Intip! 5 Jenis dan Fungsi Kanopi

Intip! 5 Jenis dan Fungsi Kanopi – Istilah kanopi yang digunakan dalam arsitektur saat ini merupakan sejenis atap untuk melindungi bagian luar rumah dari panas matahari dan terpaan hujan. Kanopi dalam perkembangannya kini marak digunakan pada bagian garasi mobil dan balkon rumah, kantor dan bangunan lainnya. Dengan beragam model dan jenis kanopi sudah bisa ditemukan. Bahan pembuat kanopi pun mulai bervariasi, sehingga mudah dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Jenis Kanopi

Kanopi Polycarbonate

Kanopi jenis ini terbuat dari lembaran plastic atau fiber berongga yang di desain untuk mampu menahan serta menyerap sinar matahari (UV protection) yang datang secara maksimal. Daya tahan bahan polycarbonate sangat tinggi dan dikatakan mampu bertahan hingga sekitar 10 tahun lamanya. Selain digunakan sebagai bahan kanopi, polycarbonate juga dapat di aplikasikan untuk green house, partisi, bahan atap, sky light dan masih banyak lagi. Ada beberapa merk dari material polycarbonate itu sendiri, diantaranya adalah twinlite dan solarlite. Anda dapat membaca perbedaan polycarbonate solarlite dan twinlite sebagai rekomendasi.

Beberapa kelebihan dari bahan ini adalah :

  • Sangat fleksibel digunakan
  • Merupakan material yang kuat dan kokoh serta memiliki bobot yang ringan.
  • Tersedia dalam beragam warna dan dapat disesuaikan dengan warna cat rumah elegan

Kanopi Zincalume atau Spandek

Kanopi spandek merupakan kanopi yang terbuat dari bahan-bahan dalam membangun rumah seperti seng dan alumunium. Terkadang untuk meningkatkan kelenturan, kanopi spandek dicampurkan dengan bahan silikon dengan komposisi campuran yang biasa digunakan adalah alumunium : seng : silikon adalah 55% : 43% : 2%. Dimana campuran tersebut dapat menghasilkan sebuah produk atap kanopi yang kuat, kokoh dan memiliki daya tahan yang lama.

Daya tahan kanopi berbahan spandek dikatakan mampu mencapai hingga 20 tahun lamanya. Kelebihan lain dari jenis material ini adalah Anda dapat menyesuaikan ketebalan yang diinginkan, tersedia dari 0,3 mm hingga 0,5 mm. Agar tampilan lebih cantik dan indah di pandang, atap spandek dapat dilapisi kembali dengan menggunakan cat.

Kanopi Alderon

Atap Alderon merupakan salah satu atap yang akhir-akhir ini menjadi tren pada bangunan-bangunan berkualitas. Daya tarik dari penggunaan jenis atap alderon ini adalah Anda tidak perlu lagi memasangkan insulasi penahanan panas serta kedap suara. Salah satu jenis atap alderon, yakni twinwall Alderon yang memiliki fungsi ganda untuk menahan panas dan suara ketika sedang hujan. Kontruksi atap ini dinilai sangat kuat karena memiliki kemampuan menahan beban hingga mencapai 150 kg. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jenis kanopi alderon adalah :

  • Ruangan di bawahnya akan tetap sejuk dan tidak panas.
  • Pemakaian dalam kurun waktu lama tidak akan menyebabkan atap berkarat.
  • Selain memiliki lapisan anti UV, atap alderon juga anti bocor.
  • Untuk Anda yang menginginkan tips hemat membangun rumah, atap ini dapat menjadi solusinya karena penggunaan atap ini dapat menghemat penggunaan rangka dan gording.
  • Atap ini sangat aman karena selain kuat dan tidak mudah rusak atau pecah, atap ini juga tidak menghantarkan listrik dan aman ketika proses pemasangan.

Kanopi Onduline

Kanopi berbahan onduline merupakan kanopi dengan atap lembaran 10 gelombang. Material onduline memiliki karakteristik yang baik untuk digunakan sebagai kanopi carpot rumah. Bahan onduline memiliki beberapa kelebihan, yakni diantaranya adalah :

  • Material Onduline memiliki daya penyerapan panas yang tinggi. Selain itu, bahan onduline juga memiliki kedap suara yang tinggi akibat suara yang timbul oleh rintik hujan.
  • Onduline juga memiliki daya tahan yang bahan serta terhindar dari karat dan korosi.
  • Onduline memiliki ketahan angin bahkan jika angin tersebut menerpan dengan kecepatan 120 mph.

Kanopi Kaca

Seperti yang sudah diketahui dari sifat kaca, penggunaan kanopi jenis ini akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan di bawahnya. Bahan kaca memang sangat rapuh dan mudah rusak. Oleh karena itu, pemasangan jenis kanopi ini akan dipasang dalam dua rangkap. Hal ini dimaksudkan jika kaca tertimpa benda atau barang apa pun diatasnya, maka kanopi tidak akan pecah namun meninggalkan bekas retak. Kanopi kaca biasa dipilih untuk mempercantik tampilan eksterior rumah. Pastikan proses pemasangan kanopi ini dilakukan dengan hati-hati dan teliti supaya hasilnya baik dan memuaskan.

Fungsi Kanopi

5 Fungsi Kanopi, yang secara fungsional terdapat beberapa manfaat dan keuntungan antara lain yaitu :

  1. Sebagai pelindung

Fungsi pertama kanopi adalah melindungi halaman rumah ataupun teras serta garasi mobil di luar rumah dari sengatan cahaya matahari langsung maupun basah dari guyuran air hujan. Selain itu juga melindungi dari benda-benda yang jatuh dari ketinggian rumah, ataupun dari daun-daun tua serta tangkai yang kering berjatuhan tertiup angin. sehingga halam rumah dan garasi tetap terjaga kebersihannya. Aplikasi kanopi di garasi luar atau halaman rumah dapat melindungi barang-barang berharga di halaman rumah agar tidak tersengat terik sinar matahari secara langsung, dan hujan sekalipun, sehingga mempertahankan warna kondisi barang tersebut tetap baik dan terhindar dari kerusakan akibat air hujan maupun teriknya sinar matahari langsung.

  1. Menciptakan suhu udara dan suasana lebih teduh

Fungsi kanopi disamping melindungi juga menyaring dan menyerap panas dari sinar matahari langsung, sehingga cahaya silau dan panas yang masuk ke halaman rumah sudah dikurangi dan difilter oleh kanopi. Terutama jika kanopi itu didesain seperti atap yang menutupi rumah dengan baik, maka udara akan terasa lebih sejuk dan tidak terlalu panas pada siang hari.

  1. Melengkapi desain eksterior

Mungkin Anda pernah mengalami, yang baru saja menyelesaikan pembangunan rumah merasa ada yang kurang dengan bangunan luar di rumah Anda? Atau Anda ingin memiliki desain eksterior rumah yang berbeda dengan rumah tetangga di samping Anda? Nah, dengan mendesain rangka kanopi seunik mungkin dengan model yang minimalis untuk atap halaman rumah Anda atau garasi luar dan juga balkon. Atau jika jemuran berada di halaman rumah, pasanglah kanopi sebagai percantik desain eksterior rumah minimalis Anda agar lebih lengkap dan modern.

  1. Mempercantik tampilan luar rumah

Buatlah teras dan halaman rumah Anda lebih menarik serta terlindungi dengan rangka kanopi yang minimalis dengan desain ideal sesuai dengan fasad rumah Anda. Dengan demikian, rumah Anda akan terlihat lebih indah, lebih elegan dan akan sangat berbeda dengan rumah tanpa kanopi.

  1. Menghemat material bangunan bagian atap

Menghemat material bangunan atap sangat penting, untuk meminimalisir pengeluaran dalam pembangungan rumah, bayangkan jika tidak ada kanopi dalam kombinasi bahan material atap bangunan rumah Anda, menggunakan genting secara keseluruhan bagian atap rumah dan halaman mungkin akan lebih mahal. Saat ini kanopi banyak sekali jenisnya, harga sesuai dengan bahan material yang dipakai dan sangat bervariasi mulai dari berbahan material besi, stainless steel, baja ringan dll.

WhatsApp chat