Cara Menata Perabotan di Rumah yang Sempit

Arsitek Indo Kontraktor – Punya rumah yang kecil dan sempit, tetapi punya banyak perabot. Kalian bingung bagaimana sih agar rumah yang kecil dan sempit itu bisa terkesan lebar dan besar. Nah, berikut ini ada beberapa cara menata perabotan di rumah yang sempit untuk kalian yang mempunyai rumah yang sempit tetapi ingin menjadikannya terkesan lebih lebar dan besar.

Gunakan Warna Cerah sebagai Cat Dinding

cara menata ruang sempitSumber gambar: Wikimedia

Memang cat dinding berwarna gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman, tetapi hal ini juga dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya, sehingga membuat ruang terasa lebih kecil. Pilihlah ubin berwarna lebih terang serta warna dinding yang terang juga untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Baca juga tips madukan warna cat.

Hindari Menaruh Barang dan Furnitur di Pinggir

tips menata rumah kecilSumber gambar: Pxhere

Menaruh perabot yang menempel di dinding membuat ruangan terlihat dan terasa sempit. Berikan ruangan antara perabot dan dinding, atau menaruhnya di tengah ruangan dapat membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dari sebenarnya.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsiSumber gambar: Flickr

Menggunakan perabotan yang memiliki banyak fungsi adalah cara sederhana untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih besar.

Gunakan Cermin

tips menata rumah kecilSumber gambar: Architecture Design

Cermin adalah cara termudah untuk membuat ruangan tampak lebih besar.

Gunakan Perabotan yang Bisa Dilipat

tips menata rumah kecilSumber gambar: Fk Digital Records

Perabotan yang bisa dilipat bukan berarti tidak bagus dipandang. Kalian bisa pilih meja atau kursi lipat di ruang makan dan jika sudah tidak dibutuhkan bisa dilipat dan simpan. Kalian juga dapat memindahkan perabotan tersebut ke ruangan apapun di rumah kalian.

Warna Monokromatik

tips menata rumah kecilSumber gambar: Pxhere

Cat dinding, perabootan, ubin, aksesoris dalam satu warna, seperti putih dan krem ​​dapat membuat ruangan terlihat lebih besar. Kamu juga dapat memberikan aksen warna sebagai pop of color agar ruangan terlihat lebih “hidup”. Baca juga Warna Monokrom pada Interior Hunian

Perabotan dan Aksesoris Besar

tips menata rumah kecilSumber gambar: Pixabay

Dengan memiliki ruangan kecil kamu pasti berasumsi untuk menghias ruangannya dengan perabotan dan furnitur kecil, bukan? Tapi satu perabot atau furnitur besar dapat menonjol seperti sofa besar atau lukisan besar dapat membuat ruangan terlihat terbuka. Satu sofa besar dan bukan beberapa sofa atau meja kecil malah dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Cat Langit-Langit Ruangan

tips menata rumah kecilSumber gambar: Home Trend Design

Sementara cat dinding putih yang terang dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih terbuka, langit-langit berwarna gelap dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi karena dapat membuat kita memandang ke langit-langit ruangan.

Gunakan Perabot dan Aksesoris yang Bergaris

tips menata rumah kecilSumber gambar: Decoist

Sama seperti garis-garis vertikal pada pakaian dapat membuat mu terlihat lebih tinggi, karpet bergaris juga akan membuat ruangan tampak lebih panjang dan luas.

Jangan Gunakan Tirai

tips menata rumah kecilSumber gambar: Pixabay

Lebih banyak cahaya dari luar dapat memberikan ruangan terlihat lebih luas dan dalam. Jika kamu khawatir dengan privasi, blinds dapat digunakan untuk mengganti tirai.

WhatsApp chat