jasa arsitek malangHAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBANGUN KAMAR MANDI

Jasa Arsitek Malang – Kami Jasa Arsitek dan Kontraktor Malang yang menyediakan jasa bangun rumah, jasa gambar rumah, dan juga renovasi rumah. Bagi Anda yang sedang ingin membangun rumah, kantor, ruko, dan lain sebagainya. Percayakan kepada kami! Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI atau hubungi dengan kontak kami 0878 3475 4624. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah kamar mandi.

10 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membangun Kamar Mandi

1. Fungsi dan Kegunaan Furnitur

Ada yang menjadikan kamar mandi sebagai tempat cucian sekaligus, ada pula yang menjadikan kamar mandi hanya untuk bersih-bersih. Pikirkan tentang apa yang akan kamu lakukan di kamar mandi.

Kalau kamar mandi hanya digunakan untuk tempat cuci kecil (seperti cuci tangan atau cuci muka atau kamar mandi terpisah untuk tamu), nggak perlu furnitur besar di dalam kamar mandi.

2. Tentukan Lokasi Kamar Mandi

Lokasi Kamar Mandi

Posisi dari kamar mandi dalam sebuah rumah memiliki peranan penting terutama dalam hal efisiensi dan kegunaannya. Idealnya, kamar mandi harus berada di dekat ruangan lain dimana air sering digunakan seperti tempat mencuci dan dapur.

Hal ini akan sangat membantu instalasi sistem pemanas air yang juga harus dipasangkan dekat dengan ruangan yang sering menggunakan air. Semakin dekat perangkat sistem pemanas air dengan kamar mandi, semakin tinggi efisiensi penggunaan air.

3. Perhatikan Luas dan denah

Luas Kamar Mandi

Luas dari sebuah kamar mandi harus sangat diperhatikan. Jika terlalu luas, maka akan memakan ruang ruangan lainnya yang berdekatan. Oleh karena itu, buat sketsa kasar denah kamar mandi yang akan dibangun, meliputi arah pintu terbuka, apakah ke dalam atau ke luar. Jika pintu terbuka ke arah dalam, maka kamu akan kesulitan meletakan apapun di balik pintu.

4. Ketahui Jumlah Penghuni Rumah

Kamar Mandi Minimalis

Sebuah keluarga yang menggunakan kamar mandi memiliki kebutuhan berbeda dibandingkan dengan pasangan orang lanjut usia atau rumah yang hanya dihuni satu orang. Jadi, jumlah penghuni rumah akan mempengaruhi desain kamar mandi. Apakah memerlukan dua wastafel, shower, atau bathtub? Baca juga : Jasa Arsitek Malang

Peralatan kamar mandi pun harus disesuaikan dengan desain kamar mandi ya. Misalnya, desain kamar mandi minimalis idealnya memerlukan perabotan minimalis juga.

5. Memilih Perabotan Kamar Mandi yang Tepat

Perabot Kamar Mandi

Pemilihan perabotan dan perlengkapan kamar mandi juga harus diperhatikan lho. Melakukan pemisahan antara area kamar mandi kering dan area yang basah berguna untuk menentukan jenis material dari perabotan di kamar mandi. Di area kamar mandi yang basah misalnya, sebaiknya menggunakan furnitur dan peralatan kamar mandi yang tidak rusak meski terpapar air secara konsisten seperti keramik kamar mandi, marmer, dan besi anti karat (stainless stell).

6. Merencanakan Area Kering di Kamar Mandi

Area Kering Kamar Mandi

Area ini cenderung digunakan untuk kegiatan membersihkan badan yang tidak membutuhkan banyak air, seperti berias dan menyikat gigi. Area ini juga dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan mandi seperti sabun, handuk mandi, dan pengering rambut. Di area kamar mandi yang kering, pastikan terdapat cukup ruang penyimpanan peralatan seperti kabinet atau lemari.

7. Pertimbangkan Luasan Ruangan

Luasan Ruangan Kamar Mandi

Jika memiliki keterbatasan ruang di rumah untuk kamar mandi dan ingin membangun kamar mandi utama, yang bisa Anda lakukan agar kamar mandi tetap terasa luas adalah mengurangi pemasangan furnitur. Mengganti wadah penampung air dengan shower akan menghemat ruang, serta memasangkan wastafel di luar kamar mandi. Manfaatkan sliding door agar bagian belakang pintu bisa digantungkan kabinet untuk menyimpan peralatan lain.

8. Memperhatikan Lantai dan Dinding

Lantai Dinding Kamar Mandi

Material yang diaplikasikan pada kamar mandi harus tahan air, termasuk pula lantai dan dinding. Mengaplikasikan cat tembok biasa pada kamar mandi bukanlah pilihan yang tepat. Sebaiknya, kamu mengaplikasikan keramik pada tembok dan di area kamar mandi yang basah, dan wallpaper di area kering untuk mempercantik ruangan.

Disarankan mengaplikasikan lantai keramik yang beralur agar lantai tidak terlalu licin ketika berjalan. Jangan menggunakan material kayu untuk lantai kamar mandi karena mudah berjamur.

9. Menghitung Dana yang Dimiliki

Dana Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi yang cantik dan nyaman merupakan impian semua orang, akan tetapi tidak semua orang memiliki budget untuk menciptakannya. Jika kamu memiliki dana yang terbatas, penting untuk mengutamakan fungsi ketimbang elemen aestetis dari kamar mandi.

10. Pikirkan masa mendatang

Kamar Mandi

Hanya karena kamu tidak membutuhkan kamar mandi yang luas saat ini, bukan berarti untuk tidak memikirkan penggunaan kamar mandi di masa mendatang. Jumlah anggota keluarga mungkin akan semakin besar, akan membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk kamar mandi nantinya. Jadi, saat mempertimbangkan luasan kamar mandi, setidaknya pikirkan untuk 10 tahun ke depan.

Nah diatas adalah ulasan mengenai hal hal yang harus diperhatikan dalam membangun kamar mandi. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – JASA ARSITEK MALANG | JASA DESAIN RUMAH MALANGKONTRAKTOR MALANG | JASA BANGUN RUMAH MALANG merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat