Fungsi Dari Struktur Rangka Atap

Fungsi Dari Struktur Rangka Atap – Atap berfungsi sebagai penutup sebuah bangunan. Pemasangan atap ini sangat penting untuk sebuah bangunan. Dilihat dari fungsinya, atap digunakan sebagai pelindung. Sebelum pemasangan atap tentunya membutuhkan rangka atau struktur untuk menopang atap – atap yang dipasang.

 

  1. Kuda – Kuda

    Kuda – Kuda memiliki fungsi yang sangat besar dalam pembuatan Rangka Atap . fungsi dari kuda – kuda adalah menopang semua tekanan yang ada pada rangka atap dan langsung menyalurkan nya ke struktur bangunan yang ada di bawah rangka atap . posisi kuda – kuda ada di ujung dan tengah rangka atap .

  2. Bubungan (Nok)

    Balok nok atau bubungan adalah struktur yang mengikat kuda – kuda satu dengan yang lainnya . posisi nya yang memanjang dan seusai dengan panjang rangka atap yang di bangun . biasa nya balok nok ini memiliki ukuran kayu 8/12 , 6/12 dan masih banyak lainnya

  3. Gording

    Gording adalah struktur tempat tumpuan dari struktur rangka atap lainnya seperti Reng , Usuk dan penutup atap . karena beban yang di berikan sangat besar maka bahan yang di perlukan sama besar nya dengan tekanan . biasa nya gording ini di buat dengan bahan kayu 8/12 . 6/12 dan lainnya .

  4. Usuk

    Usuk adalah struktur rangka atap yang menjadi tumpuan dari struktur rangka atap yang ada di atas nya dan menyalurkan tekanan ke struktur rangka atap lainnya . struktur yang ada diatas usuk adalah reng dan penutup atap yang memiliki tekanan langsung dari luar bangunan . posisi usuk memanjang dari ujung satu kuda – kuda satu sama lainnya .

    Bahan dari usuk adalah kayu kaso dengan ukuran 4/6 , 5/7 dan lain sebagainya .

  5. Reng

    Reng adaalh struktur rangka atap yang letak posisi nya tepat di bawah penutup atap . dan menyalurkan tekanan penutup atap ke struktur lain di bawah nya . reng juga memiliki fungsi sebagai tempat bersandar nya penutup atap . posisi reng tegak lurus ke atas berlawanan arah dengan Usuk . kayu yang biasa di gunakan adalah 2/4 , 4/6 dan lain sebagai nya .

  6. Penutup atap

    Penutup atap atau yang biasa kita sebut dengan genteng memiliki fungsi sebagai penahan tekanan yang di hasilkan cuaca , seperti tekanan angin dan tekanan air hujan saat hujan turun . banyak pilihan penutup rangka atap yang bisa jadi referensi yang akan anda gunakan ingin tau apa saja baca juga artikel ini Macam-Macam Jenis Genteng .

  7. Jurai

    Jurai adalah sambungan antar bidang atap satu dengan yang lainnya . namun jika rumah atau bangunan hanya lantai satu biasa hanya menggunakan satu bidang atap atau hanya menggunakan bubungan (Nok) . jurai ini hany berfungsi di rumah – rumah memiliki atap dengan lebih dari satu bidang .

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat