Cor Beton Untuk Kolam Renang

Cor Beton Untuk Kolam Renang – Kekuatan konstruksi cor beton merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat membuat kolam renang. Demi menghasilkan kualitas kolam renang yang bagus, anda dituntut untuk memilih material beton yang yang kuat dan tahan lama. Kemudian pemasangan pembesian dan ketebalan beton sangat berpengaruh terhadap ketahanan beton kolam renang itu sendiri. Dalam istileh pengecoran beton kolam renang, kita mengenal beberapa jenis material beton yang sering digunakan pada konstruksi kolam renang, dan berikut kami akan membahasnya. Simak yuk!

Macam Cor Beton yang Sering Digunakan

  • Beton Ready Mix

Beton ready mix adalah beton yang siap diaplikasikan langsung pada pengecoran. Bisa dibeli di jasa penyedia beton siap pakai baik online maupun offline. Kelebihan dari menggunakan beton ready mix tentu lebih praktis dan tidak perlu repot membuat adukan sendiri. Sementara kekurangannya bisa jadi jatuhnya akan lebih mahal daripada meracik sendiri, untuk mendapatkan kualitas ready mix yang bagus harus benar-benar selektif memilih jasa penjualnya.

  • Beton Site Mix

Jenis beton site mix adalah yang perlu Anda siapkan bahan-bahan yang perlu diracik seperi pasir, koral, dan seme. Maisng-masing memiliki takarannya sendiri-sendiri. Untuk mendapatkan kualitas beton sesuai keinginan tinggal sesuaikan bahan bakunya.

Pengaplikasian Cor Beton Kolam Renang

Beton sendiri merupakan material bangunan yang sudah banyak digunakan dalam pelaksanaan struktur bangunan modern. Beton dipilih karena keunggulan-keunggulannya yang menonjol seperti kuat tekan yang tinggi, mudah perawatan dan pembentukannya, serta mudah mendapatkan bahan susunnya.

  1. Pengecoran Beton

Proses pengecoran kolam renang biasanya ada 2 cara, yaitu:

  • Pertama, pengecoran dilakukan bersamaan antara lantai dan dinding
  • Kedua, lantai dulu dicor semuanya kemudian baru dinding. Kedua cara tersebut ada kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tinggal sesuaikan dengan cara termudahnya saja.
  1. Waterproofing (pelapisan beton dari kebocoran)

Pada tahap ini, pelapisan beton sangat penting untuk menghindari potensi kebocoran. Ada salah satu metode waterproofing yang dikenal dengan waterproofing integral. Teknik waterproofing ini dilakukan dengan cara mencampurkan obat-additive yang bersifat kedap air ke dalam campuran betonnya.

Pencampuran obat-additive bahan kedap air tersebut dilakukan dengan cara menuangkannya ke dalam truk mixer sebelum beton dituang. Anda bisa pelajari teknik ini di kesempatan yang lain.

  1. Pekerjaan Perawatan Beton

Beton agar bisa tahan lama juga memerlukan perawatan. Setelah proses pengecoran beton selesai, pada umur 28 hari dilakukan pengetesan kuat tekan beton. Jika konstruksi lolos uji tekan maka proses selanjutnya bisa dilakukan, jika beton rusak maka perlu dilakukan perbaikan atau penggantian dengan yang baru.

Setelah proses pengujian beton selesai, untuk selanjutnya perlu di adakan perawatan beton agar tidak terjadi keretakan struktur pada usia beton yang masih muda. Hal tersebut dilakukan dengan cara menyiram beton secara berkala (curring) dan permukaan beton dilindungi menggunakan karung basah agar tidak terkena panas matahari secara langsung.

  1. Pekerjaan Finishing Cor Beton Kolam Renang

Setelah umur beton mencapai 28 hari maka diadakan uji kuat tekan beton menggunakan alat Concrete Hammer Test untuk yang bisa digunakan untuk mengetahui mutu dari hasil beton tersebut. Dari hasil uji akan diketahui apakah sudah memenuhi syarat yang direncanakan atau belum. Jika mutu beton di bawah yang disyaratkan maka harus diadakan penambahan struktur baru atau pekerjaan beton tersebut dibuat ulang.

Langkah terakhir yaitu finishing pemasangan keramik/mozaik kolam renang. Namun sebelum itu perlu dilakukan tes rendam beton untuk memastikan tidak ada kebocoran sekecil apapun. Tes rendam dilakukan selama 2×24 jam. Jika ada rembesan sekecil apapun maka perlu dilkaukan tindakan waterproofing lanjutan, bisa dengan sistem grouting/injeksi. Jika kebocoran sudah tidak terdeteksi maka kolam aman untuk diisi air dan digunakan.

 

 

WhatsApp chat