Intip Ciri Khas Gaya Nautical

Intip Ciri Khas Gaya Nautical – Ingin selalu merasakan liburan di pinggir pantai walaupun kenyataannya sedang berada di rumah? Gaya nautical atau bisa juga disebut dengan coastal bisa anda terapkan lho! Gaya ini mencerminkan suasana nyaman dan santai di pesisir pantai. Apalagi jika anda menyukai pantai, desain ini akan cocok sekali untuk anda! Mari simak saja yuk ciri khasnya dan bisa anda jadikan inspirasi sebelum mengaplikasikannya.

  1. Jendela Besar

Unsur yang paling penting dari gaya coastal adalah cahaya. Coba Anda perhatikan, setiap rumah yang berlokasi di pinggir pantai pasti memiliki jendela dengan ukuran besar agar cahaya natural dan angin dari laut dapat masuk ke dalam rumah dengan sempurna. Banyaknya jendela, pintu kaca, dan juga skylight memungkinkan cahaya matahari natural dari luar untuk masuk ke dalam rumah. Selain dengan menggunakan jendela atau kaca, penggunaan warna putih pada rumah juga bisa membuat ruangan terlihat lebih cerah.

  1. Motif Garis-Garis Putih Biru

Salah satu cara membuat ruangan nautical adalah dengan menambahkan pola garis-garis berwarna putih biru. Pola ini dapat Anda aplikasikan pada karpet, tirai, wallpaper, seprei kasur, bantal, atau beberapa aksesoris lain yang digunakan. Pilihlah motif garis yang masih mengandung unsur warna laut. Penggunaan motif garis ini membuat suasana nautical semakin terasa di rumah Anda.

  1. Furnitur dengan Material Kayu

Untuk urusan furnitur, hunian dengan gaya nautical lebih banyak menggunakan yang berbahan dasar kayu solid. Agar semakin mencerminkan suasana pantai yang indah, Anda dapat mengecat furnitur kayu dengan warna putih, biru, atau cokelat. Material kayu ini mampu membawa suasana yang hangat dan tenang. Intinya, furnitur pada gaya ini selalu terbuat dari unsur alam dan tidak ada yang menggunakan unsur plastik atau bahan sintetis sedikit pun.

  1. Dekorasi atau Aksesoris Beraksen Pantai

Suasana nautical mampu membuat Anda seolah-olah sedang berlibut di pantai. Nah, agar suasana yang ingin diciptakan semakin terbangun, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi atau aksesoris yang kental dengan aksen pantai. Anda bisa menambahkan kotak penyimpanan yang terbuat dari rotan, bantal dengan sarung yang bermotif jangkar laut, foto atau lukisan dengan suasana pantai, atau beberapa pajangan kerang dengan pasir.

  1. Ruangan yang Luas dan Lapang

Sama seperti suasana pantai yang tenang, rumah bergaya nautical juga harus terasa santai dan tidak dipenuhi dengan banyak furnitur atau pernak-pernik lainnya. Letakkan berbagai aksen yang Anda inginkan di pinggir ruangan dan biarkan bagian tengah ruangan lengang tanpa banyak furnitur. Atur kembali furnitur yang Anda miliki akan ruangan terkesan lebih luas dan lapang. Jika Anda mempunyai anggaran yang cukup, Anda juga bisa merenovasi ruangan agar terlihat lebih luas.

  1. Unsur Warna Laut

Pemilihan warna untuk menciptakan kesan pantai merupakan hal terpenting. Anda bisa menggunakan unsur warna laut, seperti biru navy, putih, biru muda, krem, hijau, atau abu-abu. Warna ini berlaku tidak hanya untuk dinding saja, tetapi juga untuk furnitur, keramik, kasur, sofa, lantai, dan sebagainya. Penggunaan warna yang kental akan unsur laut inilah yang akan menimbulkan suasana menenangkan pada rumah.

  1. Mebel Sederhana yang Cocok dengan Suasana Pantai

Furnitur nautical harus terlihat cocok dengan suasana pantai dan pasirnya, walaupun Anda sendiri tinggal di perkotaan. Sofa dengan kain linen, bangku dari anyaman, kaca dengan bingkai kayu, dan sebagainya bisa menjadi pilihan yang sempurna. Selain itu, interior coastal juga tidak pernah memakai furnitur yang glossy dan berkilau.

Gaya nautical adalah gaya yang paling tepat digunakan jika Anda ingin menciptakan mood yang menyenangkan sekaligus menenangkan pada rumah. Melalui desain ini, Anda bisa membuat tampilan yang serasa di pantai walaupun rumah Anda berada jauh dari kawasan pantai. Yuk, mulai berkreasi dengan desain ini!

WhatsApp chat