Jenis Triplek Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Triplek Yang Wajib Anda Ketahui – Triplek atau kayu plywood merupakan material yang sering digunakan untuk dinding maupun lapisan suatu dinding. Triplek terbuat dari helai kayu yang di rekatkan secara bersama – bersama seingga menjadi lebuh tebal. Lembaran kayu yang tipis ini disebut sebagai venir dan direkatkan sedemikian rupa dengan serat kayu yang bervariasi. Triplek juga sering digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti kerjainan tangan, furnitur, flooring hingga aplikasi hunian lainnya.

Partikel Board/ Triplek Low Density Fiberboard 

Triplek Particle Board

Disingkat LDF, partikel board adalah jenis triplek pabrikan yang dimanufaktur dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu atau sisa hasil gergajian. Terkadang partikel board juga menambahkan dengan resin sintetik yang lalu dipress bersamaan menjadi hasil akhir. Partikel board merupakan jenis triplek yang lebih terjangkau harganya dengan kualitas padat namun tidak terlalu kuat. Untuk kelas triplek, partikel board termasuk yang paling ringan dan lunak.

Medium Density Fiberboard

Triplek Mdf

Disingkat MDF, triplek jenis ini menggabungkan antara serat kayu lunak dan keras yang lalu ditempelkan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi. Kekuatan dan daya tahannya setingkat lebih baik daripada LDF dan sering digunakan untuk pembuatan kabinet atau kerajinan tangan. Kelemahan MDF adalah tidak tahan air namun bisa dicat untuk variasi warna.

Multiplek

Triplek Multiplek

Setingkat lebih baik dari partikel board, material triplek jenis ini terbuat dari kulit kayu yang disusun dan direkatkan secara berlapis-lapis. Setelah itu, susunan bahan dasar ini akan dipress dengan mesin bertekanan tinggi sehingga menghasilkan multiplek. Teskturnya cukup rapat dan daya tahannya juga tinggi, serta tahan air. Sering digunakan di perabot, multiplek umumnya bisa tahan lama dan awet.

Teakblock

Triplek Teakblock

Teakblock adalah papan triplek dari bahan kayu jati, namun bukan kayu jati solid. Masih menggunakan prinsip triplek yaitu rekatan lembar kayu, teakblock adalah triplek dari lembaran kayu jati yang dipress menjadi satu. Teakblock sering digunakan sebagai bahan flooring desain lantai atau pelapis papan kayu. Daya tahannya cukup memuaskan dan unggul dari segi estetika yang lebih elegan.

Blockboard

Triplek Blockboard

Blockboard adalah tiga lapisan kayu dari serat yang berbeda-beda lalu dipress menjadi satu . Bahan blockboard biasanya adalah kayu lunak namun memiliki daya tahan yang fleksibel dan tidak mudah patah. Penggunaan blockboard sering didapati pada rak, meja, bangku, panel kayu, lemari atau pintu. Karena sifatnya yang ringan, triplek jenis ini juga mudah diaplikasikan sebagai bahan bangunan, baik pada interior maupun eksterior.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

WhatsApp chat