Inspirasi Rak Dinding Keren

Inspirasi Rak Dinding Keren – Rumah yang berantakan dapat membuat anda stress dan dapat mengurangi ke-estetikaan rumah. Nah, ide rak dinding mungkin bisa anda terapkan. Sebuah ide yang tepat untuk mejaga barang agar tetap rapi meski tidak memiliki ruangan ekstra untuk tempat penyimpanan. Yuk, intip saja inspirasinya.

  1. Rak Tanpa Pintu

Rak di dinding tanpa pintu atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan open shelf, merupakan tipe rak minimalis yang paling banyak digunakan. Desainnya yang sederhana dan terbuka akan menghilangkan kesan sumpek pada ruangan Anda, meskipun rak ini diisi dengan beberapa barang. Barang-barang yang disusun pada rak ini bahkan juga bisa menambahkan corak tersendiri pada ruangan sehingga tampak lebih hidup lho. Anda juga akan lebih mudah dalam membersihkan debu di rak jenis open shelf ini. Sirkulasi udaranya yang lancar juga membuat Anda tidak perlu khawatir akan adanya jamur. Selain menarik, rak ini pun sangat praktis digunakan.

  1. Rak Buku Open Shelf

Jika rak tadi hanya berupa satu batangan panjang, berbeda dengan rak buku open shelf yang satu ini. Bagi Anda pencinta buku yang punya banyak sekali koleksi buku, rak satu ini cocok untuk menempatkannya. Rak ini juga bisa meminimalisir penggunaan ruang di hunian Anda dibandingkan rak buku lainnya.

  1. Rak Heksagon

Ingin memunculkan nuansa yang unik dan artsy pada ruangan? Desain rak berbentuk heksagon seperti ini bisa Anda pilih. Bentuk heksagon atau sarang madu yang jarang ditemui pada interior rumah membuatnya cocok untuk Anda yang suka tampil beda dan ingin memberikan vocal point pada ruangan. Selain sebagai tempat menyimpan barang, rak model ini juga bisa dijadikan sebagai galeri di sekitar sudut ruangan.

Jika disusun dengan baik dan proporsional, rak ini pun dapat menjadi karya seni tersendiri karena bentuknya yang unik. Sebaliknya, jika salah dalam penempatan, rak bentuk ini akan membuat ruangan tampak lebih penuh dari yang sebenarnya.

  1. Rak Kayu atau Besi

Jangan hanya bermain aman, Anda juga bisa membuat ruangan tampak lebih rapi dan menarik dengan memilih rak bertekstur seperti kayu atau besi. Pasang rak dengan tekstur yang berbeda dari tekstur dinding hunian. Jika material dinding hunian Anda adalah kayu, maka Anda bisa memasang rak dari besi untuk memberikan sentuhan industrial yang berbeda. Jika tekstur dinding rumah lebih halus, Anda bisa mencoba memilih material rak yang sedikit bold seperti kayu yang masih terlihat serat-seratnya. Tips ini bisa memberikan kesan kontras dan unik pada ruangan.

  1. Rak Versi Gantung

Selain dipasang dengan paku, Anda juga bisa mencoba untuk mengkreasikan rak dengan cara digantung. Untuk mendapatkan tampilan unik dari rak gantung ini, Anda hanya membutuhkan satu papan dan dua tali dengan warna senada sebagai penyangga rak. Kemudian, gunakan paku untuk memasang tali penyangga. Dapatkan suasana rustic dan unik dengan kreasi rak satu ini.

  1. Rak Built-in

Built-in shelving atau rak dinding yang menjorok ke dalam adalah salah satu pilihan cerdas yang bisa Anda coba untuk sudut ruangan dengan luas terbatas. Rak model ini akan sangat membantu Anda yang punya masalah dengan sudut ruangan sempit. Rak bertipe built-in akan membuat ruangan terlihat lebih rapi karena dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan ruangan. Jika Anda punya banyak barang, maka Anda bisa membangun rak yang agak besar, begitupun sebaliknya.

  1. Rak yang Proporsional

Tidak hanya memilih desain rak yang tepat, Anda juga harus memperhatikan cara penyusunan barang-barang di atas rak agar ruangan tampak rapi. Variasikan tinggi barang di rak agar proporsinya seimbang. Misalnya, posisikan barang yang lebih tinggi di bagian bawah dan letakkan yang lebih tinggi di bagian puncaknya. Susun barang secara berkelompok dengan satu variasi untuk tiap kelompok. Jika memungkinkan, kosongkan juga beberapa bagian rak agar penataannya tampak lebih lega dan tidak terlalu monoton.

  1. Rak Pegboard

Apa tuh rak pegboard? Mungkin rak dinding ini masih kurang familiar bagi Anda. Padahal, rak ini sangat fungsional dan fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruang penyimpanan Anda. Rak pegboard merupakan rak yang pondasi utamanya menggunakan pegboard atau papan pasak yang juga dilengkapi dengan banyak lubang. Lubang pada rak dinding ini berukuran kecil dan tersusun teratur dalam bentuk grid.

Dengan menggunakan rak pegboard, Anda dapat menyusun penempatan rak sesuai dengan selera. Tak hanya itu, Anda pun bisa mendapatkan area tambahan untuk meletakkan tanaman hias, cermin, bingkai foto, dan sebagainya. Rak ini pun tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja, tetapi juga dapat menjadi tempat dekorasi yang kekinian untuk rumah Anda.

  1. Rak Metal

Rak dinding dari kayu sudah biasa? Coba deh gunakan rak dinding minimalis dengan perpaduan metal dan kayu yang kuat. Perpaduan antara kedua material ini bisa membuat tampilan rak terlihat kokoh lho. Selain untuk menyimpan barang atau pajangan, Anda juga bisa menggunakan rak ini hanya sekadar untuk menghiasi dinding rumah dengan tampilan industrial yang keren.

WhatsApp chat