Fungsi Basement Rumah

Fungsi Basement Rumah – Basement pada rumah bisa dimanfaatkan menjadi ruangan yang lebih bermanfaat dan menarik lho. Akan sangat disayangkan jika hanya digunakan untuk gudang saja. Lalu, kira-kira basement bisa dijadikan tempat apa aja sih? Yuk, mari simak artikel berikut!

 

  1. Basement rumah sebagai tempat parkir atau garasi

Menggunakan basement rumah sebagai tempat parkir kendaraan pribadi kita sudah sangat umum digunakan. Garasi yang terletak pada bagian basement rumah ini selain menghemat lahan rumah, juga lebih efektif dalam pemanfaatanya. Memudahkan kita untuk sekedar memeriksa kendaraan serta keamanan kendaraan kita lebih terjaga.

  1. Sebagai ruang penyimpanan atau gudang

Basement rumah juga sering kali di desain untuk ruang penyimpanan atau gudang barang. Tidak selalu harus barang yang sudah tidak digunakan lagi, ruang penuimpanan juga dapat digunakan untuk menyimpan stok barang dari bisbis atau usaha kita. Menyimpan barang pada basement tentu juga lebih efisien dan lebih bisa dijangkau. Kita dapan memantau nya secara langsung dan keamanan nya pun lebih terjaga. Kita tidak perlu uang tambahan untuk menyewa gudang tambahan di luar rumah.

  1. Sebagai ruang olahraga

Beberapa orang yang memiliki desain rumah yang asri, memilih menjadikan basement rumah sebagai ruang olahraga. Dari olahraga senam, yoga, fitnes,  latihan tinju, hingga mendesain kolam renang pada basement rumah kita. Kita dapat menggunakan pencahayaan alami dari sudut ruang, akan menambah kenyamanan dan ketenangan ketika berolahraga di dalam basement rumah. Nuansa indoor sebagai tempat olahraga pribadi kita dan keluarga, selain hemat biaya ke studio olahraga tentu juga tidak perlu keluar rumah terlalu sering.

  1. Sebagai ruang kerja

Mendesain basement rumah sebagai ruang kerja juga dapat menjadi salah satu pilihan kita. Seringkali digunakan sebagai ruang perbaikan barang- barang rumah, tapi lama- kelamaan basement rumah justru disulap sebagai ruang kerja pribadi. Ruang kerja yang nyaman tentu dapat kita dapatkan tanpa perlu menyewa ruang kerja diluar rumah. Misalnya musisi, pengarang lagu, penulis, dan lain sebagainya. Ketenangan dan kenyamanan berada di ruang basement memeng tidak perlu diragukan lagi.

  1. Sebagai studio penyalur hobi

Kita juga dapat mendesain basement rumah kita menjadi ruang studio penyalur bakat. Misalkan keluarga kita penggemar dancing atau menyanyi, atau bakat lainya. Kita dapat mendesain ruang basement menjadi studio untuk mengembangkan kreatifitas anggota keluarga kita. Selain hemat biaya, orang tua juga dapat memantau perkembangan anak kita.

  1. Sebagai ruang perpustakaan

Menyulap ruang basement menjadi ruang membaca dan perpustakaan juga dapat menjadi salah satu pilihan kita. Kumpulan buku yang tertata rapi pada rak- rak yang ada di basement yang tenang dan nyaman. Dapat kita tambahkan pula beberapa furniture pendukung, misalnya kursi yang nyaman untuk duduk dan membaca atau meja dan kursi satu set untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

 

WhatsApp chat