Dinding Rumah Anda Rontok? Ini Penyebabnya Dan Cara Mengatasi

Penyebab Tembok Rontok – Kekokohan rumah bisa kita lihat dari dinding. Jika dinding retak atau mengembung bahkan sampai rontok dibiarkan terus menerus, ditakutkan dapat membuat rumah mudah roboh. Kemudian apakah penyebab dari tembok yang rontok itu? Mari kita simak bersama.

Permasalahan 1

Saat anda memperhatikan dinding rumah anda dan melihat retakan bercabang selebar kurang dari 1mm, itulah yang disebut dengan retak tembok. Retak tembok biasanya terjadi karena beberapa penyebab; diantaranya adalah kualitas semen yang kurang baik dan pengerjaan plesteran, komposisi adukan semen, pasir dan air kurang tepat.

Permasalahan 2

Bukankah sangat mengecewakan saat dinding cantik yang sudah diplester, diaci dan dicat, tidak bertahan lama karena rontok? Campuran pasir dan semen terjatuh dari bagian dinding yang rontok, lalu memperlihatkan lapisan plesteran yang kopong.

Kondisi dinding rontok seperti ini umumnya akibat tidak tepatnya komposisi adukan plesteran yang dibuat tukang saat membangun dinding. Misalnya air pada adukan semen dan pasir lebih banyak dari yang seharusnya. Dinding rontok juga bisa diakibatkan plesteran yang tidak tercampur secara merata. Jika dalam membuat plesteran, pasir yang digunakan diambil dari sungai dengan kandungan tanah liat tinggi, pasir berkualitas rendah ini akan menyebabkan plesteran dinding menjadi rontok nantinya.

Kemudian dari masalah yang ada, bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi

  1. Kupas seluruh dinding yang rontok tadi dengan menggunakan pahat beton.
  2. Bersihkan dinding yang sudah dikupas dengan menggunakan air atau dikerok sampai bekas plesteran lama terbuang semuanya.
  3. Lakukan plesteran kembali dengan menggunakan adukan yang baik dan sesuai standar (standar perbandingan seman dan pasir dalam adukan plesteran yang baik adalah 1:5)
  4. Lakukan acian apabila plesteran sudah benar-benar kering.
  5. Terakhir, Anda dapat mengecat lapisan plester baru itu dengan warna yang sesuai permukaan dinding lainnya.

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat