Desain Pagar Rumah Jepang

Desain Pagar Rumah Jepang – Pagar merupakan sebuah pengaman pada rumah, dengan sistem keamanan yang tepat rumah menjadi lebih aman. Serta pagar juga bisa menjadi pelengkap keindahan eksterior rumah. Model pagar pun sudah sangat bervariasi saat ini, tergantung dengan bahan, bentuk, desain dan jenis pagar. Salah satunya desain pagar rumah Jepang yang saat ini banyak digemari. Kira-kira seperti apa ya? Mari simak bersama yuk!

  1. Pagar Kayu Minimalis

Model pertama yang bisa Anda contoh adalah sebuah pagar kayu minimalis yang tampak sederhana tapi juga mewah. Model pagar ini sangat sesuai untuk rumah minimalis sederhana yang hanya memiliki bangunan satu lantai. Pagar kayu disusun dengan bentuk vertikal yang hanya menutupi sebagian eksterior rumah saja. Kemudian pada bagian atasnya diberi penutup kayu yang disusun menjadi bentuk kotak dan berlubang pada bagian tengahnya. Fungsinya adalah untuk membantu pemilik rumah dan tamu bisa saling melihat sebelum membuka pintu pagar. Pintu pagar utama diberi tanda seperti gapura sederhana dengan bentuk atas menyerupai atap kuil.

  1. Pagar Bambu dan Kayu

Konsep menggunakan pagar bambu dan kayu sangat sesuai untuk rumah yang menggunakan konsep alami. Misalnya rumah yang dikelilingi dengan kebun atau taman. Jika Anda memiliki lahan yang sempit maka bisa membuat taman minimalis di lahan sempit. Langkah pertama setelah itu adalah membuat pondasi pagar dari bahan batu alam. Lalu merancang pagar yang terbuat dari bambu tua utuh yang disusun secara vertikal. Anda bisa mengatur ketinggian pagar sesuai ukuran rumah Anda. Setelah itu pada bagian atas pagar diberi kombinasi kayu tua yang juga berfungsi sebagai rangka pagar. Untuk membuat pagar lebih kuat pada sepanjang pagar diberi bambu yang diikat dan disusun secara horisontal.

  1. Kombinasi Kayu dan Gapura Beton

Jika Anda memiliki rumah dengan konsep modern dan tradisional ala Jepang maka Anda bisa memilih pagar dengan kombinasi kayu dan gapura beton. Konsep ini sangat sesuai untuk model rumah dengan bentuk minimalis ataupun sedikit lebih luas. Hanya saja untuk pagar ini tetap harus memiliki taman sederhana di sekitar rumah. Hal yang sangat unik dari model pagar kayu ini adalah susunan kayu yang dirancang secara horisontal namun dengan ukuran panjang yang tidak sama rata. Kemudian beton sebagai tiang utama pagar juga digunakan untuk pintu masuk. Di bagian tiang beton ini juga bisa diberi hiasan seperti tempat bunga atau tempat lampu.

  1. Model Kombinasi Kayu dan Besi Hollow

Jenis desain pagar yang lain adalah model dari besi hollow dan kombinasi kayu. Inspirasi jenis pagar ini menggunakan pagar besi hollow sebagai kerangka utama. Kemudian pada bagian tengahnya diisi dengan pagar kayu yang disusun secara vertikal. Untuk ketinggian pagar bisa disesuaikan dengan ketinggian rumah. Anda juga bisa memilih salah satu dari desain pagar besi hollow minimalis. Hanya saja untuk menunjukkan ciri khas Jepang maka pada bagian pintu masuk diberi tiang pagar yang lebih tinggi dan membentuk pintu masuk seperti pagar utama kuil Jepang.

  1. Pagar Kayu Dua Pintu Minimalis

Jika Anda ingin membuat desain pagar minimalis yang sangat sederhana namun tetap menggunakan konsep Jepang maka Anda bisa membuat pagar ini. Desain pagar ini dibuat sangat minimalis dengan hanya menggunakan dua susun pintu sederhana. Pagar besi hollow sebagai kerangka utama. Kemudian ukuran pagar dibuat lebih tinggi sampai menutupi dinding rumah. Kemudian di bagian tengah pagar diisi dengan kayu yang disusun secara horisontal. Untuk membuka pagar cukup mudah karena dengan mendorong sisi pagar untuk akses kecil. Untuk pintu masuk mobil maka kedua pagar harus dibuka semuanya.

  1. Kombinasi Batu, Kayu dan Besi Hollow

Konsep pagar Jepang biasanya memang tidak jauh dari sumber alam. Hal ini sesuai untuk filosofi budaya Jepang yang ingin mendapatkan ketenangan dari alam semesta. Karena itu Anda bisa membuat pagar minimalis sederhana yang khusus untuk rumah dan pagar berjarak agak jauh. Pondasi pagar terbuat dari batu alam sederhana yang tidak dirancang dengan bentuk khusus. Kemudian kayu yang kuat digunakan sebagai tiang utama pagar. Besi hollow yang disusun secara horisontal akan menambah kesan sedikit modern. Dengan tampilan ini maka rumah menjadi sangat menarik.

  1. Kombinasi Pagar Bambu dan Dekorasi Jepang

Jika Anda memiliki rumah dengan satu akses pintu masuk maka bisa menggunakan model ini. Seluruh area rumah ditutup dengan pagar tinggi dari dinding semen yang ditutup lagi dengan pagar bambu. Kemudian untuk bagian pintu masuk diberi hiasan seperti pagar lipat yang terbuat dari rangka kayu dan kaca khusus. Karena ini hanya sebagai aksen dekorasi saja maka diperlukan pagar terluar yang tersusun dari bahan bambu. Model pagar ini sangat mirip seperti pintu masuk rumah kuno Jepang. Desain ini akan lebih sempurna jika pada bagian halaman langsung ditutupi dengan rumput Jepang. Jangan lupa untuk melakukan cara merawat rumput Jepang yang tepat.

 

  1. Pagar Kayu Tua dan Bonsai

Model pagar yang lain adalah jenis pagar dari kayu tua yang dibentuk dengan hiasan bonsai. Pagar ini tetap menggunakan pondasi dari batu alam namun dengan potongan yang lebih rendah. Kemudian pada bagian atasnya dipasang kerangka pagar dari kayu tua yang sudah berwarna seperti kayu lapuk. Setiap bagian pagar diberi pelindung seperti atap dari jerami atau susunan bambu. Lalu di sisi pintu pagar di beri sebuah batu yang diberi bonsai alam sederhana.

Itulah beberapa inspirasi desain pagar rumah Jepang bentuk minimalis. Anda bisa mencontoh desain ini dan sesuaikan dengan anggaran pembangunan rumah serta bentuk rumah Anda.

 

WhatsApp chat