Cara Plamir Plafon Baik dan Benar

Cara Plamir Plafon Baik dan Benar – Plamir atau biasa kita kenal dengan dempul. Plamir merupakan material pelapis yang berfungsi untuk menutupi keretakan dan meratakan permukaan tembok atau plafon yang tidak rata. Nah, sudahkah anda mengetahui cara plamir plafon yang baik dan benar? Jika belum, anda perlu menyimak artikel kami berikut.

Cara Plamir Plafon

Salah satu proses pekerjaan yang menjadi tolak ukur rapi atau tidaknya sebuah pekerjaan plafon adalah pada saat proses plamir sambungan pada papan gypsum, triplek atau bahan-bahan lainnya. Proses ini sangat membutuhkan kemampuan yang tinggi serta tingkat kesabaran yang cukup. Sebelum mengetahui cara plamir plafon yang baik dan benar, Anda perlu membuat campuran plamir yang akan dioleskan pada plafon nantinya. Cara pembuatan plamir membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Kalsium : merupakan cairan berwarna putih seperti semen.
  • Lem : lem yang digunakan adalah lem putih khusus plamir (PVAc).
  • Air (secukupnya)

Proses pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu wadah yang akan digunakan untuk meletakan campuran plamir.
  • Selanjutnya, Anda dapat mencampurkan air serta kalsium ke dalamnya. Aduklah hingga keduanya merata.
  • Kemudian tambahkan lem ke dalamnya dan ratakan. Plamir lalu siap digunakan.

Adonan plamir yang baik ditandakan dengan hasil campuran yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Perbandingan yang biasa digunakan adalah 3:1 untuk kalsium : lem.  Selanjutnya campuran ini digunakan untuk proses plamir. Proses plamir atau pendempulan gypsum dan triplek agak sedikit berbeda. Pada triplek, Anda akan membutuhkan trik-trik khusus supaya hasil menjadi lebih bagus. Berikut ini adalah contoh cara plamir plafon dengan menggunakan papan gypsum :

  1. Memastikaan keadaan

Proses plamir dilakukan ketikan semua papan gypsum sudah terpasang rapi di langit-langit ruang. Sebelumnya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah semua permukaan papan gypsum sudah terpasang dengan sempurna dan di sekrup dengan baik.

  1. Proses persiapan

Dalam proses pelaksanaan, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu alat-alat penunjang seperti cornice, skrap plastik, besih, ember berukuran kecil serta air bersih secukupnya.

  1. Membuat campuran

Selanjutnya, Anda dapat menyiapkan campuran plamir yang seperti sebelumnya telah dijelaskan. Pastikan bahwa tingkat kekentalan tepat dan tidak terlalu padat. Anda bisa menambahkan air ke dalamnya jika dirasa campuran tersebut terlalu kental. Jika semua persiapan sudah siap semua, Anda dapat memulai proses pelaksanaan.

  1. Memulai plamir

Langkah pertama plamir adalah menentukan bagian mana yang akan diratakan terlebih dahulu. Karena posisi plafon tinggi, Anda dapat menggunakan bantuan tangga lipat. Pastikan melakukan pekerjaan ini tidak sendiri supaya mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga dapat menaruh lembaran koran disekitaran area kerja supaya plamir tidak tumpah ke lantai.

  1. Mengecat plamir

Cara mengoleskan plamir pada plafon adalah dengan memberikan sebuah tarikan pada bagian sambungan di papan gypsum. Setelah itu tunggu selama beberapa saat hingga plamir terlihat sudah mengering. Anda dapat melakukan dempulan lagi jika memang plamir pertama sudah agak kering. Lanjutkan proses pengolesan pada setiap sambungan papan gypsum.

  1. Ulang kembali

Lakukan kembali proses penarikan pada setiap sambungan sehingga masing-masing menghasilkan tiga tarikan.

  1. Proses finishing

Ketika sudah mencapai tiga tarikan, Anda dapat melakukan pengecekan terhadap kerataan lapisan dengan menggunakan bantuan scrap plastik. Caranya adalah dengan meletakkan scarp plastik tersebut di antara sambungan papan gypsum. Jika hasilnya masih terlihat celah dari dasar scrap plastik, maka lakukan kembali proses plamir hingga celah pada bagian dasar scrap plastik tersebut menghilang atau tidak kelihatan kembali.

Untuk hasil yang maksimal, tarikan yang dilakukan adalah sekitar 3 hingga 4 lapisan plamir. Pastikan proses plamir dilakukan dengan teliti dan benar karena akan menyulitkan jika ternyata masih terdapat celah-celah yang menggangu. Setelah selesai proses plamir, Anda dapat menambahkan cat dasar dan finishing dengan menggunakan warna cat rumah elegan.

Keindahan plafon itu sangat penting dan meningkatkan daya tarik sebuah rumah seperti rumah minimalis sederhana. Anda dapat menambah motif, corak, dekorasi atau polos saja untuk bagian pinggiran plafon. Semuanya tergantung pada konsep yang diangkat pada ruangan tersebut. Demikianlah cara plamir plafon yang baik dan benar. Selamat mencoba!

WhatsApp chat