Jenis Kaca Untuk Rumah Yang Perlu Diketahui

Arsitek Malang – Kaca merupakan material yang selalu ada di rumah, umumnya untuk jendela. Namun, semakin berkembangnya jaman, kaca juga bisa digunakan untuk pintu, shower box, table top dan kanopi. Kaca bisa menembus sinar matahari masuk ke dalam ruangan, pastinya bisa menghemat penggunaan lampu. Apa saja jenis kaca? Berikut kami jelaskan.

  1. Kaca Bening

Kaca bening yang paling sering digunakan sebagai material membangun rumah. Berbentuk rata, tidak berwarna dan mampu membiaskan objek hingga 90% dan sinar matahari bisa masuk dengan mudah ke dalam ruangan. Ketebalan kaca bening terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini dipilih sesuai dengan ukuran yang akan dibuat. Semakin besar ukurannya, maka sebaiknya menggunakan kaca yang tebal.

  1. Kaca Tempered

Kaca tempered memiliki kekuatan yang sangat tinggi, mencapai 3-5 kali liat dari kaca biasa. Kaca tempered mampu menahan beban angin, berat, dan tekanan yang lebih tinggi. Kaca ini dibuat dengan memanaskannya lalu didinginkan secara mendadak. Secara visual, tidak ada yang berbeda dari kaca ini, sehingga tampilannya tetap terjaga. Kaca tempered juga sangat aman saat pecah, karena pecahannya bulat dan tumpul.

Jika Anda menginginkan pintu tanpa framerailing, dan dinding dari kaca, sebaiknya menggunakan kaca tempered ini. Tetapi, Anda harus membeli kaca tempered dengan ukuran jadi. Karena kaca jenis ini tidak bisa diberi proses lebih lanjut yang akan mengurangi kualitasnya.

  1. Kaca Laminasi

Kaca laminasi adalah jenis kaca yang sangat aman, karena diberi pelapis yang membuatnya sulit retak dan pecah. Kaca laminasi sangat sulit ditembus, karenanya kaca ini dulu banyak digunakan untuk alat transportasi umum, misalnya bis dan kereta api. Kaca laminasi dilapisi lembaran polofinil transparan yang menahan kaca agar tidak pecah. Bahkan meskipun sudah ada bagian yang pecah, kaca ini tetap menempel pada rangka dan sulit ditembus.

Kaca laminasi banyak digunakan untuk balkon, skylight, anak tangga, dan tempat lainnya yang membutuhkan keamanan. Meskipun terkesan aman, Anda tetap perlu berhati-hati. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di dalam rumah, bisa jadi penghuni akan terjebak akibat kaca yang sulit dipecahkan.

  1. Kaca Cermin

Kaca cermin atau kaca reflektif adalah kaca yang mengurangi sifat tembus pandang dari salah satu sisi. Kaca jenis ini juga biasa disebut dengan kaca one way, karena akan terlihat trasnparan di satu sisi, tetapi terlihat seperti cermin di sisi lainnya. Kaca cermin dibuat dengan tambahan lapisan oksida logam, melalui proses pyrolisis. Kaca ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin menjaga privasi rumah tanpa menggunakan gorden/tirai.

  1. Kaca Es

Kaca es atau biasa disebut sebagai frosted glass adalah jenis kaca yang memiliki tekstur pada salah satu sisinya. Tekstur ini berfungsi sebagai elemen dekoratif sekaligus mengurangi intensitas sinar matahari dan pandangan orang asing ke dalam rumah.

  1. Kaca Berwarna

Jenis kaca berikutnya adalah kaca berwarna atau biasa dikenal sebagai tinted glass. Warna yang tersedia adalah warna cokelat, abu-abu, hijau, dan biru. Warna ini muncul akibat proses penambahan metal oksida saat pembuatan kaca.

Jenis kaca berwarna ini mampu menahan sinar matahari hingga 55% sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Tidak hanya itu, warna-warna jenis kaca ini bisa membuat eksterior rumah terlihat lebih menarik.

 

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA MERUPAKAN SOLUSI BAGI ANDA YANG INGIN MEMBANGUN RUMAH HUNIAN, KOST EKSLUSIF, APARTEMEN ATAU BANGUNAN LAINNYA. KONSULTASI GRATIS KLIK DISINI. HUBUNGI KAMI DI TELP : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat