Jenis Pintu Berdasarkan Material dan Fungsinya

Arsitek Malang – Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya yaitu mengenai jenis pintu dan kegunaanya. Berikut ini kami akan mengulas tentang jenis pintu berdasarkan material serta fungsinya.

  1. Pintu Kayu

Pintu kayu menjadi jenis pintu yang sering digunakan kebanyakan orang di setiap rumah. Pintu kayu dibagi menjadi 2 konstruksi, solid dan solid engineering.

Pintu solid biasanya digunakan untuk eksterior dan pintu solid engineering biasa digunakan untuk interior rumah.

  1. Pintu Panel

Keunggulan pintu panel ini memiliki harga yang terjangkau dan desain fleksibel. Sering dipakai untuk rumah dengan tipe lama dan bisa dikombinasikan dengan material kaca.

  1. Pintu Kaca

Pintu kaca ini lebih banyak digunakan di ruang tengah menuju ke ruang outdoor. Hal ini dikarenakan pintu dengan material kaca memiliki durabilitas dan tingkat privasi yang rendah. Jika ingin menggunakan pada pintu utama, gunakan jenis kaca sandblast dimana kaca terlihat buram. Tentunya memiliki pintu kaca juga harus sering dirawat kebersihannya agar tetap nyaman dipandang.

  1. Pintu Fiberglass

Fiberglass merupakan material kaca yang berupa anyaman. Material ini juga kuat, ringan, dan aman. Pintu jenis ini juga memiliki tingkat insulasi yang tinggi sehingga tidak akan melengkung walau terkena cuaca esktrim.

  1. Pintu Baja

Material yang kuat dan tahan lama ini merupakan bahan yang efisien untuk konstruksi. Selain cepat, juga mudah dipasangkan. Karena aman, anti rayap, dan juga desainnya yang beragam, pintu ini bisa menjadi pilihan utama untuk pintu utama di rumah.

  1. Pintu Alumunium

Pintu aluminium juga memiliki material yang tidak disukai oleh rayap. Bahannya yang tahan oleh kondisi iklim di Indonesia membuat pintu ini menjadi salah satu pilihan terbaik masyarakat Indonesia. Pintu ini biasa dipakai untuk pintu gudang atau kamar mandi karena karakternya yang terlalu sederhana kurang cocok dipakai sebagai pintu utama/eksterior.

  1. Pintu PVC

PVC yang merupakan singkatan dari poly vinyl chloride merupakan bahan plastik yang sering ditemukan pada pipa atau tangki air. Material ini juga menjadi pilihan dalam memilih pintu karena ukuran dan warna yang sudah banyak dijual di pasaran. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan pintu lainnya. Meski pintu PVC ini anti rayap, kokoh, ringan, dan tahan kelembapan akan tetapi tidak tahan pada cuaca ekstrim.

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat