Desain Cerobong Asap

Desain Cerobong Asap – Mungkin di Indonesia belum banyak rumah yang menggunakan cerobong asap sebagai pelengkap desain interior rumah mereka. Cerobong asap biasanya identik dengan rumah di wilayah dengan 4 musim. Dan berikut adalah beberapa desian cerobong asap, bagi anda yang akan menggunakan cerobong asap pada rumah anda, simak yuk artikel dibawah ini!

Cerobong Asap Berbahan Batuan untuk Ruangan Bergaya Rustic

Kehadiran cerobong asap lengkap dengan perapian berbahan batu alam yang dipadukan dengan batu bata sangat cocok untuk melengkapi ruangan dengan gaya rustic. Biasanya cerobong asap dengan desain seperti ini terbuat dari susunan batu bata di sisi dalamnya, sementara batu alam dengan potongan alami digunakan sebagai pelapis alias finishing di sisi luar.

Cerobong Asap Menempel pada Kolom Bangunan

Siapa bilang cerobong asap akan memakan banyak tempat di rumah? Itu bergantung pada desain cerobong asap yang kamu pilih. Cerobong asap yang satu ini bisa membuat ruangan terlihat luas karena desainnya yang ramping. Desainnya yang simpel sangat pas untuk arsitektur rumah minimalis yang sangat mengutamakan fungsi.

Cerobong Asap Gantung di Tengah Ruangan

Seiring perkembangan, saat ini cerobong asap nggak lagi tersembunyi di dalam dinding. Banyak yang malah mengekspos cerobong asap. Nggak tanggung-tanggung, cerobong asap yang terekspos secara jelas berada tepat di tengah ruangan dengan desain menggantung.

Bobot material perapian dan cerobong asap yang nggak terlalu berat menjadikannya tetap aman dipasang mengggantung. Cerobong asap gantung di tengah ruangan ini bisa menjadi patokan titik sentral pada ruangan.

Cerobong Asap dengan Perapian Transparan

Seiring perkembangan teknologi, bahan baku perapian di rumah modern saat ini bukan cuma mengunakan kayu bakar atau arang lagi. Nggak sedikit yang menggunakan gas atau malah energi listrik untuk menyalakan api.

Selain bahan baku untuk menyalakan api, bahan baku untuk membuat perapian dan cerobong asap pun semakin bervariasi. Misalnya saja perapian dan cerobong asap berbahan kaca bening. Cerobong asap yang satu ini pas banget jika dipadu padankan dengan furniture berbahan kaca.

Cerobong Asap Sekaligus Penyekat Ruang

Saat ini banyak banget rumah-rumah yang meminimalisir batasan dengan memakai sekat-sekat ruangan. Variasi partisi minimalis yang unik digunakan, misalnya saja kabinet, rak buku, atau malah cerobong asap plus perapian berbentuk persegi panjang di antara dua ruangan.

Cerobong asap dengan perapian horizontal berfungsi sebagai penyekat ruangan yang membuat pemilik rumah mampu menghangatkan dua ruangan sekaligus di dalam rumah. Keren kan?

Cerobong Asap dengan Perapian di Sudut Ruangan

Biasanya, cerobong asap dan area perapian ditempatkan di dinding bagian tengah ruangan. Tapi nggak ada salahnya menempatkan cerobong asap dan perapian di sudut ruangan. Desain perapian sekaligus cerobong asapnya pun bisa dikreasikan mengikuti konsep ruangan. Jika ingin tampilan yang unik pada ruangan, perapian dan cerobong asap bisa dibuat berbentuk menyerupai limas atau prisma trapesium, misalnya.

Cerobong Asap Dikelilingi Sofa Melingkar

Desain ruangan dengan cerobong asap yang satu ini nggak kalah unik. Mengingat area perapian dan cerobong asap biasanya kerap dijadikan sebagai tempat berkumpul sambil menghangatkan diri di tengah cuaca dingin, desain yang satu ini memang pas banget untuk diterapkan.

Sofa empuk berbentuk lingkaran yang ditempatkan mengelilingi cerobong asap gantung dengan perapian di bagian dasarnya ini terlihat apik, apalagi jika area sofa melingkar dibuat berbeda level ketinggiannya dengan area di sekitarnya.

Perapian Horizontal Tertanam di Dinding

Sekilas, desain perapian yang satu ini mirip dengan desain perapian konvensional pada umumnya. Yang menjadikannya berbeda adalah penempatan perapiannya yang berada di bagian tengah dinding. Ketika api di bagian perapiannya dinyalakan, kamu seolah memiliki lukisan api tiga dimensi yang menarik untuk dilihat. Unik kan?

WhatsApp chat