Desain Interior Mushola Di Dalam Rumah

Desain Interior Mushola Di Dalam Rumah – Konsep desain rumah seringkali diadakan dan dibangun mushola pribadi minimalis. Mushola seringkali hanya diisi dengan mukena, sarung, serta peralatan ibadah lainnya. Jarang sekali jika dibuat se menarik mungkin dengan menggunakan interior yang dapat memanjakan mata. Untuk mendapatkan suasana mushola yang nyaman sebaiknya perhatikan tips berikut ini.

 

1. Mushola Dengan Sirkulasi Udara Dan Cahaya Yang Alami

Mushola dengan sirkulasi udara dan cahaya yang alami

Bagi anda yang saat ini ingin membuat mushola, anda tidak harus membuat jendela dengan ukuran yang besar karena anda bisa mengikuti desain mushola yang akan kami jelaskan berikut ini. Salah satu cara untuk membuat desain interior mushola anda menarik adalah dengan membuat pencahayaannya sendiri dan juga membuat sirkulasi udara yang alami tanpa harus menggunakan AC. Ketika anda menggunakan sirkulasi udara alami, maka akan membuat ruangan mushola tersebut nampak lebih segar.

Dengan begitu, anda maupun keluarga dan bahkan teman-teman anda bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Bahkan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kekhusu’an ketika beribadah. Selain itu, dengan memanfaatkan cahaya matahari, maka anda bisa menghemat penggunaan listrik ketika pagi dan siang hari. Dan juga kami menyarankan agar anda tidak sampai menempatkan jendela searah dengan kiblat.

2. Mushola Dengan Warna Yang Lembut

Mushola dengan warna yang lembut

Mushola yang diberikan sentuhan warna-warna lembut akan membuat suasana di dalam mushola menjadi lebih menyenangkan dan menenangkan. Warna lembut yang bisa anda manfaatkan untuk membuat desain interior mushola menjadi menarik yaitu putih dan juga krem, khususnya bagi anda yang memiliki mushola minimalis. Dengan memanfaatkan warna-warna lembut, maka hal ini secara tidak langsung juga akan memberikan kesan bahwa mushola anda tampak lebih luas.

Dan juga, ketika anda menggunakan warna-warna yang lembut, maka ia akan memantulkan cahaya matahari maupun juga lampu sehingga akan membuat mushola anda menjadi lebih terang. Dan hal ini akan sangat bermanfaat ketika anda sedang membaca Al-Qur’an.

3. Mushola Dengan Furniture Simpel

Mushola dengan furnitur simpel

Salah satu desain rumah minimalis adalah menggunakan furniture yang simpel, dimana hal ini juga berlaku bagi anda yang memiliki mushola dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Untuk membuat mushola minimalis anda tetap memiliki desain interior yang menarik. Anda bisa menambahkan furniture simpel, namun tetap memperhatikan konsep mushola buatan anda.

Salah satu furniture yang kami sarankan adalah furniture yang memiliki kabinet terbuka maupun juga berpintu kaca. Hal ini yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan Al-Qur’an, mukenah, maupun juga sajadah. Dengan menggunakan kabinet jenis ini, maka akan membuat ruangan mushola anda tampak lebih lapang dan juga nanti anda bisa menambahkan rak dinding untuk tempat pajangan islami.

4. Mushola Minimalis Dengan Dekorasi Dari Material Alam

Mushola minimalis dengan dekorasi dari material alam

Salah satu dekorasi interior mushola dalam rumah yang juga bisa anda lakukan adalah dengan mengkombinasikan batu dan kayu yang akan membuat mushola anda semakin nyaman.

Dan juga bisa membantu meningkatkan kekhusu’an ketika beribadah. Kombinasi dari kedua bahan ini akan membuat mushola anda tampak lebih modern. Namun tetap tidak menghilangkan kesan familiar di dalam ruangan sehingga tetap akan membuat mushola anda menarik dan enak dipandang.

5. Dekorasi Mushola Dinding Islami

Dekorasi mushola dinding islami

Untuk membuat mushola anda semakin menarik, anda bisa menambahkan beberapa dekorasi islami. Misalnya seperti dinding yang bertuliskan “Allah” atau “Muhammad” maupun juga bisa menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan membuat dekorasi seperti ini, maka mushola anda akan terlihat lebih religius yang tentu saja akan memberikan ketenangan ketika anda shalat maupun juga berdzikir. Atau anda bisa menggunakan cara membuat hiasan dinding sendiri dirumah.

Dan bagi anda yang memiliki mushola minimalis, kami tidak menyarankan anda menggantung semua kaligrafi. Anda hanya perlu memilih satu atau beberapa kaligrafi yang menurut anda paling baik dan sesuai dengan konsep mushola anda. Pelajari pula cara membuat jendela bersekat enam yang akan tampak indah jika menghiasi mushola anda.

6. Mushola Dengan Rak Dekoratif

Mushola dengan rak dekoratif

Menambahkan rak dekoratif juga bisa menjadi salah satu desain interior mushola dalam rumah yang bisa anda pilih. Dengan menempatkan rak yang langsung bisa menempel pada dinding, maka akan membuat mushola anda lebih menarik dan memberikan kesan unik.

Namun, kami tidak menyarankan anda untuk mengisi rak tersebut dengan barang-barang yang malah sampai membuatnya penuh. Isilah rak-rak tersebut dengan barang-barang secukupnya yang memang sesuai dengan ukuran rak tersebut.

7. Mushola Dengan Hiasan Lampu Dinding

Mushola dengan hiasan lampu dinding

Lampu dinding yang ditempatkan di mushola juga bisa menjadi salah satu alternatif yang anda pilih untuk membuat mushola anda semakin mengagumkan. Perlu anda tahu jika anda memberikan cahaya yang terlalu lembut, maka bisa mengganggu anda ketika membaca Al-Qur’an karena mata anda akan sakit. Namun, jika cahaya tersebut terlalu terang, malah bisa membuat ruangan menjadi lebih panas.

Maka dari itu, pastikan dulu apakah cahaya pada lampu anda sesuai dengan mushola anda atau tidak. Disarankan untuk memberikan lampu LED karena akan lebih hemat dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

8. Mushola Dengan Langit-langit Yang Tinggi

Selain hiasan dinding, membuat langit-langit yang tinggi pada mushola anda juga perlu dilakukan. Hal ini bertujuan akan memberikan kesan bahwa mushola anda cukup luas dari perkiraan orang yang datang untuk beribadah. Selain itu, anda juga harus memperhatikan warna pada langit-langit tersebut dan disarankan untuk menggunakan warna putih karena akan membuat mushola anda tampak lebih bersih dan lebih luas.

9. Mushola Dengan Karpet Mozaik

Menempatkan karpet dengan motif mozaik juga bisa menjadi solusi bagi anda yang saat ini bingung menentukan konsep desain interior untuk rumah. Karpet mozaik akan memberikan konsep modern yang juga bisa menjadi salah satu cara melindungi karpet dari debu.

10. Mushola Dengan Dinding Kaca

Desain interior mushola dalam rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan dinding kaca. Dinding kaca juga sangat bermanfaat untuk pencahayaan sehingga tidak harus menyalakan lampu, bahkan di waktu mendung sekalipun. Atau jika ingin menggunakan gorden ada beberapa cara membuat gorden yang kami sarankan.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat