Ciri Rumah Sehat Untuk Dihuni

Ciri Rumah Sehat Untuk Dihuni – Memiliki rumah merupakan impian bagi setiap orang. Pastinya desain rumah harus cantik dan seindah mungkin agar nyaman berada di rumah. Namun, sangat disayangkan sekali jika desain sudah cantik dan indah tetapi tidak menerapkan ciri rumah sehat. Berikut adalah beberapa ciri rumah sehat yang bisa anda terapkan pada rumah anda mulai sekarang!

  1. Memiliki pencahayaan dan ventilasi cukup

Rumah yang pengap dan lembap jelas bukanlah kriteria rumah sehat yang nyaman dihuni. Memastikan cahaya matahari tercukupi adalah hal yang penting dan harus dipastikan. Demikian juga dengan ventilasi udara sebagai jalur pertukaran udara di dalam rumah. Hal ini tentu saja untuk menjaga sirkulasi udara berjalan dengan baik demi kesehatan penghuninya.

  1. Terjaga kebersihannya

Pastikan rumah sering dibersihkan, disapu maupun dipel. Misalnya untuk debu, tak ada salahnya untuk membersihkan rumah setidaknya dua kali sehari agar tidak menumpuk dan mengganggu pernapasan. Bersihkan semua sudut rumah hingga bagian-bagian yang sering lupa dibersihkan. Membuang sampah ke tempat pembuangan juga tak perlu menunggu hingga sampah di rumah menumpuk terlebih dahulu. Sebab kebiasaan seperti itu dapat mengundang lalat, kecoa, tikus serta berbagai hewan penyebar kuman lainnya.

  1. Dinding dan atap yang aman

Dinding serta atap rumah yang rapuh tentu akan membahayakan penghuni rumah. Termasuk dengan dinding dan atap yang bocor. Perasaan tak nyaman dan waswas akan terus muncul dan mengganggu, sehingga suasana rumah pun menjadi kurang menyenangkan. Jika dinding dan atap rumah ada yang bocor atau perlu diperbaiki, ada baiknya segera diperbaiki tanpa harus menunggu semakin parah. Jika tidak bisa memperbaikinya sendiri, pastikan untuk menghubungi orang yang lebih ahli.

  1. Tidak terlalu bising

Umumnya dirasakan oleh rumah yang berdekatan dengan jalan raya besar atau pusat keramaian. Suara bising dari luar akan mengganggu dan cukup membuat tidak nyaman. Tak harus membuat rumah yang kedap suara untuk mengatasinya. Setidaknya suara gaduh tersebut bisa sedikit diredam dengan menerapkan aksen kain di rumah, seperti karpet, sofa, bantal atau lainnya. Tak ada salahnya juga untuk memastikan keadaan di luar, seperti genangan air atau kebersihan taman.

  1. Menggunakan material ramah lingkungan

Ciri-ciri bahan bangunan ramah lingkungan adalah material yang tidak beracun, tidak memproduksi zat-zat berbahaya ketika diproses, dan dapat terurai secara alami. Sangat disarankan sekali jika anda selalu berhati-hati dalam memilih material bangunan.

  1. Tersedianya Tempat Sampah

Ciri rumah yang bersih adalah hunian yang memiliki jumlah tempat sampah yang cukup. Kebiasaan buruk manusia adalah membuang sampah sembarangan karena banyak alasan, salah satunya adalah malas karena tempatnya yang terlalu jauh. Hindari rintangan seperti ini dengan menaruh setidaknya satu tempat sampah kecil pada setiap ruangan di rumah.

  1. Bebas dari Semut

Bayangkan saja kalau kamu harus hidup bersama semut yang bergerayangan dimana-mana, tentu saja sangat menjijikan. Terutama mengetahui sebab dibalik keberadaan serangga satu ini, yaitu area yang lembab, amis, dan kotor. Capailah ciri rumah bersih anti semut dengan melakukan inspeksi serangga setidaknya setiap tiga bulan sekali.

  1. Bebas dari Kecoa

Selain semut, ciri rumah yang bersih juga hunian yang bebas dari kecoa. Sama seperti semut, kecoa merupakan serangga parasit yang merugikan penghuni rumah. Kehadirannya dapat mengancam kebersihan dan kesehatan keluarga.

  1. Rumah yang Asri

Kami enggak mengharuskan kamu memiliki pekarangan luas untuk memenuhi ciri rumah sehat, kok. Cukup dengan tanaman-tanaman hijau yang terbagi di setiap ruangan atau se-ucil taman di depan atau belakang rumah, yang penting kamu memiliki sumber oksigen!

  1. Tersedianya Air Bersih

Selain peralatan dapur yang harus bersih, sumber air di rumah pun harus sama! Air merupakan salah satu elemen yang kita gunakan setiap hari dan hampir setiap menit; untuk minum, mandi, mencuci, dan lain-lain! Maka itu, agar tempat tinggalmu memenuhi ciri rumah sehat, selalu sediakan air bersih di rumah, ya!

  1. Rumah Bebas Tikus

Kita sudah membahas semut dan kecoa, bagaimana dengan tikus yang merajalela di rumah? Tikus merupakan sumber dari beratus-ratus penyakit. Jangan biarkan ciri rumah sehatmu tercoreng karena ini. Basmi hewan-hewan pengerat di rumah dengan cara melakukan inspeksi empat atau lima bulan sekali.

WhatsApp chat