Jenis Tanaman Pada Rooftop Garden

Jenis Tanaman Pada Rooftop Garden – Keterbatasan lahan pada rumah mungil kerap menjadi masalah untuk membuat taman. Anda bisa membuat rooftop garden. Adanya tempat ini merupakan cara untuk memanfaatkan teras atap rumah yang tidak terpakai. Sebelumnya membuatnya, anda harus lebih mengetahui jenis tanaman seperti apa yang cocok dan seperti apa kriterianya. Nah, berikut akan kami berikan ulasannya. Mari simak!

Kriteria Tanaman Roof Garden

Berikut ini adalah jenis tanaman yang harus kamu pilih untuk taman atap di rumah:

  • Memiliki daya tahan terhadap sinar matahari langsung;
  • Pertumbuhan yang lambat dan akarnya tidak menghujam ke bawah seperti palem;
  • Menghasilkan bunga agar tampilannya membuat taman terlihat indah; dan
  • Memiliki banyak cabang agar tampilannya terlihat rimbun dan padat.

Selain itu, pastikan juga media tanaman yang dipilih memiliki kualitas yang baik bagis setiap jenis tanaman yang dipilih.

Lalu, anda juga harus memikirkan jenis tanaman apa saja yang baik di tanam di atas atap. Inilah beberapa opsi yang bisa anda coba.

Tanaman Roof Garden yang Bisa Dijadikan Pertimbangan

  1. Kamboja Jepang

Tanaman hias yang satu ini sangat mudah sekali berbunga. Selain itu, Kamboja Jepang mampu bertahan dalam kondisi tanah yang kurang air karena habitat aslinya adalah gurun. Walupun begitu, anda harus tetap memastikan tanaman ini memiliki pasokan air yang cukup.

  1. Kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang mampu hidup di iklim yang sangat panas. Untuk itu, tanaman ini sangatlah cocok untuk dijadikan pemanis taman atap. Selain itu, perawatannya ternyata cukup mudah dan sederhana.

  1. Melati

Bunga yang dikenal sebagai simbol kesucian ini sangatlah cocok dipakai sebagai tanaman roof garden. Selain populer, tanaman yang satu ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan. Tentunya, keberadaan bunga yang satu ini akan menambah kesan estetik taman atap kamu dengan seketika.

  1. Mawar

Varian warna menarik yang ditawarkan oleh bunga yang satu ini bisa memberikan pop of color yang dibutuhkan taman. Untuk merawatnya, cukup berikan nutrisi yang baik dengan cara memberikan pupuk kandang atau alami.

  1. Bougenville

Bunga kerta ini tidak memerlukan perawatan khusus dalam pemeliharaannya. Cara merawatnya cukup mirip dengan pemeliharaan bonsai. Selain itu, anda bisa memilih beragam warna yang ditawarkan seperti merah, ungu, putih, dan masih banyak lagi.

  1. Lidah Mertua

Tanaman dengan nama unik ini biasa digunakan sebagai tanaman hias. Pertumbuhannya yang sangat lambat membuat lidah mertua memenuhi kriteria tanaman roof garden yang harus dipenuhi. Ciri khasnya adalah tampilan warna hijau dengan garis kuning ataupun putih yang menawan.

  1. Jeruk

Jika anda tertarik untuk menanam jeruk di taman atap, kamu harus memerhatikan curah hujan di daerah rumah. Pasalnya, tanaman ini membutuhkan pasokan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, tanaman ini sangat cocok ditanam di atap rumah karena jeruk membutuhkan cahaya matahari langsung.

  1. Pandan

Pandan sangat cocok ditanam di area tropis seperti Indonesia. Wanginya yang harum bisa kamu manfaatkan sebagai pewangi berbagai makanan rumah. Selain itu, aroma harum yang ditimbulkan pandan bisa kamu manfaatkan untuk mengenyahkan lalat yang menggangu area rumah.

  1. Kembang Sepatu

Tanaman yang berasal dari Asia Timur ini bisa menjadi dekorasi yang menarik untuk memberikan tampilan unik pada roof garden. Selain itu, tanaman perdu ini sangat cocok untuk pelengkap tanaman di taman yang mayoritasnya adalah bunga.

 

WhatsApp chat