Inspirasi Penggunaan Kaca Untuk Hunian

Jasa Arsitek Malang – Saat ini banyak sekali orang yang sudah menggunakan kaca untuk material bangunan. Jika saat ini sedang mencari inspirasi untuk mempercantik hunian dengan desain kaca rumah, berikut ini ada beberapa inspirasi penggunaan kaca untuk hunian.

1. Partisi Kaca 

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: www.glastory.net)

Saat ini penggunaan kaca sebagai partisi antar ruang mulai digemari. Partisi kaca yang memisahkan kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam tampak semakin banyak mendapat penggemar. Kesan terbuka dan modern begitu menonjol. Dengan perkembangan teknologi kaca modern (macam switchable smart glass yang bisa diburamkan secara elektronik), partisi kaca akan menjadi opsi desain kaca rumah untuk partisi yang praktis dan modern.  

2. Fasad Kaca

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: Max Pritchard Architect ©archdaily.com)

Seperti telah disinggung tadi, Kaca sebagai fasad bangunan pertama adalah untuk gedung Crystal Palace. Untuk fasad bangunan rumah, mungkin yang paling top adalah Glass House rancangan Philip Johnson pada 1949. Modelnya minimalis dan sangat modern (bahkan untuk standar sekarang). Jika Anda suka beda dan tantangan, coba saja membuat desain kaca rumah sebagai fasad. Seperti ilustrasi rumah kaca buatan Max Pritchard Architect (Australia) ini.

3. Lantai Kaca

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: glastory.net)

Bosan dengan desain kaca di rumah yang itu-itu saja? Coba saja mengganti lantai Anda dengan kaca. Sejak diperkenalkan di CN Tower Kanada 1994, lantai kaca semakin digemari. Terutama untuk keperluan turisme. Namun sekarang Anda pun bisa menerapkannya di rumah. Seperti desain lantai kaca rumah bergaya Skandinavia di Stockholm (Swedia) ini.

4. Countertops

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: trendir.com)

Desain kaca rumah kali ini adalah untuk countertops. Karena dapur bukan lagi bagian rumah kelas tiga lagi, maka percantik countertops-nya dengan kaca. Permainan cahaya plus teksturnya yang khas, memberi iluminasi tersendiri bagi dapur Anda.

5. Skylight

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: FAKRO ©archdaily.com)

Desain hunian minimalis banyak menggunakan atap datar. Untuk kebutuhan cahaya natural, terkadang dibutuhkan desain kaca jendela tertentu. Untuk bagian interior yang tidak terjangkau  jendela reguler, roof window atau skylight sering digunakan. Selain memberi cahaya natural, skylight juga membuat ruangan terkesan lebih lega.

6. Railing Tangga

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: images.adsttc.com)

Desain kaca di rumah yang juga layak Anda pertimbangkan adalah desain kaca untuk railing tangga. Sebagai contohnya adalah Brentwood Residence di Los Angeles (AS) ini. Tangga ini (bersama rumahnya) dirancang oleh Belzberg Architects. Kaca, sebagai railing tangga, memberi kesan mewah dan modern. Railing kaca juga memberi aksen poin tersendiri bagi rumah Anda.

7. Glassblock

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: Jun Murata ©archdaily.com)

Glassblock mungkin mengingatkan pada kamar mandi pada benak mainstream lokal. Bagi penggemar interior, glassblock mungkin mengingatkan pada era 80-an. Untuk desain kaca di rumah kali ini, glassblock difungsikan sebagai tembok transparan yang juga sekaligus sebagai aksen dekoratif. Rancangan Jun Murata untuk sebuah rumah di Osaka (Jepang) ini bisa menjadi inspirasi Anda.

8. Pintu Kaca Vintage

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber:TruStile ©archdaily.com)

Paduan pintu kayu klasik dengan kaca tetap charming, terutama jika Anda suka gaya rural. Pintu kaca memberi kesan lapang pada ruangan. Cahaya natural juga bisa leluasa masuk ke dalam ruangan, memberi kesan hangat dan ramah. Sebagai inspirasi, koleksi vintage gaya Tudor dari TruStile ini bisa menjadi inspirasi desain kaca di rumah Anda. Sebagai tambahan, Anda juga bisa bereksperimen dengan mengganti kaca bening pada pintu dengan kaca patri atau pun kaca etsa.

9. Jendela Pemandangan

desain kaca di rumah desain kaca rumah desain kaca jendela(sumber: www.dezeen.com)

Satu fitur rumah modern yang saat ini sangat disukai adalah jendela pemandangan (view window). Seperti namanya, fungsinya sama dengan jendela, hanya saja desain kaca jendela ini lebih memanjakan pengalaman visual kita melihat pemandangan di luar. Karena ukurannya biasanya besar, jauh lebih besar dari jendela reguler. Sebagai inspirasi, Anda bisa melirik pada jendela pemandangan rancangan biro arsitek Panovscott (Australia) ini.

Itulah beberapa inspirasi penggunaan kaca untuk hunian, Semoga bermanfaat.,

WhatsApp chat