Cara Merawat Furniture Kayu Jati

Cara Merawat Furnitute Kayu Jati – Kayu jati memang masih menjadi dambaan bagi semua orang. Dari segi kualitas, kayu jati banyak dipilih sebagai bahan pembuat kursi karena kayu jati memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Nah, cara perawatan kursi kayu jati yang salah dapat membuat kursi kayu jati cepat rusak dan tidak awet. Simak tips perawatan kursi kayu jati berikut ini.

  1. Bersihkan secara rutin

Tips perawatan kursi kayu jati yang pertama tentu saja melakukan pembersihan secara rutin setiap seminggu 3 kali atau 4 kali dalam sebulan. Untuk cara pembersihannya, Anda bisa menggunakan kuas berukuran kecil untuk membersihkan debu di sela-sela kursi. Perawatan ini sangat berguna untuk mencegah tumbuhnya jamur di sela-sela kursi kayu jati minimalis Anda.

  1. Gunakan cairan pembersih khusus

Masih berkaitan dengan cara pembersihan kursi kayu jati, gunakan cairan pembersih khusus meubel seperti cairan pledge atau kit. Bersihkan kursi kayu jati minimalis dengan pledge menggunakan lap kering bersih. Agar kursi kayu jati minimalis Anda tetap kinclong dan terjaga warnanya, Anda bisa menggunakan sedikit gel atau wax.

  1. Pindahkan dengan benar dan hati-hati

Pada saat ingin meletakkan atau memindahkan kursi kayu jati, hindari cara menyeret atau menarik sandarannya, karena dapat mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai. Cara yang benar dan yang paling baik pada saat memindahkan kursi kayu jati adalah dengan mengangkatnya di bagian penampang atau dudukannya dengan hati-hati.

  1. Letakkan di tempat kering atau bersuhu normal

Paparan suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan kursi kayu jati dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Tidak hanya itu, udara lembab juga dapat memancing berkembang biaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kursi kayu jati.

  1. Jauhkan dari noda

Furniture memang tidak akan lepas dari noda, oleh karena itu Anda harus membersihkan semua furniture Anda dari noda. Usahakan agar segera membersihkan furniture apabila terkena noda.

  1. Bersihkan ukiran

Bagian yang cukup sulit adalah membersihkan ukiran-ukiran furniture dari kayu jati. Caranya dengan menggunakan kuas kecil dan halus untuk menjangkau ukiran yang sulit pada furniture Anda.

  1. Poles kayu jati Anda

Agar kayu jati lebih awet, maka Anda dapat memoles furniture kayu jati Anda dengan menggunakan minyak khusus jati. Hal ini dilakukan agar furniture Anda lebih cantik dan juga menarik.

  1. Semprotkan pledge

Furniture kayu jati memang memerlukan perawatan yang rutin. Hal ini dikarenakan pasti ada kotoran atau debu yang menempel. Semakin lama debu tidak dibersihkan maka furniture akan cepat kotor dan debu akan menempel dan susah untuk dibersihkan. Anda perlu menyemprotkan pledge pada bagian-bagian kayu atau furniture yang sulit dijangkau. Semprotkan pledge ini dapat Anda gunakan pada furniture yang lain selain kayu jati.

 

WhatsApp chat