Cara Membuat Taman Sederhana

Cara Membuat Taman Sederhana

Arsitek Malang – Keberadaan taman mampu membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Agar keinginan memiliki taman terwujud, tak ada salahnya kita belajar cara membuat taman sederhana. Membuat taman sederhana ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Selain itu, taman minimalis juga cocok dengan model rumah modern saat ini. Selain mempercantik rumah minimalis kita, taman juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak atau sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Anda juga bisa memanfaatkan lahan sisa rumah minimalis Anda, kemudian mencari konsep taman yang pas dengan desain rumah Anda.

  • Bahan & Alat Untuk Membuat Taman

Setelah kita menyiapkan lahan dan konsep taman yang akan kita buat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan selama membuat taman. Tujuannya supaya pekerjaan kita lebih mudah dan cepat selesai.

Adapun bahan dan alat yang sekiranya kita butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Tumbuhan (rumput, pohon, bunga, dll sesuai keinginan).
    2. Batu-batuan (batu alam, batu kerikil, atau batu buatan).
    3. Tanah, pupuk, dan air.
    4. Pot
    5. Peralatan menanam (cangkul, sabit, sekop, cetok, dan lain-lain)
    6. Bahan-bahan lainnya sesuai konsep (contoh: gazebo, air mancur, kolam ikan sederhana).
  • Proses Pembuatan Taman Sederhana

Setelah semua alat dan bahan keperluan disiapkan, kita mulai pengerjaan pembuatan taman sederhana kita. Panduannya adalah gambar atau konsep yang telah kita buat sebelumnya. Fungsi menggambarkan konsep adalah supaya pekerjaan kita lebih terarah. Dan hasilnya bisa lebih sempurna sesuai yang kita bayangkan.

Membuat pembatas taman (menyesuaikan kebutuhan). Pembatas bisa berfungsi sebagai pengelompokan tanaman-tanaman. Bisa berupa tembok kecil, pagar bambu, ataupun pijakan. Membuat pembatas dengan warna-warna netral akan lebih baik, sehingga mampu memberikan kesan terang.

Meratakan tanah. Ratakan tanah di lahan yang akan dijadikan taman. Sesuaikan dengan konsep yang telah dibuat. Setelah itu berikan pupuk secukupnya agar tanah menjadi lebih subur untuk pertumbuhan rumput dan tanaman. Kita juga bisa menggunakan sarung tangan khusus jika tidak ingin bersentuhan langsung dengan tanah atau pupuk.
Mengatur / menata penanaman rumput. Rumput merupakan bagian penting dari taman rumah. Warna rumput yang hijau menutupi tanah akan membuat taman jauh lebih indah dan segar. Susunlah rumput secara lurus seperti sebuah karpet. Tidak perlu terlalu banyak, secukupnya saja agar terlihat lebih rapi.

Beberapa orang lebih memilih menggantikan rumput alami dengan rumput sintetis karena perawatannya lebih mudah. Jika Anda tergolong orang yang tidak terlalu suka merawat rumput, Anda bisa memilih alternatif tersebut.

Menanam berbagai jenis tanaman. Sebelumnya tentu Anda telah menyiapkan tanaman apa saja yang hendak ditanam. Mulai tanam satu per satu tanaman tersebut di tempat yang sesuai dengan gambar konsep Anda. Anda juga bisa meletakkan beberapa tanaman di dalam pot, kemudian meletakkannya di tempat yang cocok supaya taman terlihat lebih cantik. Jangan lupa menyirami secukupnya supaya tanaman tidak mati.

  • Mempercantik Taman

Setelah selesai dengan kegiatan menanam, langkah selanjutnya adalah mempercantik taman sederhana. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan efek suara alami dari air. Suara gemericik air bisa sekaligus memberikan relaksasi atau ketenangan bagi pemilik rumah.

Anda bisa membuat kolam air minimalis dari pot besar dari semen, kemudian membuat sumber gemericik air sendiri. Dalam kolam tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk memelihara ikan hias kecil-kecil.

Untuk lebih mempercantik taman Anda, buatlah pencahayaan khusus di area taman. Pencahayaan juga berfungsi menerangi beberapa tanaman yang tidak bisa hidup di tempat gelap. Gunakan lampu taman yang tidak begitu terang tapi cukup untuk penerangan. Pastikan pula pencahayaan alami dari sinar matahari di siang hari bisa menjangkau taman.

  • Perawatan Taman

Ada banyak kesalahan merawat taman yang jarang kita menyadarinya. Untuk itu, Anda perlu memahami cara merawat taman yang benar. Agar taman sederhana di rumah Anda selalu terjaga keindahan dan kebersihannya, lakukan perawatan secara rutin. Setidaknya seminggu sekali atau seperlunya. Potonglah rumput yang mulai memanjang. Bersihkan daun-daun kering dan sirami tanaman setiap hari agar tanaman Anda tidak layu.

Sebaiknya jangan membiarkan rumput memanjang lebih lama. Pemotongan rutin akan membuat pekerjaan lebih ringan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Potong juga tanaman-tanaman lainnya yang sudah terlalu tinggi atau panjang, tujuannya supaya taman selalu tampak rapi dan menyenangkan dipandang.

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *