Ciptakan Desain Kamar Mandi Aman Untuk Lansia

Ciptakan Desain Kamar Mandi Aman Untuk LansiaKamar mandi merupakan bagian yang penting dalam sebuah rumah. Seluruh anggota keluarga pasti menggunakan kamar mandi setiap hari, entah orang dewasa, anak-anak atau bahkan lansia.

Nah, biasanya bagi para lansia ini kamar mandi menjadi tempat yang paling beresiko. Tidak sedikit kejadian para lansia ini jatuh saat berada di kamar mandi. Hal ini terjadi karena kemampuan fisik mereka sudah menurun.

Jika salah satu anggota keluarga anda ada yang lansia, ada baiknya anda harus memikirkan kondisi kamar mandi memadai untuk mereka. Berikut adalah desain kamar mandi yang aman untuk para lansia yang bisa anda terapkan di rumah anda, silahkan disimak.

  1. Gunakan shower

Mandi tak luput dari kegiatan menyiram badan. Penggunaan bak mandi mungkin akan membuat pergelangan para lansia cepat lelah, sedangkan kalau bath up ditakutkan akan terpleset didalamnya karena permukaan bath up yang licin. Nah, shower mungkin akan mempermudah aktivitas mandi mereka.

  1. Gunakan toilet duduk

Karena kemampuan fisik mereka sudah menurun dan otot kaki sudah tak sekuat dulu, penggunaan toilet jongkok sangat tidak disarankan. Maka gunakanlah toilet duduk, agar mereka tetap nyaman.

  1. Tambahkan pegangan

Salah satu bagian penting yang tidak boleh terlupakan adalah menambahkan pegangan di bagian sisi kamar mandi. Anda bisa meletakkannya di dekat shower atau toilet. Pegangan di kamar mandi menjadi penting karena dapat membantu para lansia untuk bisa berdiri seimbang selama di dalam kamar mandi dan adanya pegangan ini juga dapat membuat para orang tua tidak mudah terpeleset ketika akan berpindah tempat.

  1. Tekstur lantai harus kasar

Kamar mandi harus menggunakan lantai yang bermotif dan tekstur permukaannya agar kasar agar tidak licin saat tersiram air. Atau jika anda tidak ingin mengganti lantai, tambahkan alas karet di bagian shower dan toilet. Bersihkan alat karet setiap minggu, karena membuat lantai menjadi semakin lembap dan berbau.

  1. Tinggi lantai harus sama

Beberapa kamar mandi ada yang menerapkan perbedaan tinggi lantai, misalnya area shower lebih rendah dari area lainnya. Sebaiknya perbedaan tinggi lantai ini dihindari untuk menciptakan kamar mandi yang lebih aman bagi para lansia. Seperti yang kita tahu bahwa tingkat penglihatan orang tua sudah berkurang. Bisa saja mereka tidak melihat adanya perbedaan ketinggian lantai, sehingga akhirnya mereka tersandung.

  1. Pencahayaan yang cukup

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah faktor pencahayaan. Tingkat penglihatan para lansia sudah semakin menurun. Karena itu, hindari menggunakan lampu bercahaya redup dan hanya berfungsi sebagai hiasan desain saja. Anda wajib memastikan semua sudut kamar mandi terang benderang dengan memilih ukuran lampu yang tepat.

 

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

 

WhatsApp chat