Ciptakan Ruang Bermain Untuk Anak

Ciptakan Ruang Bermain Untuk Anak – Adanya anak kecil dirumah mungkin akan membuat suasana rumah menjadi kacau dan berantakan. Untuk menghindari hal itu, anda perlu membuat ruang bermain sendiri untuk si kecil bermain. Dengan adanya ruang bermain akan membuat rumah lebih rapi dan terhindar dari berbagai mainan si kecil. Yuk, buat ruang bermain untuk anak yang seru. Simak tips dibawah ini!

  1. Dekorasi Ruang Bermain dengan Warna yang Pas

Hal paling pertama dalam menata dekorasi ruang bermain adalah menentukan skema warna dari ruang bermain. Ruang satu ini memang identik dengan dekorasi ruang bermain yang penuh warna.

Jika ruang bermain anak digabung sebagai ruang tidur dan beristirahat, warna-warna lembut seperti warna pastel dan earthy color (cokelat, hijau, krem) bisa menjadi pilihan yang baik untuk dekorasi ruang bermain karena bisa memberikan kesan yang lebih menenangkan. Namun jika ruang bermain terpisah dari ruang tidur, anda bisa berkreasi dengan warna-warna terang lebih berani seperti merah dan kuning.

  1. Storage

Storage atau laci anak merupakan furnitur wajib untuk dekorasi ruang bermain anak. Karena diperuntukkan untuk anak, rak penyimpanan yang digunakan untuk dekorasi ruang bermain pastikan memiliki ukuran yang mampu dijangkau si kecil.

Jika anda memiliki ruang bermain dengan ukuran yang terbatas, manfaatkan storage multifungsi sebagai dekorasi ruang bermain. Anda bisa menciptakan kotak storage yang bisa berfungsi sebagai couch ataupun ottoman untuk si kecil duduk. Jika ruang bermain terdapat tempat tidur, manfaatkan juga kolong tempat tidur sebagai storage.

  1. Perabot yang Cukup, Lantai yang Luas dan Nyaman

Minimalisir penggunaan dekorasi ruang bermain berupa perabot-perabot yang berukuran terlalu besar atau yang tidak diperlukan, bertujuan untuk memberikan keluasan untuk si kecil bisa bermain di lantai.

Karena akan banyak aktivitas bermain yang terjadi di lantai, lengkapi dekorasi ruang bermain anak dengan karpet atau lantai dengan permukaan yang tidak terlalu keras. Pilihan lain selain karpet adalah lantai parket yang memiliki permukaan lebih lembut dari lantai keramik dan dengan perawatan tidak sesulit karpet.

Meski banyak aktivitas terjadi di atas lantai, bukan berarti keberadaan meja dan kursi tidak penting. Paling tidak, sediakan sepasang furniture dalam dekorasi ruang bermain untuk si kecil agar bisa melakukan aktivitas yang lebih bervariatif.

  1. Material yang Aman, Kuat, dan Mudah Dibersihkan

Memastikan keamanan dan kekuatan dari dekorasi ruang bermain anak adalah hal yang sangat penting. Mengingat yang menggunakan ruangan adalah si kecil, kecerobohan sedikit saja dalam dekor ruang bermain bisa berakibat fatal.

Pastikan hal-hal seperti cat dinding dan furniture plastik tidak mengandung racun. Hindari juga dekorasi ruang bermain yang memiliki sudut-sudut tajam. Perabot lengkung tanpa sudut bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi resiko benturan yang berbahaya.

  1. Dekorasi Ruang Bermain Sesuai dengan Zoning Ruang

Meskipun fungsi utama dari ruang bermain anak adalah untuk membebaskan aktivitas si kecil, bukan berarti setiap aktivitas bebas dilakukan begitu saja. Maka dari itu, pastikan dekorasi ruang bermain yang anda tata bisa membagi dengan jelas area-area tersebut. Terutama jika anda memiliki ruang bermain yang menjadi satu dengan kamar tidur anak, pastikan tidak ada mainan bertebaran di tempat tidurnya.

Pisahkan area kerja anak yang berupa meja belajar dan kursi dimana si kecil bisa membaca dan menulis. Pada area ini bisa anda jadikan area baca juga dengan menambah dekorasi ruang bermain berupa rak buku kecil sebagai mini library.

Siapkan juga area kotor yang jauh dari dekorasi ruang bermain yang mungkin akan sulit dibersihkan jika terkena noda seperti tempat tidur dan sofa. Di area ini anda bisa memberikan bidang lukis untuk si kecil bermain dengan cat air dan krayonnya.

  1. Latih Motorik Anak lewat Dekorasi Ruang Bermain Anak

Menghadirkan ayunan, perosotan, atau area memanjat yang biasa ada di taman bermain sebagai dekorasi ruang bermain bukanlah hal yang mustahil. Tidak hanya menciptakan ruang dimana si kecil bebas bergerak, hadirkanlah dekorasi ruang bermain yang memacu gerak motorik si kecil. Hal ini bisa dihadirkan lewat kasur bertingkat dengan kolong tempat tidur yang bisa difungsikan sebagai rumah bermain.

  1. Beri Ruang untuk Ekspresi Seni Anak

Pada poin ke-5 tentu sudah jelas bahwa diperlukan area kotor. Pada area inilah anda bisa membiarkan si kecil mengekspresikan bakat seni yang ia miliki. Andaa bisa melengkapi dekorasi ruang bermain di kecil dengan memberikan bidang melukis atau area dinding yang bisa dibersihkan jika dicorat-coret. Memberikan papan tulis juga bisa jadi alternatif lainnya.

 

WhatsApp chat