Inspirasi Desain Lantai Mezzanine

Inspirasi Desain Lantai Mezzanine – Rumah berukuran kecil tak perlu anda jadikan halangan untuk mendesain rumah. Beberapa pemilik orang kerap menjadikan ini sebagai masalah yang merepotkan. Padahal dengan desain yang baik, ruangan sempit bisa menjadi lebih luas. Salah satunya dengan cara lantai mezzanine. Nah, berikut adalah beberapa inspirasi desain lantai mezzanine. Simak yuk!

1. Perluas Hunian dengan Lantai Mezanin

Hunian dengan lantai mezanin juga bisa menjadi solusi untuk memberikan penerangan dan sirkulasi udara yang baik untuk keseluruhan bangunan rumah. Seperti pada inspirasi desain lantai mezanin satu ini, di mana setiap lantai pada rumah dibangun dengan konsep mezanin.

Hal ini membantu setiap lantai mendapatkan penerangan dan juga sirkulasi udara dari void rumah di tengah-tengah lantai mezanin. Terapkan konsep ini jika lahan rumah anda terlalu sempit untuk menangkap cahaya dan sirkulasi udara secara horizontal.

2. Hunian dengan Desain Kamar Mezanin

Punya kamar tidur yang sempit sehingga tidak memungkinkan anda memiliki wardrobe yang layak di hunian? Manfaatkan konsep mezanin pada kamar tidur dengan menjadikan lantai bagian bawah sebagai wardrobe, di mana lantai bagian atas bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur.

Selain menjadikan ruang di bawah tempat tidur sebagai wardrobe, anda juga bisa memanfaatkan konsep mezanin pada tempat tidur ini sebagai ruang belajar, ruang kerja, bahkan sudut ruang baca yang nyaman.

3. Jadikan Loteng Hunian Menjadi Mezanin

Hunian memiliki loteng yang cukup tinggi? Jika ya, manfaatkan ruang loteng pada hunian dengan membuat lantai mezanin tambahan. Jadikan lantai mezanin di loteng sebagai ruang-ruang tambahan saja, seperti ruang kerja, ruang belajar, ataupun ruang penyimpanan untuk menghindari suasana yang kurang nyaman karena umumnya sirkulasi udara di loteng hunian kurang baik. Tetap tempatkan ruang utama seperti ruang keluarga dan kamar tidur pada lantai utama.

4. Konsep Mezanin pada Hunian Apartemen Studio

Punya hunian berupa apartemen studio mungil? Dengan konsep lantai mezanin, anda bisa membuat hunian sempit anda ini menjadi jauh lebih fungsional dan terasa lebih luas. Bangun lantai mezanin diatas ruang servis seperti kamar mandi atau dapur dan ruang makan.

Lantai mezanin bisa menjadi ruang tambahan seperti ruang kerja atau ruang santai keluarga jika ruang pada lantai mezanin cukup luas.

5. Ruang Tambahan pada Hunian Lewat Lantai Mezanin

Jika kamu memiliki kebutuhan ruang tambahan seperti ruang kerja atau ruang baca namun luas dari hunian sudah sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan lantai mezanin tambahan pada hunian untuk mewujudkan keberadaan ruang tersebut.

Seperti ruang lantai mezanin sebelumnya, manfaatkan ruang atas, dari ruang-ruang servis seperti kamar mandi atau ruang penyimpanan untuk mewujudkan ruang mezanin tamabahan untuk kebutuhan ruang hunian milik anda.

6. Hunian dengan Lantai Mezanin Modern

Konsep mezanin juga bisa memberikan kesan lebih modern pada hunian. Pada inspirasi desain ruangan sempit dengan lantai mezanin satu ini, terdapat permainan level dari lantai mezanin yang tidak hanya untuk menambah ruang, tetapi juga menghidupkan atmosfer yang lebih dinamis pada rumah.

Gunakan material-material dan bahan bangunan modern seperti kaca dan vinil dengan bentuk-bentuk lebih berani untuk memberikan nuansa modern pada desain lantai mezanin anda.

7. Lorong Memanjang dengan Lantai Mezanin

Punya masalah dengan desain denah yang membentuk lorong dan terlalu sempit? Siasati dengan mengaplikasikan desain lantai mezanin. Untuk menghilangkan kesan sempit, buatlah konsep ruang-ruang lantai mezanin yang lebih terbuka dan juga aplikasikan juga warna-warna terang untuk membuat efek visual yang lebih luas pada rumah dan ruang-ruang sempit di dalamnya.

WhatsApp chat