Intip Karakteristik Kayu Palet

Intip Karakteristik Kayu Palet – Saat kamu akan mendekorasi rumah dengan perabotan berbahan kayu, kamu perlu sekali mengetahui karakteristiknya, kelebihan serta kekurangannya. Agar kamu bisa mengira-ngiraakan menempatkannya di indoor atau outdoor.

Kamu pun akan lebih mudah merawatnya jika mengetahui kerakteristik, kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Pernah dengar kayu palet tidak? Salah satu jenis kayu ini sangat terkenal dan sudah banyak digunakan di berbagai negara karena memiliki tekstur kayu yang bagus dan serat yang bagus. Dan masih banyak lagi keunikan kayu ini, simak saja yuk ulasan berikut!

  1. Punya Banyak Julukan

Ternyata, Jati Belanda bukanlah satu-satunya nama yang disematkan untuk jenis kayu yang satu ini. Selain disebut sebagai kayu palet atau eks palet, kayu ini sering juga disebut dengan nama kayu jati Londo yang merupakan istilah Jawa untuk kata Belanda. Tak hanya itu, kayu jati ini juga sering dirujuk sebagai kayu jati Madura. Kok bisa? Jadi, diyakini bahwa kayu jati Londo ini disebut sebagai kayu jati Madura karena kayu eks palet ini sering dikumpulkan dan kemudian diperjualbelikan oleh pengumpul beretnis Madura.

  1. Karakteristik yang Khas

Tidak seasing namanya, mungkin bentuk dari kayu jati ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Bentuk kayu ini mudah ditandai dengan bobotnya yang ringan, warna yang cerah seperti kuning muda atau krem kayu, dan juga punya serat kayu yang halus serta bernuansa sangat alami. Tekstur dari kayu ini juga tidak padat dan mudah dibentuk. Daya tarik dari kayu ini juga terlihat dari alur uratnya dan mata kayunya yang khas. Kayu Belanda yang semakin tua juga akan memiliki patina, yaitu guratan alami dengan nuansa antik yang indah.

  1. Harganya Jauh Lebih Murah

Perbandingan harga antara jati Belanda dengan jati asli bisa sampai 3 kali lipat lebih murah, lho. Hal ini berhubungan dengan bahan baku jati Belanda yang memang lebih murah dibandingkan jati asli. Usia tumbuh jati Belanda yang terbilang cepat juga menjadi salah satu alasan dari perbedaan harga ini. Jika Anda menginginkan mebel kayu jati murah, maka jati Belanda bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Daya Tahannya Baik

Jangan heran ya jika jati Belanda yang tampak kering dan ringan ini ternyata memiliki daya tahan yang cukup handal. Walaupun tidak sekuat kayu jati asli, jati Belanda cukup kuat dan kokoh untuk digunakan sebagai furniture dengan karakteristik anti-shock, yaitu resisten terhadap benturan dan kerusakan yang lebih minim terjadi akibat kontak keras.

  1. Spesiesnya Beragam

Sebagian besar jati Belanda tumbuh di Amerika dan benua Asia (bukan Belanda), termasuk Indonesia, khususnya di daerah Sumatera seperti kayu pinus jenis Tusam dan Merkusii. Namun, jati Belanda yang paling umum digunakan adalah jenis pinus radiata (impor dari New Zealand) dan pinus merkusii. Saat ini, pohon pinus juga telah diternak secara khusus atau dibudidayakan secara masal dengan kualitas yang lebih padat dan mengandung resin serta lebih ramah lingkungan.

  1. Punya Banyak Kegunaan

Jati Belanda banyak digunakan di dunia perkayuan terutama untuk pembuatan furniture. Banyak yang menyukai jati Belanda sebagai furniture karena guratan alami dan finishing yang terkesan natural. Furniture dari jati Belanda juga mudah dan efisien untuk dipindah-pindah. Selain itu, jati Belanda juga sering dijadikan bahan dasar pembuatan jendela rumah, aksesoris rumah tangga, dan kerajinan tangan. Warnanya yang kalem juga mudah dipadupadankan dengan berbagai gaya desain rumah.

  1. Sangat Ramah Lingkungan

Jati Belanda cenderung mudah tumbuh, maka saat ditebang pun akan ada kayu baru yang tumbuh. Selain itu, jati Belanda juga tahan guncangan yang bisa meminimalkan dampak kerusakan.

Kayu jati Belanda bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin furniture rumah berpenampilan alami dengan harga terjangkau. Tertarik untuk menggunakan furniture berbahan jati Belanda di rumah Anda?

 

WhatsApp chat