Cara Merawat Panel Surya

Cara Merawat Panel Surya – Jika anda sudah memiliki panel surya pada rumah anda, ada baiknya anda rajin untuk merawat dan membersihkannya. Karena memiliki panel surya merupakan investasi besar. Tentunya jika rajin merawatnya, panel surya akan awet dan jangan lupa untuk selalu memastikan tetap berfungsi dengan baik, aman dan efisien. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk perawatan panel surya.

Tips Merawat Panel Surya

  1. Periksa terminal yang terpasang dan kabel koneksi dalam kondisi tepat

Cek dahulu seluruh kabel koneksi yang sudah terpasang. Pastikan agar tidak ada kabel yang mengelupas dan taruhlah pada kondisi yang aman. Jika diperlukan, bungkus kabel tersebut dengan cable ducting.

Jika kabel terletak di luar ruangan, pastikan juga kabel aman dan cegah pada area yang rawan, jangan sampai terbuka pada daerah melintas orang / motor juga jangan berada di dekat lokasi bermain anak. Jika kabel terletak di dalam ruangan, periksa lagi agar kabel terpasang rapi di area rumah. Perhatikan juga kabel tidak berserakan di lantai atau bergelantungan.

Perhatikan semua koneksi dan terminal yang ada. Pastikan semuanya terpasang dengan benar. Jangan lupa dikencangkan semua koneksi jika kendur dan cek semua agar terlindungi dengan baik.

  1. Periksa perangkat control charger, inverter dan baterai dalam posisi aman

Cek perangkat control charger, inverter dan baterai kembali. Pastikan semua perangkat terlindungi dengan baik dan hindari dari jangkauan anak-anak. Jika memang wilayah rumah Anda rawan saat hujan, taruh perangkat pada area yang tinggi dan terlindungi dari air hujan.

Cek seluruh koneksi ke dan dari perangkat dalam posisi yang tidak kendur. Saat pengecekan, periksa agar tidak terjadi faulty pada perangkat. Seluruh koneksi juga wajib terlindungi dengan aman, terutama konektor baterai.

  1. Gunakan dengan bijak

Pastikan kembali jenis sistem yang Anda pakai, dan sesuaikan penggunaannya. Jika Anda menggunakan sistem grid tie, cek koneksi panel surya / solar cell ke inverter dan inverter ke kWh meter EXIM dalam kondisi baik dan normal.

kalau Anda menggunakan sistem hybrid atau off grid, periksa penggunaan ke beban sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menghubungkan sistem panel surya ini untuk penerangan otomatis, pastikan seluruh rangkaiannya bekerja dengan normal. Jika diperlukan, cabut dan matikah seluruh perangkat komponen terpasang.

Jika Anda memasang sistem micro grid, misalnya untuk penerangan taman atau jalan umum. Cek kembali seluruh komponen terpasang dan timernya -jika ada-, bekerja dengan normal. Jika memang mengalami masalah, segera perbaiki.

Cara pencegahan terakhir, dari 3 cara tepat merawat panel surya / solar cell, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan tenaga ahli atau vendor penjual panel surya Anda agar mengetahui lebih jauh langkah preventif yang perlu disiapkan.

Selain mengetahui tips merawat panel surya, anda dianjurkan untuk mengetahui juga tips membersihkannya. Bagaimana ya? Simak terus yuk!

Tips Membersihkan Panel Surya

  1. Beberapa panel bisa dijangkau dari tanah, tapi yang lain membutuhkan akses atap. Jangan naik ke atap Anda kecuali Anda memiliki peralatan keselamatan yang tepat.
  2. Rujuk ke buku pegangan produk Anda untuk petunjuk pembersihan, tergantung pada panel Anda, mungkin ada saran pembersihan yang spesifik.
  3. Hindari membersihkan panel Anda pada siang hari karena bisa menjadi sangat panas. Hadiri panel Anda baik di pagi atau sore hari, atau pilih hari yang lebih dingin.
  4. Pertama coba gunakan selang taman Anda untuk menyelesaikan pekerjaan (biasanya ini yang dibutuhkan). Jika banyak debu dan kotoran sudah terakumulasi Anda bisa mencoba air bersabun sekaligus squeegee dengan perpanjangan yang panjang.
  5. Jangan gunakan benda logam atau produk abrasif kasar untuk menghilangkan lapisan pada grit. Jika Anda menggaruk atau mengacaukan gelas di atas panel surya, kinerja mereka dapat berdampak negatif.
  6. Tanpa Anda tinggal di daerah yang sangat polutan / berdebu, kebutuhan untuk mencuci panel surya Anda cukup rendah. Sebagian besar panel modern menampilkan film anti-cling yang tahan terhadap puing-puing, kecuali jika Anda dapat melihat grit terlihat pada panel, air dari hujan akan melakukan sebagian besar pekerjaan untuk menjaga panel Anda bersih.
WhatsApp chat