Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Properti

                                        

Arsitek Malang – Apakah Anda sedang menjalani proses pembelian properti atau mungkin baru terpikirkan untuk melakukan pembelian properti. Maka perburuan properti ini bisa menjadi hal yang asing ataupun menakutkan bagi Anda yang belum paham. Namun selama Anda tahu yang diharapkan, hal tersebut tidak perlu ditakutkan lagi. Kami akan memberikan panduan singkat untuk membantu Anda mulai dari membeli properti hingga transaksi untuk mendapatkan hunian yang Anda inginkan.

Yang harus Anda diperhatikan adalah:

Jejak rekam pengembang tersebut.
Apakah pengembang tersebut anggota asosiasi yang diakui pemerintah, seperti misalnya Real Estate Indonesia (REI) atau Asosiasi Pengembang perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi)? Jika pengembang merupakan anggota asosiasi tersebut, Anda akan lebih mudah menelusuri dan meminta pertanggung jawaban si pengembang jika terjadi kasus penipuan atau peristiwa lain yang tidak diharapkan.

Status kepemilikan tanah.
Apakah tanah proyek tersebut telah memiliki sertifikat? Sebelum membeli properti, pastikan tanah tempat lokasi properti tersebut sudah dikuasai oleh pengembang dan memiliki sertifikat kepemilikan. Jangan sampai uang konsumen malah dijadikan alat untuk membiayai pengembang dalam pembebasan dan penguasaan lahan.

Bukti Surat Izin Penunjukkan Penggunaan Tanah (SIPPT)
Anda juga perlu memeriksa SIPPT dari pengembang sebagai bukti kredibilitas mereka. Surat ini adalah sebagai jaminan agar konsumen mempunyai kepastian membeli properti dengan obyek yang jelas (rumah atau apartemen) dan bukan untuk komersial

Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Selain SIPPT, Anda juga bisa memeriksa ketersediaan surat ini sebelum membeli properti. Pengembang tidak bisa membangun tanpa mengantongi IMB. Pastikan IMB induk atau IMB unit. Dua-duanya harus dimiliki pengembang.

Sejarah proyek pengembang sebelumnya
Apakah pengembang memiliki catatan keterlambatan pengiriman proyek kronis? Sudahkah pengembang memperoleh Sertifikat Hunian untuk proyek-proyeknya? Bagaimana pengalaman pelanggan secara keseluruhan terkait dengan pengiriman proyek oleh pengembang? Klaim pengembang tentang kemampuan pengiriman proyeknya sebagaimana dinyatakan di situs webnya bisa Anda telusuri lebih jauh. Anda dapat bertanya-tanya soal ini di situs-situs forum properti atau melihat kumpulan review terakreditasi mengenai properti impian Anda. Cari tahu soal lokasi, fasilitas dan aksesibilitas properti agar Anda memiliki ekspektasi mengenai properti yang akan Anda miliki nanti dan tidak menyesal saat telah memilikinya nanti.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *