Intip! Kesalahan Saat Menata Ruang Tamu

Intip Kesalahan Saat Menata Ruang Tamu – Ingin merubah tatanan ruang tamu anda? Tapi bingung harus mulai dari mana karena ruang tamu anda sempit? Berikut adalah kesalahan fatal yang jangan sampai anda lakukan saat mendekor ruang tamu sempit anda. Mari simak bersama yuk!

Desain ruang tamu kecil terbilang sangat tricky. Butuh siasat-siasat khusus agar memeperlihatkan ruang tamu kecil tidak terlihat sempit. Memanfaatkan setiap sudut ruang yang ada di ruang tamu kecil tersebut, baik vertikal maupun horizontal harus anda jadikan mindset utama. Walaupun sedikit kompleks dan beresiko gagal kalau anda tidak berhati-hati, menata ruang tamu kecil bukannya tidak mungkin buat pemula seperti anda.

1. Penempatan sofa pada ruang tamu kecil

Bila memungkinkan, letakkan sofa menempel ke dinding. Hal ini akan membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas. Kalau meletakkan sofa di tengah-tengah ruangan, akan ada ruang diantara belakang sofa dan tembok kosong atau sisi tembok yang lain. Ini malah akan membuat ruang tamu kecil terlihat semakin kecil!

2. Bantal sofa pada ruang tamu kecil

Bukan cuma sofa berkualitas yang harus anda pilih. Saat memilih bantal dekorasi untuk sofa, perhatikan juga coraknya. Apa bahan, corak, dan ukuranya sesuai dengan sofa yang anda punya? Memilih bantal dengan ukuran terlalu besar misalnya, malah membuat ruang tamu kecil milik anda terlihat penuh.

3. Posisi yang tepat untuk TV

Jangan pernah letakkan TV di tembok yang bersisian dengan jendela. Sinar matahari siang hari bisa saja secara tidak langsung menyinari kabel. Gawatnya, ini bisa membuat ruang tamu kecil anda terlihat berantakan. Posisi terbaik untuk meletakkan televisi adalah pada dinding kosong. Anda bisa memasang bracket atau menaruh kabinet untuk menopang TV tersebut.

4. Ruang tamu kecil perlu pencahayaan yang tepat

Pencahayaan lampu yang tepat bisa memunculkan efek luas bagi ruang tamu kecil. Jika memungkinkan, susunlah furnitur untuk menciptakan zona-zona yang lebih fungsional. Hal ini akan meningkatkan efektivitas pencahayaan. Ruang tamu kecil juga harus memiliki lebih dari satu sumber cahaya. Anda bisa mengandalkan jendela besar untuk pencahayaan alami.

5. Model ruang tamu kecil yang terlalu kaku

Jangan takut untuk memadupadankan desain ruang tamu kecil dari dunia maya. Jika anda hanya menggunakan satu model, tentu ruang tamu akan terlihat sangat kaku. Solusinya, anda bisa memakai sofa berwarna cerah, disandingkan dengan coffee table yang tepat berwarna senada. Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam melakukan mix & match terhadap desain ruang tamu kecil. Banyak orang yang tidak tahu cara mendekorasi ruang tamu sederhana dengan tepat, apa anda termasuk?

6. Pemilihan warna furnitur juga penting!

Sesuaikan warna furnitur dengan tipe langit-langit. Kalau ruang tamu kecil punya berlangit-langit rendah, jangan memilih warna furnitur yang bernada gelap. Pilih warna netral atau cenderung cerah, seperti beige atau light grey. Padankan dengan tanaman hias di atas meja, atau tambahkan hiasan dinding sederhana.

7. Ruang tamu kecil dan model furnitur yang salah

Jangan sampai anda memaksakan sofa atau furnitur lain yang terlalu besar untuk ruang tamu kecil. Soalnya, ruang tamu kecil memang perlu perhatian ekstra dalam pemilihan furniture. Perhatikan keselarasan jenis furnitur dengan karakter ruang tamu kecil. Jika dirasa tidak cocok, sofa atau furnitur tersebut bisa dialihfungsikan ke ruangan lain yang bisa menampungnya.

8. Cahaya yang masuk

Jika memungkinkan, buatlah desain ruang tamu kecil yang bisa memasukkan cahaya dari luar rumah agar masuk. Jika tidak ada jendela yang mampu melakukannya secara maksimal, gunakan cermin besar yang memantulkan cahaya tersebut. selain menerangi dan hemat listrik, cermin besar juga memiliki efek memperbesar ruangan, lho!

9. Ruang tamu kecil dengan karpet yang sesuai

Biasanya, kesalahan yang sering dilakukan saat menata ruang tamu kecil adalah dengan memilih ukuran karpet yang kecil juga. Mungkin, kalian berpikiran supaya menyesuaikan dengan ukuran ruang tamu kecil. Salah! Karpet yang anda pilih haruslah berukuran proporsional untuk ruang tamu kecil.

10. Peletakkan kolase foto pada ruang tamu kecil

Sebagai alternatif, biasanya pemilik rumah menggunakan kolase foto momen-momen terbaiknya untuk menghias ruang tamu kecilnya. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah meletakkan foto secara acak di semua sudut ruangan. Hal ini malahan akan membuat ruang tamu kecil terlihat berantakan. Untuk itu, coba manfaatkan satu sisi kosong yang khusus untuk menjadi daerah galeri foto.

WhatsApp chat