Cara Membersihkan Cat yang Berceceran di Lantai

Arsitek Indo Kontraktor – Cat adalah suatu cairan yang dipakai untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah, memperkuat, atau melindungi bahan tersebut. Setelah dikenakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat pada permukaan tersebut.

Biasanya kita melapisi cat pada tembok agar nampak lebih indah dan berwarna sehingga membuat kita senang memandangnya, namun tak jarang kita malah mengotori lantai saat mengecat tembok karena cat yang berbahan cair dan gampang berceceran.

Beberapa cara untuk membersihkan cat di lantai :

Menggunakan Paint Remover

Apakah Anda pernah mendengar tentang paint removerPaint remover atau perontok cat adalah cairan kimia khusus untuk membersihkan cat dari permukaan material. Jenisnya beragam tergantung tingkat agresivitasnya. Untuk membersihkan noda cat dari lantai, sebaiknya pilih perontok cat dengan tingkat agresivitas yang rendah agar tidak merusak glasur keramik.

Sebelum memulai pekerjaan, pastikan ventilasi dan jendela terbuka untuk memperlancar sirkulasi udara. Hal ini dilakukan agar uap dari perontok cat segera keluar dari ruangan. Berikutnya pakai sarung tangan karet untuk menghindari kulit Anda dari tumpahan cairan perontok cat. Setelah itu, kuaskan perontok cat pada lantai. Kemudian diamkan selama 2-3 menit. Angkat cat dengan kape secara perlahan. Kemudian dengan lap basah, bersihkan lantai dari sisa-sisa cat dan perontok cat.

Menggunakan thinner

Sebelum mulai menggunakan thinner, ingat untuk memastikan bahwa ruangan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Hal ini untuk mencegah uap dari thinner mengendap di dalam ruangan. Setelah itu, gunakan lap atau kain untuk mengaplikasikan thinner pada lantai yang terkena noda cat. Kemudian bersihkan area tersebut secara perlahan agar noda cat tidak melebar. Bersihkan lantai dengan air bersih atau gunakan cairan pewangi untuk menghilangkan thinner dan baunya dari ruangan. Gunakan kipas untuk membantu memperlancar pertukaran udara di dalam ruangan.

Menggunakan Kape

Kape adalah alat yang berbentuk seperti spatula dan banyak dijual di toko-toko cat. Caranya mudah. Pegang gagang kape membentuk sudut 45 derajat dan gosok pada area yang terkena noda cat. Jangan menekan terlalu keras agar tidak menggores lapisan glasur keramik. Kemudian bersihkan sisa-sisa debu dengan pel biasa.

Menggunakan amplas

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan amplas. Pertama, beri air terlebih dahulu pada noda cat yang menempel pada lantai. Gunanya adalah agar noda cat sedikit melunak. Kemudian gosok perlahan dengan menggunakan amplas. Sebaiknya Anda menggunakan amplas dengan grade halus agar tidak merusak lantai.

Menggunakan Sikat Gigi

Alat-alat yang Anda perlukan untuk metode ini tersedia di dalam rumah Anda. Pertama gunakan lap yang dibasahi sedikit untuk menggosok lantai keramik. Kemudian gunakan lap kering untuk menggosok lantai keramik hingga tersisa sedikit noda cat. Setelah itu, gunakan sikat gigi untuk membersihkan cat secara menyeluruh. Bersihkan debu-debu dengan lap yang kering.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan cat yang berceceran di lantai. Semoga bermanfaat :))

WhatsApp chat