INSPIRASI RUANG BAWAH TANAH UNIK

Jasa Arsitek – Ruang bawah tanah dibuat oleh beberapa orang dengan alasan yang berbeda-beda, ruang yang unik juga kadang diminati banyak orang. Jika kalian sering melihat film barat, maka banyak ditemukan ruang bawah tanah untuk persembunyian atau semacamnya.

Tidak hanya sebatas bayangan saja, kini kamu pun bisa mewujudkan rumah bawah tanah ala rumah hobbit impianmu. Tentunya dengan ukuran yang lebih besar supaya kamu bisa nyaman berdiam di dalamnya. Untuk memperkaya imajinasimu, simak dulu beberapa rumah bawah tanah tercanggih di dunia berikut ini!

1. Rumah bawah tanah ala rumah hobbit, Wale’s Hobbit House

Rumah Bawah Tanah Wale’s Hobbit House Interior

Berkat Simon Dale dan kerabatnya, para manusia kini bisa mencicipi sensasi tinggal di rumah hobbit tanpa harus terus-terusan membungkuk. Ya, rumah bawah tanah hobbit ini disesuaikan dengan ukuran manusia biasa! Agar menyerupai rumah hobbit sungguhan, pencipta rumah bawah tanah ini menggunakan material kayu pada interior, juga menggunakan lantai kayu bukannya beton atau besi. Ditambah pencahayaan temaram, suasana di dalam rumah jadi semakin nyaman, hangat, dan cantik.

2. Rumah bawah tanah dengan sisi yang curam, Edgeland House

Rumah Bawah Tanah Edgeland Housedecoist.com

Edgeland House yang berada di Texas ini merupakan karya arsitektur Bercy Chen Studio. Bagian atapnya terlihat seperti atap rumah segitiga dengan sisi yang curam dan dipenuhi rerumputan. Uniknya, bangunan rumah bawah tanah ini terbelah menjadi dua bagian.

Jika dilihat dari luar, tidak akan ada yang menyangka kalau rumah bawah tanah ini memiliki interior rumah mewah dan modern. Rumah ini dibatasi dengan dinding kaca sehingga sinar matahari bebas menyinari bagian dalamnya.

Meski berada di bawah tanah, rumah ini tetap terasa sejuk dan nyaman. Kuncinya adalah penggunaan lingkungan sekitar sebagai regulator panas. Rerumputan yang berada di bagian atap rumah juga berfungsi sebagai insulasi alami. Dengan demikian, suhu udara di dalam ruangan bisa terjaga.

3. Rumah bawah tanah yang menyerupai lubang jebakan, Switzerland’s Villa Vals

Rumah Bawah Tanah Switzerland’s Villa Vals

Rumah bawah tanah yang satu ini benar-benar berada di bawah tanah, kecuali bagian terasnya yang cocok untuk bersantai di pagi hari sambil menikmati pemandangan matahari terbit dari balik gunung. Dengan bentuknya yang melingkar, kamu akan merasa seperti sedang menyaksikan foto bergerak di dalam bingkai.

Arsitektur Rumah Bawah Tanah Switzerland’s Villa Valsdecoist.com

SeARCH Architecture and Urban Planning selaku arsitek yang mendesain rumah ini berhasil membuat rumah bawah tanah yang nyaman dan tentu saja keren. Pada lantai pertama, kamu akan menemukan ruang keluarga, dapur, dan sebuah kamar. Bagian kamar memiliki sebuah tempat tidur tingkat permanen yang menyatu dengan struktur bangunan. Ditambah lagi dengan sebuah jendela minimalis sebagai jalan sinar matahari masuk dan memungkinkan kamu melihat ke arah luar.

4. Rumah bawah tanah menyerupai kapal selam, Malator

Rumah Bawah Tanah Malator

decoist.com

Rumah bawah tanah Malator yang berada di kawasan Wales ini jika sekilas dilihat akan mengingatkan kita pada bentuk kapal selam yang sedang berada di bawah lautan. Mungkin akan lebih tepat jika disebut sebagai kapal selam bawah tanah?

Bagian rumah yang terlihat dari luar ini dilapisi menggunakan dinding kaca dengan beberapa lubang yang berfungsi sebagai ventilasi udara di rumah. Bagian luar rumah bawah tanah ini tidak terlihat begitu menakjubkan, namun pada bagian interiornya kamu akan dibuat kagum terutama pada bagian dapur.

Siapa sangka konsep bawah tanah yang biasanya suram, justru bisa terlihat modern dan stylish? Dapur yang menggunakan kabinet berwarna kuning ini akan membuat kegiatan masak jadi lebih menyenangkan. Ukurannya pun cukup luas. Tidak ketinggalan, ada juga pemandangan alam yang bisa kamu nikmati melalui dinding kaca.

5. Rumah bawah tanah atau taman? Inilah Kediaman Shelton Marshall

Rumah Bawah Tanah Shelton Marshall

Orang yang melewati area ini dijamin tidak akan menyangka jika ada rumah bawah tanah di sini. Inspirasi rumah bawah tanah yang ada di Kansas ini tampaknya cocok dibangun di perkotaan bagi keluarga yang ingin menikmati privasi. Area bawah tanah ini akan terisolasi dari polusi udara dan suara. Paling penting, area rumah tidak akan terlihat dengan mudah oleh orang yang berlalu-lalang.

Rumah Bawah Tanah Shelton Marshall Eksterior

Dari kejauhan, rumah bawah tanah ini nampak seperti taman bunga biasa. Namun begitu mendekatinya, kamu akan menemukan tangga ke bawah menuju sebuah rumah. Rumah bawah tanah yang satu ini menggunakan konsep minimalis modern.

Nah, tadi sudah dibahas 5 ruang bawah tanah yang unik. Kini kita tidak hanya membayangkan seperti di film saja, wujudkan sekarang juga! Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat