DEKORASI BASEMENT MENJADI MENARIK

Jasa Arsitek – Basement rumah yang dibiarkan begitu saja bisa kita dekorasi menjadi ruangan yang menarik. Basement atau ruang bawah tanah yang dimiliki rumah kita bisa maksimalkan fungsinya.

Mendekorasi ulang basement tidak terlalu sulit, cukup tambahkan beberapa furniture serta memperhatikan pencahayaan ruangan agar tidak lagi gelap, maka basement yang dulunya menyeramkan bisa berubah menjadi ruang favorite penghuni rumah. Berikut 5 cara mengubah basement menjadi menarik.

1. Perhatikan penggunaan jendela

Hasil gambar untuk jendela basement

Jendela pendek yang khas ruang bawah yang memang jarang terlihat baik, tapi setidaknya memberikan sedikit cahaya alamai ke dalam ruang basement. Agar lebih baik, Anda bisa gunakan jendela khas romawi yang terkenal tingi-tinggi. Cahaya matahari dan bulan pun akan menyoroti ruang dengan alami.

2. Buat lebih menarik

Hasil gambar untuk basement unik

Untuk mengilangkan kesan seram dari ruang bawah tanah, Anda dapat buat ruang menarik lebih menyenangkan dan menarik. Tambahkan meja ping-pong, home cinema, atau meja bar ke dalamnya. Tidak ada salahnya melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan untuk ruang di dalam rumah.

3. Furniture Rendah

Hasil gambar untuk basement furniture rendah

Karena langit-langit ruang basement biasanya rendah, maka cara terbaik untuk menipu mata aagar tampak lebih tinggi adalah dengan menggunakan furnitur yang rendah. Bantal lantai dengan meja rendah, pilihan furnitur yang tepat.

4. Gunakan sesuai fungsi

Hasil gambar untuk basement furniture rendah

Sebagain besar ruang di hunian memiliki fungsi yang jelas, seperti kamar tidur untuk tidur dan dapur untuk memasak. Namun, lain hal dengan ruang bawah tanah yang tidak memiliki fungsi yang jelas. Pertama, pikirkan dulu akan digunakan apa ruang tersebut. Apakah untuk ruang TV, ruang bermain, atau ruang hiburan? Pikirkan bagaimana menggunakan ruang serta menghiasnya, sehingga membuat basement menarik secara visual sekaligus fungsional.

5. Gunakan focal point

Hasil gambar untuk basement focal point

Ruang bawah tanah yang besar, membuat furnitur seringkali luput dari perhatian. Oleh karena itu, tentukan satu titik fokus yang jelas di ruang tersebut. Bisa berupa potongan karya seni besar, bar atau lukisan mencolok. Pastikan focal point tersebut tampak jelas saat Anda menuruni tangga menuju basement.

Nah, tadi 5 cara mengubah basement menjadi lebih menarik dan layak huni di rumah. Bisa mengkreasikan ide-ide kalian tetapi jangan berlebihan ya. Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat