Cara Mengecat Tembok Dengan Motif Garis

Cara Mengecat Tembok Dengan Motif Garis

Cara Mengecat Tembok Dengan Motif Garis

Cara Mengecat Tembok Dengan Motif Garis

Cara Mengecat Tembok Dengan Motif Garis – Berbagai macam kreasi yang dilakukan untuk menciptakan rumah agar lebih menarik. Mulai dari memasang hiasan dinding, membuat hisan dari barang bekas, menata furniture, hingga cat tembok yang dibuat semenarik mungkin. Pada umumnya cat tembok hanya sekedar warna polos. Namun, anda bisa mengkreasikannya dengan membentuk motif yang diinginkan agar lebih menarik. Salah satunya adalah motif garis, Motif ini biasa dipilih agar rumah yang sempit terlihat lebih luas. Bagaimana sih cara untuk membuat motif garis cat?Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan motif garis pada dinding dengan alat dan bahan sederhana, yakni:

  • Kapur dan tali bangunan. Kapur dan tali bangunan digunakan untuk membantu menciptakan dinding bergaris. Tali akan bekerja sebagai garis pembatas untuk mempertegas pola garis yang ingin Anda ciptakan. Cara penggunaannya adalah dengan mengikatkan tali bangunan pada bagian ujung pembentuk garis, baru setelahnya Anda dapat menggoreskan kapur pada tali. Tali kemudian ditarik pada tembok hingga membentuk garis.
  • Selotip kertas. Selotip ini digunakan sebagai garis pembatas. Pola garis nantinya akan dibentuk dengan selotip kertas. Proses pengecatan kemudian dimulai menyesuaikan dengan garis yang telah diciptakan oleh selotip tersebut. Apabila cat sudah mengering, selotip baru dapat dilepaskan.
  • Sikat pakaian. Dalm proses pengecatan tembok motif garis, sikat akan digunakan ketika cat masih dalam keadaan belum kering. Sikat digunakan dalam satu arah untuk membentuk garis-garis artistik dan menghadirkan tekstur yang menarik.
  • Kardus dan pensil. Membuat motif garis dengan memanfaatkan kardus akan memberikan hasil yang unik. Mengapa demikian? Sebab Anda tidak akan hanya mendapatkan dinding yang bergaris, namun juga memiliki tekstur tersendiri. Cara yang perlu dilakukan adalah, pertama bentuklah kardus menyesuaikan dengan bentuk yang Anda inginkan. Kardus kemudian di mal dengan pensil, baru setelahnya Anda dapat melakukan pengecatan.

Dinding bermotif garis memang sangat mengesankan dan cocok digunakan pada rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya. Secara garis besar, cara mengecat tembok motif garis dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti yang sudah dijabarakan pada beberapa poin diatas. Namun untuk langkah yang lebih mendetail, akan dijabarkan dibawah ini. Sebelum menuju ke proses pengecatan, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan berikut ini:

  • Pilihan warna tembok (2 warna atau lebih).
  • Selotip kertas (dengan lebar 3 cm atau 5 cm).
  • Kuas berukuran sedang (5 inchi).

Setelah Anda menyiapkan alat dan bahan tersebut, selanjutnya Anda dapat beralih ke proses pelaksanaan. Langkah dari cara mengecat tembok motif garis adalah sebagai berikut, yakni:

  1. Membuat motif garis

Apakah material penutup dinding Anda sudah dilapisi dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk sebelumnya? Apabila sudah, berarti Anda sudah mendapatkan lapisan cat pertama dan cukup membuat lapisan cat yang kedua saja. Langkah pertama yang Anda lakukan tentunya membuat motif garis pada dinding. Anda dapat menggunakan bantuan selotip kertas untuk membuat motif ini. Garis yang dibentuk dapat berupa garis vertikal atau horizontal. Semuanya tergantung keinginan Anda. berikan jarak antara garis pertama dengan garis kedua menggunakan selotip kertas. Jangan sampai menyisakan angin atau udara pada selotip yang akan memungkinkan cat masuk ke dalam gelembung tersebut.

  1. Melakukan pengecatan

Apabila semua pembatas telah dipasang dengan rapi, barulah Anda dapat mengecat tembok rumah. Pastikan Anda menggunakan jenis cat tembok yang sesuai. Proses pengecatan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai cat tersebut melewati garis yang sudah diberikan selotip. Apabila mengenai selotip, Anda tidap perlu khawatir karena selotip mampu menahan cat. Pegecatan dilakukan terus menerus sampai semua dinding telah selesai.

  1. Menunggu cat kering

Cat yang selesai diaplikasikan kemudian ditunggu hingga benar-benar kering. Apabila cat sudah mengering, ambil kembali selotip kertas yang telah Anda tempel sebelumnya. Selotip ini harus dicopot apabila cat benar-benar sudah kering, sebab apabila cat masih basah dapat berisiko terkena pada bagian cat lainnya. Hasil akhir menjadi kurang rapi.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *