Inspirasi Desain Dapur Terbuka

Inspirasi Desain Dapur Terbuka – Kegiatan memasak akan lebih menyenangkan jika mengaplikasikan konsep terbuka ini pada rumah anda. Membuat dapur terasa legih segar dan bisa menaikan mood anda. Lalu, seperti apa ya inspirasi desain dapur terbuka? Berikut akan kami berikan ulasannya. Mari disimak.

  1. Dapur terbuka dengan atap kaca

Areanya memang di luar ruangan, tapi bukan berarti dapur anda benar-benar berada di ruang terbuka. Desain dapur dengan atap kaca seperti ini cocok untuk anda yang masih bingung untuk mencoba konsep dapur terbuka.

Alih-alih membuka seluruh ruangan, anda bisa menata dapur di teras belakang dengan ikut menempatkan meja makan dan juga kursi santai. Percantik lantai dapur dengan ubin bebatuan agar nuansa outdoor lebih terasa.

  1. Dapur terbuka dengan nuansa bebatuan

Dapur terbuka seperti ini pas untuk anda yang ingin memiliki halaman belakang yang luas dengan tidak memangkas ruang tengah. Karena itu, tempatkan saja dapur dengan menghadap taman belakang.

Jika anda tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan cenderung lembab, anda bisa menggunakan kabinet dapur yang terbuat dari semen ketimbang kayu. Material ini lebih cocok untuk dapur terbuka, karena tahan kelembapan dan air.

Balut kabinet dapur anda dengan keramik bernuansa bebatuan atau bisa juga dengan bebatuan alami. Desain kabinet yang memanjang dan tak ribet juga cocok untuk konsep rumah minimalis.

  1. Dapur terbuka dengan semua aktivitas di luar ruangan

Pada beberapa rumah, ada dapur bersih dan dapur kotor. Kalau anda tidak mau ada pemisahan seperti itu, buatlah desain dapur terbuka dengan menggabungkan semua fungsi dapur dan kegiatan makan di luar ruangan.

Seluruh peralatan makan pun juga akan berada di luar ruangan. Selain membuat area ruangan dalam menjadi bersih dan bebas minyak, pemindahan dapur ini juga membuat anda lebih menghemat listrik untuk pencahayaan.

Karena semua kegiatan ada di luar ruangan, pastikan saja anda sudah menggunakan material bebas rayap dan punya atap yang cukup lebar agar terlindung dari hujan.

  1. Dapur terbuka dengan area terbuka yang lebih kecil

Punya lahan pas-pasan? Tenang saja, Anda bisa menggunakan desain dapur memanjang yang minimalis seperti ini.

Area terbukanya pun lebih kecil, namun tetap mampu memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Karena bentuknya menyerupai lorong, Anda bisa menghindari tiupan angin kencang dengan menambahkan pintu kaca lipat.

  1. Dapur terbuka dengan konsep bar

Kalau rumah anda diisi dengan penghuni yang tak banyak, bagaimana kalau anda menggunakan dapur terbuka dengan konsep bar.

Kabinet dapur pun bisa difungsikan sebagai meja dapur yang dilengkapi dengan kursi tinggi khas bar. Konsep seperti ini akan menghemat ruangan yang bisa dihabiskan oleh set meja makan.

  1. Dapur terbuka dengan pintu kaca besar

Jika Anda menggunakan pintu kaca yang besar di dapur dan area makan, anda akan mendapat keuntungan ganda: dapur bisa disulap menjadi dapur terbuka atau indoor. Hal ini bisa anda terapkan pada rumah minimalis dengan pekarangan luas ataupun sempit.

Pada intinya, dapur anda masih berada dalam rumah, namun dengan area terbuka yang lebih lebar. Pastikan saja, ada sekat antara dapur dan ruang makan dengan ruang keluarga, agar tidak ada penghuni yang terganggu jika anda sedang membuka pintu kaca selebar-lebarnya.

  1. Dapur terbuka dengan konsep food truck

Mirip dengan konsep bar, dapur terbuka ini cukup fungsional karena memanfaatkan teras sebagai area makan. Konsep ini mirip dengan konsep makan yang ditawarkan food truck dengan dapur yang menggunakan jendela lipat dan kursi makan bar yang menghadap area masak. Hemat tempat, hemat biaya (karena tak butuh meja makan), dan minimalis!

WhatsApp chat