Hindari Kesalahan Saat Akan Membeli Rumah

Arsitek Malang – Sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan agar proses pembangunan rumah berjalan lancar. Dan secara umum, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pembeli rumah. Dan berikut adalah kesalahan pembeli yang harus dihindari saat hendak membeli rumah.

Mengambil KPR dengan Tenor Tersingkat

Jika Anda berniat membeli rumah untuk tempat tinggal, pilihan cicilan KPR (kredit pemilikan rumah) tersingkat bukanlah hal yang tepat. Akan lebih baik bila Anda mengambil tenor yang cukup lama, sehingga Anda bisa mengatur keuangan untuk hal-hal lain yang juga penting. Dan agar lebih menghemat uang, Anda bisa saja memilih KPR yang menawarkan uang muka rendah, sehingga uang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Tapi semuanya memang kembali pada kemampuan finansial Anda, mengingat semakin lama masa cicilannnya maka akan semakin besar bunganya.

Melupakan Biaya Tersembunyi

Saat membeli rumah ada beberapa pengeluaran lain yang harus disiapkan seperti bea materai, biaya aplikasi, biaya legal, dan beberapa pajak lain. Untuk itu, hitung dengan cermat seluruh pengeluaran untuk membeli rumah, dan sesuaikan dengan kondisi keuangan. Anda dapat menanyakan kepada agen properti atau pengembang untuk mengetahui biaya-biaya tambahan tersebut.

Percaya dengan Perjanjian Lisan

Proses jual-beli rumah adalah transaksi besar di bawah payung hukum. Jadi, jangan sekali-kali percaya dengan janji yang diberikan penjual secara lisan. Semua harus tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak. Jika perlu, dibubuhkan materai. Meskipun perjanjian seputar hal-hal kecil, sebaiknya hal tersebut juga dituliskan dalam akta jual-beli. Anda juga dapat meminta penjual rumah menulis semua hal yang diberikan bersama rumah dan tanda tangani bersama. Jika Anda menganggap hal itu tidak terlalu penting, Anda bisa merekam seluruh pembicaraan yang berisi perjanjian tersebut.

Tidak Diasuransikan

Asuransi properti memang tampak sepele, tapi baru terlihat manfaatnya bila rumah Anda kebakaran atau hancur akibat bencana alam. Asuransi properti memiliki banyak manfaat, antara lain mengganti kerugian akibat rumah terbakar, tersambar petir, banjir, pencurian, dan sebagainya. Jika Anda tidak mau repot-repot membeli asuransi rumah secara terpisah, belilah rumah lewat fasilitas KPR yang otomatis memberikan asuransi.

Jadi, itulah beberapa  kesalahan yang harus dihindari saat akan membeli rumah. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat