Desain Rumah Etnik Modern

Desain Rumah Etnik Modern – Desain minimalis memang menjadi favorit banyak orang. Tapi, rumah etnik tidak harus berdinding kayu dan beratap rumbia. Akan sangat lebih indah lagi jika menggabungkan antara desain etnik modern dengan desain minimalis. Jika anda masih belum memiliki bayangan, berikut kami berikan beberapa inspirasi desainnya.

Teras depan dan depan rumah

Rumah dengan nuansa etnik yang kental tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal, misalnya untuk membuat pintu dan jendela berukir di bagian depan rumah. Karena itu, tidak perlu memaksakan diri untuk benar-benar memiliki rumah etnik. Rumah bergaya minimalis dengan lantai tegel vintage, pintu kayu, serta dinding yang ditempeli batu alam pun bisa terlihat etnik chic.

Kalau dana Anda mencukupi, pintu rumah dan pagar teras berukir seeprti ini boleh dicoba. Konsultasikan dulu dengan desainer Anda.

Ruang tamu

Ruang tamu mesti dibuat senyaman mungkin. Meski tanpa aksesoris ruangan ‘berbau’ etnik, rumah nuansa etnik minimalis bisa diperoleh dengan memilih sofa dan meja kopi dari kayu yang berukir seperti foto-foto di bawah.

Agak lain dengan desain ruang tamu mewah ini, yang dilengkapi dengan sofa besar, lampu meja, dan chandelier yang sama sekali tidak etnik, namun memiliki sarung bantal batik.

Kamar tidur

Dari kamar tidur ini, unsur etniknya hanya didukung oleh pmilihan drawer dan hiasan dinding. Headboard-nya berupa sculpture dari logam. Bilah-bilah kayu di langit-langit menambah kesan tradisional dan earthy.

Ruang kerja

Kesan etnik tidak harus dengan pemilihan furnitur yang sebra berukir. Warna-warna hangat dan tanaman tropis pun sudah cukup mewakili kesan homey khas Indonesia.

Berbeda dengan ruang kerja ini yang menonjolkan 2 topeng tribal raksasa di dinding belakang serta berbagai bentuk kerajinan di meja samping.

Ruang keluarga

Motif pun membawa karakter etnik di dalam rumah. Penggunaan hiasan dinding, sarung bantal, karpet, maupun tempat duduk bermotif lukisan tradisional akan menyulap interior Anda seperti vila di Bali.

Dapur dan ruang makan

Lampu tradisional khas Jawa ini merupakan karakter kuat rumah bergaya etnik tradisional. Meski demikian, lampu gantung yang sangat khas ini tetap serasi bila disandingkan dengan rumah modern, selama tidak terlalu kontras dengan gaya etniknya.

Halaman tengah atau belakang

Rumah etnik di Indonesia sangat dekat dengan alam: tanaman-tanaman tropis dan kolam ikan. Kalaupun halaman Anda tidak luas, usahakan agar tetap ada kolam ikan mini dan rangkaian tanaman penghias yang bisa menyegarkan suasana.

Kamar mandi

Karakter etnik tidak hanya diperoleh dari pemilihan furnitur dan aksesoris ruangan saja, tapi juga bisa dari pemilihan material. Salah satunya adalah material atap rumbia di kamar mandi mewah ini. Tapi bagi yang dananya terbatas, cukup gunakan keramik kamar mandi vintage dan cermin jadul.

Rumah etnik modern tidak selalu didominasi warna coklat gelap, beige, dan krem. Anda juga tetap bisa menggunakan warna kesayangan, misalnya warna putih. Tapi, pastikan warna tersebut tetap serasi dengan furnitur dan aksesoris etnik yang didominasi warna coklat dan krem. Untuk interior eklektik, nuansa etnik bisa dipadukan dengan gaya lainnya misalnya Scandinavia, retro, minimalis, dan bahkan industrial. Manfaatkan karpet etnik untuk rumah minimalis jika ingin membuat rumah Anda memiliki unsur tradisional.

WhatsApp chat