Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Akan Membangun Ruang Bawah Tanah

Arsitek Malang – Ruang bawah tanah atau basement ini pada umumnya biasa digunakan dijadikan gudang. Umumnya jarang sekali rumah di Indonesia yang memiliki ruang bawah tanah. Tapi tidak sedikit juga yang punya ruangan ini. Jika anda ingin membangun rumah dengan ruang bawah tanah, maka wajib perhatikan 5 hal dibawah ini.

  1. Biaya Pembangunan

Sebelum membangun pastikan terlebih dahulu budget yang anda miliki cukup. Jangan sampai karena budget tidak cukup lalu menghambat pembangunan dan hal ini akan berakibat melemahnya kekokohan rumah.

  1. Perhatikan Bahan dan Material

Pilihlah fondasi yang kokoh yang dapat menopang beban seperti sheet pile, sebuah material terbuat dari baja setebal 15 sampai 17 cm. Karena ruangan ini berfungsi sebagai menopang beban dari tekan air dan tanah.

  1. Perhatikan Garis Sempadan

Garis sempadan adalah garis yang ditetapkan ketika sedang membangun rumah atau bangunan. Pastikan garis sempadan tidak menghalangi alat-alat yang terpasang di bawah tanah seperti kabel listrik, pipa air, akar pohon, dan sebagainya.

  1. Sirkulasi Udara

Agar ruang bawah tanah terhindar dari kelembapan ruangan yang tinggi, salah satu caranya adalah dengan membuat jendela kecil dibagian pojok dinding atau bisa juga dengan memasang exhaust fan agar udara dari luar bisa masuk ke dalam.

  1. Kelembaban Ruangan

Masalah yang sering terjadi pada ruang bawah tanah ini adalah kelembapan ruangan. Mengapa sering terjadi? Karena letaknya yang terhimpit oleh tanah dan pondasi rumah. Lalu bagaimana cara mengurangi kelembaban ruangan? Selain memberi jendela, anda juga bisa mengecat dinding menggunakan lapisan cat anti air agar dinding tidak basah saat hujan.

Contoh Desain Ruang Bawah Tanah

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA MERUPAKAN SOLUSI BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN RUMAH HUNIAN, KOST EKSLUSIF, APARTEMEN ATAU BANGUNAN LAINNYA. KONSULTASI GRATIS KLIK DISINI. HUBUNGI KAMI DI TELP : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat