Inspirasi Desain Mushola Di Rumah

Inspirasi Desain Mushola Di Rumah – Indonesia merupakan negara yang mayoritas beragama Islam. Salat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Islam. Lantas, keberadaan mushola pada rumah terbilang penting untuk setiap orang yang beragama Islam. Dan berikut akan kami berikutan beberapa inspirasi desain mushola di rumah. Mari simak bersama.

  • Gambar Mushola Bernuansa Etnik

Tidak ada salahnya menambahkan berbagai elemen dekorasi pada mushola untuk tampilan yang lebih menarik. Salah satu gaya yang bisa anda pilih adalah konsep etnik seperti contoh di bawah ini.

Namun yang perlu diingat, jangan pernah memasukkan patung-patung makhluk hidup di dalamnya.  Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan serta penataan mushola adalah arah kiblat yang tepat. Jangan sampai anda salah menentukan bagian depan serta bagian belakang mushola tersebut.

  • Mushola Dekat dengan Taman

Rumah anda memiliki taman dalam? Pertimbangkan untuk membangun mushola minimalis yang berbatasan dengan taman.

Nuansa hijau dari luar bisa menyuguhkan kesejukan dan panorama yang menyegarkan bagi anda. Agar tidak terlalu terbuka, anda bisa membuat desain mushola minimalis yang terdapat taman sebagai batasnya dan pintu kaca atau jendela tinggi.

  • Mushola dengan Sentuhan Industrial

Model mushola minimalis selanjutnya adalah lekat dengan warna-warna asli material bangunannya. Seperti, semen dan beton ekspos.

Sentuhan industrial dalam mushola minimalis cocok untuk kamu yang menginginkan suasana berbeda di rumah ruang ibadah.

  • Putih Menyejukkan

Anda pun bebas memilih material apa saja yang digunakan dalam membuat mushola minimalis di rumah. Di sisi lain, pertimbangkanlah untuk memilih bahan yang dapat mewujudkan suasana sejuk dan dingin, sebab hal itu sangat diidamkan dari sebuah mushola.

Pilihlah warna pulasan dinding yang kalem seperti putih, salem, abu-abu, krem, dan warna pastel lainnya. Sebagai tambahan, anda juga bisa memberikan dekorasi batu alam di sekitar mushola semi terbuka untuk lebih menyejukkan suasana. Sesuai selera.

  • Mushola dengan Lantai Berwarna Hangat

Selanjutnya, mushola minimalis didalam rumah bisa anda hadirkan kenyamanannya dengan menggunakan material lantai berwarna hangat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, warna-warna dingin pada dinding sangat berpengaruh dalam menyejukkan ruangan.

Bila mengaplikasikan warna yang sama pada bagian lantai, tentu mushola akan tampak sangat monoton. Untuk mengakalinya, gunakan saja pelapis lantai bermotif kayu sebagai pengimbang sehingga tampilannya tetap menarik dilihat.

  • Mushola dengan Sentuhan Timur Tengah

Desain musola yang minimalis namun bergaya modern dapat dihadirkan dengan sentuhan gaya timur tengah. Salah satu contonya seperti pemilihan karpet bergaya Maroko. Bisa juga dengan memilih tile dinding yang bernuansa sama seperti contoh di atas.

  • Mushola Minimalis Sejuk Terbuka

Mushola tidak harus selalu berada di dalam rumah yang cenderung berdesain tertutup. Anda juga bisa menempatkan ruangan ibadah tersebut di bagian belakang rumah yang dekat dengan halaman.

Tidak perlu repot-repot lagi deh memikirkan hal-hal yang dapat membuat mushola terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah. Jangan lupa untuk menambahkan karpet serta sajadah pada bagian lantai mushola. Tempatkan pula sebuah lemari atau kabinet gantung untuk menempatkan peralatan solat agar tidak mudah kotor jika tak digunakan.

  • Mushola Hangat Berwarna

Mushola yang terletak di halaman belakang rumah bisa anda warnai dengan cat-cat terang. Contohnya seperti oranye dan kuning, atau sesuai dengan warna dinding rumah. Alasannya? Karena mushola ini berada di luar dan terkena udara segar sehingga membuat ruangan menjadi sejuk.

Di samping area solat, anda juga bisa membuat sebuah keran untuk berwudu. Ini dilakukan agar orang-orang yang akan solat tidak usah jauh-jauh pergi ke kamar mandi untuk menyucikan diri.

  • Desain Mushola Mungil di Bawah Tangga Rumah

Di rumah-rumah minimalis, lahan kosong adalah harta berharga! Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai mushola minimalis dalam rumah.

Salah satu contohnya ialah area bawah tangga yang umumnya dibiarkan kosong. Anda bisa menyulap area tersebut menjadi mushola yang sejuk dan juga nyaman.

  • Mushola dengan Langit-Langit Tinggi

Jika memungkinkan, bangun mushola dengan langit-langit yang tinggi. Trik ini membuat mushola minimalis dalam rumah yang luasnya terbatas tampak lebih lapang. Selain itu, langit-langit atau plafon minimalis yang tinggi juga membuat ruangan sejuk dan tidak pengap.

  • Dekorasi Dinding Mushola Islami

Kaligrafi bertuliskan “Allah” dan “Muhammad”, ayat-ayat Al-Quran, serta foto tempat-tempat ibadah di Arab Saudi, merupakan pilihan dekorasi dinding yang menjadi pilihan banyak orang. Kesan religius yang ditimbulkan oleh dekorasi kaligrafi bisa menginspirasi kita dalam beribadah.

WhatsApp chat