Desain Ruang Kerja Di Kamar Tidur

Desain Ruang Kerja Di Kamar Tidur – Kamar tidur merupakan ruangan dimana kita beristirahat untuk mengembalikan seluruh energi. Maka dari itu, desain ruangan akan sangat mempengaruhi. Desain lah kamar yang dapat merelaksasikan dan menghilangkan tekanan. Nah, desain kamar tidur yang disatukan dengan ruang kerja akan ternyata memiliki manfaat lho! Suasana yang tenang dan nyaman akan memungkinkan Anda untuk lebih berkonsentrasi pada aktivitas kerja. Berikut adalah beberapa desain ruang kerja jadi satu dengan kamar tidur. Mari simak bersama yuk!

Skema Warna Ruangan

Orang-orang dari zaman kuno dahulu memperhatikan bahwa warna dengan jenis tertentu bisa memengaruhi kejiwaan manusia. Sebagai contoh, warna merah, oranye, dan kuning memiliki efek merangsang, dan warna biru bisa membuat lebih rileks. Untuk kamar tidur yang ingin Anda kombinasikan dengan ruang kerja atau ruang belajar, akan lebih baik diaplikasikan dengan warna-warna terang dan netral. Sebagai contoh, referensi warna berikut bisa Anda pilih untuk ruang tidur yang menyatu dengan ruang kerja.

  • Warna Abu-abu

Warna yang satu ini merupakan pilihan yang cocok untuk menggabungkan dua zona ruangan. Warna ini merupakan pilihan baik untuk kesan visual dan psikologi, ditambah lagi dengan latar belakangnya yang bisa dengan mudah menyembunyikan kekurangan ruangan atau menyoroti detail interior yang signifikan.

  • Warna Zaitun atau Olive

Zaitun merupakan pilihan warna lain yang bisa juga dibilang menenangkan. Warna zaitun ini menyeimbangkan keadaan emosional yang dapat mengurangi stres. Saat memilih warna ini, Anda harus mengetahui dan mempertimbangkan juga beberapa ciri dari warna ini seperti kemampuannya untuk menyerap kondisi cahaya. Untuk itu, pemilihan pencahayaan juga harus tepat, dimana akan lebih baik jika Anda tidak memilih dekorasi yang gelap karena dapat mengubah ruangan menjadi suram, layaknya rawa-rawa.

  • Warna Krem

Warna ini merupakan pilihan yang sangat bagus untuk ruangan dengan ukuran kecil, karena dapat memberi kesan luas terhadap ruang secara visual. Warna ini memiliki dampak emosional yang baik seperti meningkatkan rasa kepercayaan diri. Warna ini juga akan cocok jika dikombinasikan dengan warna putih untuk menciptakan visual yang santai serta kesan yang damai.

Selain itu, untuk menyatukan warna-warna pastel  dalam ruangan, Anda juga dapat menggunakan inspirasi warna dari beberapa dekorasi interior. Sebagai contoh, meja samping tempat tidur dengan kursi kerja dan lampu di meja oranye yang menjadikan ruang memiliki komposisi harmonis, modern, dan orisinil.

Pemilihan Zona di Kamar Tidur

Untuk mengoptimalkan ruangan, penting untuk memposisikan furniture yang akan membentuk area kerja dan ruang tidur dengan tepat. Tata letak ruangan yang dirancang dengan baik akan memungkinkan zona masing-masing yang tetap fungsional, seperti untuk memastikan aktivitas kerja yang bisa produktif dan suasana tidur yang nyaman.

Area Tidur

Untuk area ini sendiri lebih baik untuk menempatkan tempat tidur di sudut kamar yang berlawanan dengan jendela atau di bagian paling gelap dari ruangan. Sangat penting untuk memposisikan ranjang di tempat yang paling memungkinkan Anda untuk mendapatkan istirahat yang maksimal.

Area Kerja di Kamar Tidur

Area kerja di kamar tidur lebih baik dilokasikan di dekat atau menempel dengan jendela. Penerangan yang layak akan membantu menciptakan kualitas kerja maksimal bagi Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan solusi yang fungsional dengan menggabungkan posisi jendela dengan komputer Anda, hal ini akan lebih menghemat ruang yang terpakai dan memisahkan zona tidur dan kerja.

Pilihan lain untuk lokasi tempat kerja di kamar tidur adalah membuat koneksi dengan furniture fungsional seperti rak, lemari atau meja. Solusi semacam ini bisa menyembunyikan area kerja dan menciptakan aksen utama ruangan sebagai kamar tidur. Misalnya, tempat kerja sebagai bagian dari interior kabinet.

Elemen Interior pada Ruangan

Detail pencahayaan dan interior tambahan sangat penting dalam visual ruangan, selain warna dan furniture yang ada di dalamnya. Sewaktu Anda memilih warna-warna inspiratif untuk hasil akhir keseluruhan ruangan, Anda juga harus menambahkan komposisi yang kaya dengan detail, seperti penggunaan material ruangan dan jenis furniture.

Memiliki tempat kerja yang fleksibel bukan lagi hal yang sulit di zaman sekarang, terutama jika Anda ingin mengaplikasikannya di kamar tidur. Jadi apalagi yang Anda tunggu? Yuk, buat ruang kerja di kamar tidur Anda yang tetap mengutamakan esensi kenyamanan dan fleksibel!

WhatsApp chat