Ciri Khas Arsitektur Rumah Joglo

Arsitek Malang – Taukah anda apa yang dimaksud dengan arsitektur? Arsitektur adalah seni dan ilmu merancang sebuah bangunan. Setiap arsitektur pada rumah tradisional memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini kami akan membagikan kepada anda apa saja ciri khas arsitektur rumah joglo.

  1. Atap

Atap rumah joglo ini paling khas dan paling rumit. Atap joglo dikaitkan dengan tempat tinggal bangsawan (Keraton, kediaman resmi, bangunan pemerintah, dan rumah bangsawan Jawa atau nigrat).

Atap rumah joglo ini lebih curam dibanding dengan atap rumah jawa lainnya, empat tiang utama yang mendukung diatasnya terdapat susunan khas berupa tiang-tiang berlapis yang diartikan sebagai tumpang sari.

Di jaman yang sudah modern ini siapa saja yang memiliki cukup dana dapat membangunnya. Karena, membangun rumah joglo dibutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan lebih mahal.

  1. Bangunan Rumah

Pada bangunan rumah ini masih dibagi lagi menjadi 3, yaitu pendapa, pringgitan dan omah.

  • Pendapa : sebuah paviliun yang terletak di bagian depan rumah digunakan untuk menerima tamu, pertemuan sosial atau pertunjukan ritual.
  • Pringitan : sebuah ruangan yang mrnghubungkan pendapa dengan rumah dalam. Ruangan ini digunakan sebagai jalur masuk dan juga sebagai tempat pertunjukan wayang kulit.
  • Omah : dikenal dengan sebutan omah mburi, dalam ageng atau omah. Didalam masyarakat Jawa, kata “omah” dikenal sebagai istilah yang mencakup arti kedomestikan yaitu sebagai sebuah unit tempat tinggal.
  1. Pagar Mangkok

Pagar pada rumah joglo tebuat dari tanaman perdu dengan ketinggian tidak mencapai 1 meter. Hal ini lah yang dinamakan sebagai Pager Mangkok yang memiliki makna rumah sebaiknya tidak di pagar, agar masyarakat saling membaur.

  1. Pintu Utama Terletak Ditengah Rumah

Pintu utama selalu terletak ditengah rumah karena jika anda tamu yang berkunjung, akan langsung melihat ruangan belakang dari rumah ini. Ternayata filosofinya adalah bahwa masyarakat jawa memiliki sikap keterbukaan antara satu dengan lainnya. Masyarakat jawa dengan senang hati menerima tamu, bahkan menyuruh tamunya menganggap seperti rumah sendiri.

  1. Teras dengan Empat Tiang

Teras pada halaman ini memiliki empat tiang dengan bentuk segiempat yang memanjang. Masyarakat Jawa umumnya memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi, karena itulah mereka membangun teras ini sebagai tempat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan orang lain. Teras ini mengandung makna bahwa sesama saudara, keluarga ataupun tetangga harus selalu menjalin hubungan yang baik, harmonis, dan bersosial.

  1. Memiliki Jendela Banyak dan Besar

Desain yang terdapat pada jendela sebetulnya warisan Belanda yang dikembangkan oleh Jawa. Terdapat dibagian depan, belakang, kanan dan kiri rumah. Dengan jendela yang berukuran besar ini membuat rumah joglo terasa sejuk, dingin dan segar karena banyaknya udara yang masuk.

 

Nah diatas adalah ulasan mengenai ciri khas arsitektur rumah joglo. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat