa kulit sintetis atau imitasi hampir sama dengan sofa kulit asli. Seperti menghindari paparan sinar matahari serta rutin membersihkan sofa dari debu. Agar sofa tidak mudah retak anda perlu merawat sofa kulit dengan menggunakan lotion pelembab secara rutin. Pilihlah lotion pelembba berbahan cream agar lebih mudah meresap kedalam substrat sofa kulit. Selain itu aplikasinya juga lebih mudah cukup dengan dilap dan digosok menggunakan kain bersih.

Jika sofa kulit sintetis terkena noda, cara membersihkanya hampir sama dengan sofa kulit asli. Sebaiknya anda memang menghindari mencuci sofa dengan deterjen keras atau bahan kimia lainya. kecuali untuk beberapa kasus seperti sofa berjamur atau terkena noda membandel wajib dibersihkan dengan cara yang berbeda. Jika sofa terkena jamur sebaiknya segera bersihkan dengan menggunakan larutan cuka dapur hingga bersih. Jangan lupa setelah itu baru menggunakan pelembab atau lotion. Tujuanya agar sofa tidak mudah kaku dan kering.

WhatsApp chat