Cara Mengatasi Rumah Silau

jasa arsitek malang

jasa arsitek malangCARA MENGATASI RUMAH SILAU

Jasa Arsitek Malang – Jenis jendela apa yang kalian pakai dirumah Anda? Jika dirumah Anda menggunakan jendela yang bening, biasanya resiko terbesarnya adalah ruangan rumah Anda akan menjadi silau. Lantas bagaimana cara Anda mengatasinya? Kami Jasa Arsitek yang berada di malang akan memberikan beberapa tips mengatasi rumah yang silau.

Cara Mudah Atasi Ruangan Silau

1. Membentuk kantilever

Kantilever adalah lebihan lantai di lantai dua yang ukurannya lebih panjang dari lantai pertama. Dengan adanya kantilever, ruangan di lantai pertama akan lebih ternaungi. Sehingga efek silau dari matahari akan sedikit berkurang. Kantilever sebaiknya diletakkan di arah datangnya sinar matahari.

2. Membuat secondary skin

Secondary skin atau dinding pelindung ganda merupakan sebuah dinding tidak masif yang berfungsi melindungi dinding bagian dalam. Biasanya dinding bagian dalam ini adalah dinding kaca atau dinding yang dipenuhi dengan jendela kaca.

3. Menggunakan kaca film

Kaca fil akan memiliki kemampuan reduksi sinar matahari yang lebih baik daripada kaca biasa. Pemakaian kaca film di area-area yang rawan terkena sinar matahari akan bisa mengurangi efek silau dari matahari yang ditimbulkan.

4. Menumbuhkan pohon di sisi yang terpapar sinar matahari

Pohon adalah reduksi panas yang paling alami. Selain akan membantu mendinginkan ruang karena oksigen yang dikeluarkannya, bayangan yang terbentuk dari pohon juga akan mampu membantu mengurangi efek silau dari matahari. Tanam pohon di area-area panas yang sering terkena sinar matahari.

5. Memilih jenis jendela yang berbuku-buku

Jendela yang berbuku-buku memungkinkan terbentuknya bayangan yang lebih banyak di area jendela tersebut. Jika dibandingkan dengan jendela polos, jendela yang berbuku-buku akan bisa menghambat efek silau yang masuk ke dalam rumah lewat bayangan-bayangan yang diciptakannya.

6. Memasang gorden

Gorden atau tirai cukup penting peranannya untuk rumah-rumah yang sering terkena imbas silau dari matahari. Walaupun gorden atau tidai ini bukan solusi arsitektural, karena jika terkena sinar matahari secara terus menerus, kain gorden akan lebih cepat panas. Namun keberadaannya cukup bisa diandalkan untuk mengurangi silaunya matahari.

7. Memberi dinding tambahan pada teras

Dinding tambahan bisa dipasang pada teras. Dinding ini berfungsi sebagai penghalau sinar matahari. Selain itu, bisa juga digunakan untuk hiasan estetika dari rumah itu sendiri. Dinding ini bisa dibentuk masif atau bisa juga tidak masif.

8. Membuat ruangan menjorok ke dalam

Ruangan yang menjorok ke dalam sudah tentu akan menjadi ruang yang sangat teduh karena sinar matahari tidak langsung memasukinya. Maka, salahs atu cara arsitektural untuk mengurangi silau adalah dengan menjorokkan ruangan yang diinginkan lebih masuk ke dalam.

9. Memperlebar sosoran jendela dan pintu

Sosoran jendela dan pintu atau yang biasa dikenal masyarakat dengan nama teritisan adalah salahs atu unsur penting untuk melindungi jendela dan pintu dari hujan. Selain itu teritisan ini juga bisa membantu menghalau sinar matahari agar tidak masuk ke dalam rumah secara berlebihan. Maka rumah akan lebih teduh.

10. Memakai jendela kisi-kisi

Jendela kisi-kisi atau jendela jalusi merukanan sebuah jendela tanpa kaca yang sudah tentu akan mampu menghindari sinar matahari. Tidak hanya itu, jendela jenis ini juga akan mampu membuat penghuni rumah tetap mendapat kesejukan walaupun jendela ini sedang ditutup.

11. Memakai spektrum warna teduh

Spektrum warna teduh seperti cokelat atau abu-abu tentu akan memberikan efek yang teduh dan tidak silau di dalam rumah. Selain itu spektrum warna teduh juga akan membuat penghuni merasa lebih dingin.

12. Menggunakan material lantai yang tidak memantulkan cahaya

Lantai keramik yang memantulkan cahaya akan bisa meneruskan efek silau ke dalam rumah. Gumakanlah lantai yang tidak memantulkan cahaya untuk ruang-ruang yang berhubungan langsung dengan arah datangnya sinar matahari agar efek silau itu tidak dipantulkan dan diteruskan ke dalam rumah.

13. Finishing dinding rumah dengan batu tempel

Batu tempel, terutama yang berwarna gelap akan mengesankan sebuah keteduhan. Batu tempel yang dipasang di arah datangnya matahari tidak akan memantulkan efek silau ke dalam rumah. Selain itu batu tempel ini juga bisa digunakan untuk unsur estetika.

14. Memasang tirai bambu

Tirai bambu biasanya dipasang di muka rumah yang terkena langsung sinar matahari. Pilihlah tirai bambu yang awet dan cocok untuk tampilan rumah Anda. Banyak tirai bambu yang memiliki kualitas buruk. Anda harus hati-hati dalam memilih.

15. Desain pagar yang lebih tertutup

Pagar rumah yang lebih tertutup dan lebih masif akan bisa membantu mengurangi efek silau dari matahari. Pagat ini juga bisa dipercantik dengan batu-batuan tempel yang cocok dengan kondisi rumah. Selain itu, bisa juga ditanami tanaman perdu.

Bagaimana? Sudah paham bukan bagaimana cara mengatasi rumah yang silau? Nah bagi Anda yang membutuhkan beberapa info dan tips lagi mengenai seputar rumah dan bangunan, bisa ikuti apdate artikel kami. Dan juga bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa bangun rumah bisa langsung hubungi kami Jasa Arsitek Malang dengan kontak kami dibawah ini.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *