Ciri Khas Desain Coastal

Ciri Khas Desain Coastal – Ada yang pernah dengar desain gaya coastal? Desain interior coastal adalah gaya penataan yang mengadopsi suasana pantai dan laut. Gaya ini dianggap cocok dengan hunian tropis di Indonesia. Hadirkan nuansa yang berbeda pada rumah anda dengan mencoba desain berikut ini, simak yuk ciri khasnya!

  1. Mengandalkan Dominasi Putih

Salah satu ciri khas desain interior coastal yang paling mudah dikenali adalah dominasi dinding berwarna putih. Warna putih akan membuat interior ruangan terkesan lebih cerah dan ruangan terasa lebih luas. Tak sedikit pula orang yang sengaja memilih furniture berwarna putih untuk memperkuat kesan coastal pada huniannya.

  1. Memadukan Putih dengan Warna-Warna Lainnya

Selain warna putih, gaya desain coastal juga cocok dipadukan dengan warna-warna bernuansa pantai lainnya seperti biru atau cokelat. Anda pun tak akan merasa bosan dengan dominasi warna putih pada interior rumah. Elemen-elemen warna lain dapat diselipkan pada furniture, gorden, langit-langit, atau perabot rumah lainnya sesuai selera. Usahakan agar perpaduan warnanya terlihat seimbang sehingga kesan pantainya tetap kental.

  1. Melengkapi Ruangan dengan Jendela-Jendela Besar

Biasanya desain interior coastal juga membuat ruangan jadi lebih terang dan terbuka. Oleh sebab itu, rumah Anda harus dilengkapi dengan jendela-jendela besar supaya angin dan sinar matahari bisa masuk secara maksimal. Anda dapat membuka jendela-jendela tersebut pada pagi hingga sore hari agar rumah tetap terang tanpa menyalakan lampu. Ruangan yang terbuka dan terkena angin serta sinar matahari akan bebas lembap dan lebih sehat bagi Anda sekeluarga.

  1. Mempunyai Pintu dengan Bukaan Besar

Bukan cuma jendela-jendela besar yang identik dengan gaya interior coastal. Pintu dengan bukaan besar juga memiliki fungsi yang tak kalah penting. Pintu yang bisa dibuka secara maksimal akan mengaburkan batas antara interior dan eksterior rumah. Saat pintu tersebut dibuka, Anda yang berada di bagian dalam rumah bisa menikmati suasana luar rumah secara leluasa. Sebagai konsekuensi, Anda juga harus rutin membersihkan interior rumah karena pintu yang terbuka lebar rentan membawa debu dan kotoran.

  1. Memiliki Balkon Terbuka

Balkon terbuka juga menjadi salah satu keunikan desain interior coastal. Keberadaan balkon terbuka yang ukurannya cukup besar dapat difungsikan sebagai tempat bersantai keluarga. Anda mesti menyiapkan furniture outdoor berkualitas untuk mendukung fungsi balkon rumah. Sebaiknya Anda juga tidak meletakkan barang-barang secara berlebihan di balkon supaya suasana nyamannya tetap terjaga.

  1. Meminimalkan Penggunaan Furniture yang Glossy

Interior rumah bergaya pantai sebaiknya tidak dilengkapi dengan furniture atau perabot glossy. Barang-barang yang glossy akan memantulkan sinar matahari secara berlebihan sehingga interior rumah Anda terasa silau. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih furniture dan perabot berbahan kayu, kulit, atau kain yang lebih cocok dengan nuansa pantai. Pilihlah model-model perabot yang sesuai dengan tema pantai di rumah Anda.

  1. Melengkapi Rumah dengan Pajangan Bernuansa Laut

Pemilihan desain interior coastal bergaya klasik juga identik dengan pajangan bernuansa laut. Anda bisa meletakkan lukisan bertema laut, pajangan kapal-kapalan, ornamen yang terbuat dari kerang-kerangan, dan benda-benda menarik lainnya. Bila Anda memutuskan menggunakan ornamen bernuansa laut, pastikan bahwa Anda bisa membersihkannya secara teratur. Jangan sampai pajangan tersebut malah membuat rumah terkesan acak-acakan. Pilihlah ornamen seperlunya untuk menghadirkan nuansa laut yang mendukung kenyamanan rumah.

 

WhatsApp chat