Inspirasi Taman Vertikal

Inspirasi Taman Vertikal – Lahan yang terbatas sering kali menjadi masalah. Padahal dengan keterbatasan lahan bisa saja dimanfaatkan untuk membuat taman. Nah, menciptakan model taman vertikal, dimana penghuni rumah bisa bercocok tanam namun dilakukan secara vertikal. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan konsep taman vertikal ini?

Taman Vertikal Pot Susun

Salah satu konsep dalam membentuk taman vertikal adalah memanfaatkan pot tanaman yang disusun ke atas. Pot ini bisa disusun dengan panel yang memang didesain untuk taman vertikal.

Taman Vertikal dengan Manfaatkan Kayu Palet

Jika kamu memiliki cukup banyak kayu palet bekas yang sudah tidak terpakai, manfaatkan saja untuk membentuk taman vertikal.

Buat sebuah bentukan yang sederhana dari tatanan kayu bekas. Jangan lupa berikan ruang agar bisa diisi dengan pot, walau hanya bisa menampung tanaman kecil.

Taman Vertikal dari Pipa Susun Gantung

Kamu bisa memanfaatkan barang apapun untuk dijadikan taman vertikal. Salah satunya yang mudah ditemui di rumah adalah pipa paralon. Pipa ukuran besar dapat dibelah menjadi dua. Lalu area tersebut dijadikan media tanam tanaman hias.

Pipa bisa disusun secara gantung sehingga ada lebih banyak ruang yang tercipta.

Taman Vertikal dari Botol Bekas

Selain pipa, kamu bisa juga memanfaatkan botol plastik bekas yang ada di rumah. Botol plastik ini dilubangi di bagian atasnya, lalu dijadikan media tanam. Karena bentuknya sederhana, kamu bisa menyusunnya dengan mudah ke atas.

Taman Vertikal dari Bambu yang Alami

Jika ingin taman vertikal yang lebih terlihat alami, gunakan bilah bambu untuk dijadikan media tanam.

Bambu bisa dilubangi sesuai dengan ukuran pot yang dikehendaki. Kemudian disusun ke atas, entah dengan digantung atau dengan rak. Bambu ini akan terlihat sangat cantik.

Reuse: Kaleng Bekas

Setelah pipa bekas dan botol bekas, media lain yang dapat dimanfaatkan adalah kaleng bekas.

Misalnya kamu memiliki kaleng susu bekas dalam jumlah banyak, susun kaleng tersebut di sebuah dinding. Kemudian tanam beberapa tanaman mini di sana.

Taman Vertikal dalam Rumah (Indoor)

Manfaatkan saja untuk menanam tanaman hias. Sesuaikan ukuran rak dengan ukuran pot dan jenis tanamannya. Kemudian kamu pun akan mendapati sebuah dekorasi yang cantik dan alami dengan konsep vertikal garden.

Taman Vertikal di Dinding Batu Alam

Konsep vertikal garden juga bisa dibentuk dengan membentuk sela-sela di dinding batu alam. Cara ini terbilang praktis. Selain itu, tanaman hijau yang berpadu dengan tekstur batu alam akan terlihat semakin alami dan elegan.

Taman Vertikal di Dinding Tangga

Untuk rumah dua lantai, area tangga seringkali menjadi area yang kosong. Manfaatkan dinding yang kosong ini untuk media tanam. Sehingga sirkulasi menuju ke lantai dua akan menjadi lebih indah dan nyaman.

Gantungan sebagai Media Tanaman Rambat

Jika konsep tanaman yang menjuntai lebih cocok untuk diterapkan di rumah dua lantai, kamu bisa memanfaatkan jenis tanaman rambat untuk rumah satu lantai. Tanaman rambat ini bisa diletakkan di luar rumah, seperti di area pagar atau di tempat parkiran mobil.

Tanaman Menjuntai dari Lantai Atas

Alternatif lainnya untuk membentuk konsep taman vertikal adalah menanam tanaman yang daunnya menjuntai ke bawah. Tanaman ini akan membentuk sebuah harmonisasi ruang yang elegan. Beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan misalnya Lee Kwan Yew atau Curtain Ivy.

WhatsApp chat