CARA MERAWAT BATHTUB

Jasa Arsitek – Cara atau langkah-langkah yang dibutuhkan untuk merawat bathtub yang ada di rumah anda sebenarnya mudah Jika anda mau membersihkannya. Kebanyakan orang bukan saja sering tak memedulikan cara merawat bathtub, tetapi bahkan seringkali tak memerhatikan benda yang satu ini.

Cara merawat bathtub juga tidak boleh dilakukan sembarangan dan asal-asalan karena akan merusak material dari bathtub itu sendiri.

Seringkali area kamar mandi memang dipandang sebelah mata dan dianaktirikan hanya karena ruangan ini dianggap kurang begitu penting.

Padahal, kamar mandi yang terawat, termasuk juga bathtubnya, bisa menjadi nilai tambah bagi kenyamanan Anda di dalam rumah. Beikut cara merawat bathtub dengan baik dan benar.

1. Gunakan dengan Benar

Hal paling mendasar untuk merawat bathtub adalah prosedur penggunaannya harus tepat. Bagimana caranya?

Cara pemakaian bathtub yang benar adalah dengan mengisi air dingin terlebih dahulu sebelum air panas. Apabila Anda langsung mengisi bathtub dengan air panas, maka hal itu akan membahayakan bathtub karena air panas akan membuat bathtub mudah rusak. Apalagi jika bathtub terbuat dari material fiberglass atau akrilik, kedua material tersebut perlu diperlakukan dengan ekstra hati-hati.

2. Bersihkan Bathtub Segera Setelah Digunakan

Bila ingin bathtub tetap awet, cobalah mulai hari ini biasakan langsung mengosongkan bathtub setelah digunakan. Air bekas berendam yang bercampur dengan sabun dan bahan lainnya menjadi salah satu alasan utama kenapa bathtub tak tahan lama. Selain itu, genangan air tersebut akan meninggalkan noda di beberapa bagian bathtub dengan mudah.

3. Pastikan Bathtub Selalu Kering

Setelah Anda mengosongkan air di bathtub, jangan lupa juga langsung mengelapnya agar bathtub tetap kering ya! Hal ini sangat penting dilakukan terutama untuk menghindarkan noda kuning bermunculan pada bathtub. Cara termudahnya yaitu mengelap bathtub dengan kain kering yang halus seperti kain lap kanebo misalnya.

4. Gunakan Jenis Pembersih yang Sesuai

Adakah jenis pembersih tertentu khusus untuk bathtub? Jawabannya, tentu saja ada! Membersihkan bathtub memang harus menggunakan jenis pembersih yang sesuai dengan materialnya agar hasilnya semakin optimal.

5. Hindarkan Bathtub Dari Keretakan

Seperti yang telah disinggung pada poin pertama, air panas bisa menjadi salah satu pemicu munculnya keretakan pada bathtub. Tahu kan betapa bahanya bila bathtub Anda mengalami keretakan? Kemungkinan besar bathtub tidak bisa lagi digunakan! Oleh karena itu, selain harus berhati-hati soal cara merawatnya, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakannya.

6. Jangan Gunakan Pembersih Berbahan Keras

Saking inginnya bathtub tampak bersih cemerlang mengkilau, Anda mungkin berpikir untuk menggunakan cairan kimia pembersih, ya? Jangan pernah sekalipun mencoba cara merawat bathtub dengan menggunakan cairan kimia pembersih.

Zat kimia keras pada cairan pembersih justru akan meninggalkan lebih banyak noda membandel yang semakin sulit dibersihkan. Selain itu, tentu zat kimia keras tersebut akan semakin mengikis bathtub dan membuatnya mudah rusak kemudian.

cara merawat bathtub

7. Buat Bathtub Mengkilap Dengan Tawas dan Garam

Tawas dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel, sedangkan garam dapat digunakan untuk menghilangkan noda menguning pada bathtub. Cara merawat bathtub dengan menggunakan tawas dan garam pun cukup sederhana. Keduanya hanya perlu dilarutkan di dalam bathtub, digosok, kemudian dibilas. Bathtub kembali bersih deh!

Nah, tadi beberapa cara merawat bathtub. Sangat mudah kan? Rawat bathtub kalian agar kondisinya tetap bersih sehingga nyaman di gunakan. Semoga Bermanfaat . . .

WhatsApp chat